3 Tips Memilih Jurusan

Banyak orang mencari tips memilih jurusan yang terbaik untuknya karena tidak ingin salah pilih untuk masa depannya. Ya, kuliah adalah salah satu hal yang sangat menentukan masa depan, oleh karena itu jurusan kuliah tidak boleh dipilih secara sembarangan. tidak ingin salah menentukan jurusan? berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

1. Lakukan Survey Mengenai Jurusan

survey mengenai jurusan
Sumber: cohetes.org

Menentukan jurusan kuliah bukan sekedar memilih apa yang dapat membantu mendapatkan pekerjaan di masa depan, mengapa? karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya, memilih jurusan kuliah kamu akan menentukan masa depan kamu, jadi kamu tidak hanya akan menghabiskan waktu untuk belajar bidang tersebut untuk berkuliah saja tapi juga selama kamu menempuh jenjang karir kedepannya.

Hal ini disebabkan karena saat ini perusahaan lebih memilih orang-orang yang sudah mengerti bidang pekerjaan dibandingkan dengan orang awam sehingga lebih senang menggunakan calon pekerja yang memiliki latar belakang sesuai dengan bidang di perusahaannya. Oleh karena itu, ketika kamu telah lulus dan bekerja kamu tentunya akan berkecimpung lagi di dunia yang kamu pelajari selama kuliah tersebut.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ekonomi

Hal inilah yang menjadikan kamu perlu tahu apa yang akan kamu pelajari selama kuliah. Hal ini hanya bisa kamu dapatkan dengan melakukan survey mengenai jurusan kamu. Survey ini bisa kamu lakukan dengan mencari pergaulan seluas-luasnya atau masuk ke forum-forum diskusi yang berhubungan dengan jurusan yang ingin kamu masuki.

2. Jangan Berkiblat Pada Mata Pelajaran SMA

Pelajaran SMA
Sumber: smadwiwarna.sch.id

Tidak sedikit orang yang mengambil jurusan kuliah dengan berkiblat pada nilai mata pelajaran yang dimilikinya. Hal ini memang mungkin berhasil untuk sebagian orang, tapi bukan merupakan tips memilih jurusan yang tepat untuk orang yang lain.

Misalnya, memiliki nilai biologi yang baik semasa SMA, apakah jurusan kedokteran cocok untuk kamu? tidak selalu! Dokter tidak hanya membutuhkan kemampuan mengingat yang baik dan membutuhkan pengetahuan biologi yang baik. Dalam pembelajaran kedokteran, kamu juga perlu melakukan pengambilan keputusan dan juga kemampuan komunikasi yang baik. selain itu, belajar untuk ujian biologi sangat berbeda dengan belajar biologi.

Lebih banyak yang perlu dipelajari dan tentunya sangat memusingkan. Apalagi jika sudah terjun ke dunia kedokteran, nyawa pasien kamu merupakan taruhannya! Jadi jangan asal memilih jurusan, berdasarkan nilai pelajaran SMA kamu ya!

3. Sesuai dengan harapan orang tua

Sesuai dengan harapan orang tua
Sumber: blogspot.com

Meskipun tidak bisa mengambil keputusan untuk jurusan yang akan ditempuh, pemilihan orang tua untuk mengambil keputusan jurusan kuliah kamu adalah salah satu hal yang fatal untuk dilakukan. mengapa? karena yang akan menjalani kuliah, kerja dan kehidupan kamu kedepan adalah kamu sendiri.

Jika kamu masuk jurusan sesuai dengan keinginan orang tua tapi kemampuan untuk bertahan dengan tekanan semasa belajar dan bekerja tidak sesuai maka kegagalan akan siap menyambut kamu di masa depan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Tips memilih jurusan diatas pada intinya adalah dengan mengetahui passion untuk mencari ilmu serta menjalani kehidupan kamu sehari-hari. Diantara tips diatas, tips yang paling baik dan paling pas untuk dilakukan adalah mencari tahu tentang bidang apa yang bisa kamu kerjakan hingga siang dan malam dengan hati yang gembira.

Contohnya, ketika kamu menyukai elektronika, kamu bisa semalam suntuk mengoprek sebuah perangkat elektronik tapi tetap senang dan gembira karena mendapatkan ilmu baru. Hal inilah yang dapat kamu jadikan tips memilih jurusan yang tepat.

Sumber foto: inspiratorfreak.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *