Menjawab Maksimal

Tips Wawancara LPDP Terlengkap

Posted on

Tips wawancara lpdp – Apakah kamu berencana mendaftar beasiswa LPDP? Beasiswa LPDP sendiri merupakan sebuah biaya pendidikan yang diberikan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang biasanya akan diberikan kepada setiap orang yang berencana melanjutkan pendidikan magister maupun doktor, baik di dalam maupun di luar negeri.

Berbicara mengenai pendaftaran beasiswa lpdp, pasti belum lengkap kalau belum membahas mengenai wawancara nantinya bukan? Ya, hal inilah yang menjadi salah satu kekhawatiran banyak pendaftar karena merasa diintimidasi dengan pertanyaan-pertanyaan menjebak yang acap kali membuat mereka mati dalam berkata-kata.

Tahap wawancara merupakan salah satu tahapan seleksi yang sangat penting dan wajib diikuti oleh setiap pendaftar beasiswa lpdp, bahkan ini merupakan tahap seleksi akhir sebelum dikeluarkan keputusan penerimaan oleh pihak lpdp. Maka dari itu, sangat penting kamu mempersiapkan diri dengan baik untuk mantap mengikuti tahapan seleksi yang satu ini. Perlu diketahui juga, pada seleksi wawancara juga terdapat beberapa tahapan lainnya, seperti On The Spot Essay Writing dan Leaderless Group Discussion (LDG).

Baca juga: 4 Tips Masuk UI yang Wajib Kamu Coba

Untuk memudahkan dan mengatasi kegundahan, kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai beberapa tips melakukan wawancara lpdp. Pastikan kamu menyimak dan mempraktikannya ya.

Menyiapkan List Pertanyaan Dan Jawaban

Menyiapkan List Pertanyaan Dan Jawaban
Sumber: pixabay.com

Tips pertama tentu berhubungan erat dengan pertanyaan dan jawaban yang dimasukkan dalam sesi wawancara dan biasanya akan diberikan dalam bahasa inggris sehingga akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mencari jawabannya. Maka sangat dianjurkan sedari sekarang kamu mencoba mencari dan mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan terkait agar dapat menganalisa jawaban secepatnya.Pertimbangkanlah seluruh jawaban  dengan matang untuk setiap katanya, termasuk untuk pertanyaan yang sepele. List dibuat bukan untuk  dihapalkan, melainkan untuk menghindari kesilapan saat timbul pertanyaan tertentu.

Mencoba Tanya-Jawab Dengan Peserta Wawancara Lainnya

Mencoba Tanya-Jawab
Sumber: blogspot.com

Berikutnya ialah dengan mempraktikkannya bersama peserta wawancara beasiswa lpdp lainnya. Ini cara yang ampuh sebelum memasuki ruang wawancara yang kerap dilakukan oleh banyak orang. Hal ini juga akan membantu lebih percaya diri saat menghadapi wawancara nantinya. Cobalah membuat sesi tanya jawab beberapa pertanyaan terkait wawancara lpdp.

Merekam Latihan Wawancaa Dengan Webcam

Merekam Latihan Wawancaa Dengan Webcam
Sumber: harveynorman.com.au

Tips yang ketiga dalam mempersiapkan diri menghadapi wawancara lpdp ialah dengan merekam latihan wawancara menggunakan webcam dan coba pastikan apakah kamu memiliki eye contact yang fokus. Pastikan pula kamu mampu menjawab pertanyaan yang baik dengan pandangan yang fokus. Cobalah lakukan latihan ini secara rutin hingga mendapatkan hasil yang sempurna.

Menjawab Maksimal 30 Detik – 2 Menit Setiap Pertanyaan

Menjawab Maksimal
Sumber: amazonaws.com

Hal lain yang wajib diperhatikan ialah lamanya waktu menjawab pertanyaan. Pastikan tidak menjawab lebih dari 2 menit karena ini akan terlihat bertele-tele dan jangan pula kurang dari 30 detik karena kamu akan terlihat seperti tidak profesional dan seperti tidak memiliki jawaban yang matang. Latihan yang rutin akan membuat kamu bisa lebih fokus dalam menjawab dengan waktu yang lebih maksimal.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Berlaku Profesional

Berlaku Profesional
Sumber: Bjagad.id

Terakhir ialah berlaku profesional saat melakukan seleksi wawancara. Pastikan menjawab segala pertanyaan yang diajukan dengan santun, dengan tutur kata yang mencerminkan karakter kamu sendiri. Berusahalah menjadi diri sendiri dan yakin dengan hasil yang akan diperoleh nanti. Jangan lupakan penampilan saat melakukan tahap wawancara karena penampilan yang rapi akan sempurna dengan akhlak terpuji yang kamu perlihatkan. Itulah beberapa hal yang wajib dipertimbangkan sebagai tips wawancara lpdp.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *