ekonomi

5 Jurusan Ekonomi Terbaik di Indonesia

Posted on

Kuliah di Fakultas Ekonomi udah pasti dambaan banyak orang. Tiap tahun Fakultas Ekonomi gak pernah sepi peminat. Alasannya, lulusan jurusan ekonomi menjadi lulusan yang paling banyak dicari perusahaan besar. Jadi, mahasiswa jurusan ekonomi bukanlah hal yang mudah. Selain persaingannya yang ketat, kuliah di jurusan ini juga gak gampang loh. Apalagi kuliahnya di jurusan Ekonomi terbaik di Indonesia. Wow! pasti gak mudah bukan. Oke, berikut ini ada informasi 5 jurusan Ekonomi terbaik di Indonesia. Langsung aja yuk, cekidot…

Universitas Indonesia

ekonomi UI
Sumber: kalderanews.com

Khalayak umum juga pasti tau, kalau jurusan Ekonomi di UI ini banyak banget diminati anak-anak SMA di negeri ini. Siapa sih yang gak mau kuliah di jurusan Ekonomi UI? Menjadi bagian dari kampus yang terkenal dengan jakunnya ini udah jadi impian banyak orang. Apalagi jurusan Ekonominya yang terkenal telah melahirkan banyak lulusan kece, seperti Ibu Sri Mulyani, Menteri Keuangan. Jurusan Ekonomi UI juga banyak mencetak prestasi, salah satunya dua tahun terakhir mahasiswa jurusan ini berhasil menjadi Mapres (Mahasiswa Berprestasi) tingkat nasional. Perihal informasi daya tampung, jurusan ini menerima 30 orang saja untuk jalur SNMPTN dan 40 orang untuk jalur SBMPTN dengan jumlah peminat sebanyak 1000 orang lebih.

Universitas Diponegoro

ekonomi undip
Sumber: idntimes.com

Universitas Diponegoro menjadi salah satu kampus favorit di negeri ini. Begitu pula jurusan-jurusan yang ada di kampus ini pun banyak yang mendapatkan predikat terbaik, salah satunya jurusan ekonomi. Menarik banget nih buat kalian ketahui, di Universitas Diponegoro ini kamu bisa dengan mudahnya mengetahui informasi mengenai pasar keuangan. Sebab, kampus ini sudah dilengkapi dengan fasilitas Bloomberg yang merupakan penyedia data informasi tentang pasar keuangan. Kampus ini menerima 88 orang dari 1.300 pendaftar yang melalui jalur SBMPTN.

Baca juga: Mengenal Jurusan Ekonomi

Universitas Brawijaya

ekonomi unbraw
Sumber: malang.merdeka.com

Panorama keindahan Kota Malang memang selalu mencuri perhatian banyak orang. Tak jauh berbeda dengan keindahan alam Malang, kampus-kampus di Jawa Timur, salah satunya Universitas Brawijaya selalu mencuri hati para calon mahasiswa untuk kuliah di sana. Kampus ini punya banyak jurusan favorit, salah satunya jurusan Ekonomi yang menjadi jurusan terbaik di Indonesia. Mahasiswa jurusan Ekonomi di Universitas Brawijaya ini juga sudah banyak mengukir prestasi. Universitas Brawijaya untuk jurusan Ekonomi, mereka menerima 52 orang dari 900 orang lebih yang mendaftar jalur SBMPTN.

Universitas Gadjah Mada

ekonomi UGM
Sumber: posjateng.id

Yap, kampus ini memang selalu terkenal dengan jurusannya yang selalu menarik minat para calon mahasiswa untuk kuliah di sana. Terlebih lagi, jurusan Ekonomi di kampus ini setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Daya tampung di kampus ini untuk jalur SNMPTN hanya menerima 38 orang saja loh. Dan, untuk jalur SBMPTN jurusan ini cuma buka untuk 41 orang dari 1000 orang lebih yang mendaftar. Hmmm… kalian yang mau masuk jurusan Ekonomi di UGM mesti lebih giat lagi nih belajarnya.

Universitas Padjadjaran

ekonomi UNPAD
Sumber: kampusaja.com

Kampus yang terletak di Bandung ini memiliki jurusan Ekonomi yang terbagi dua, ada Ekonomi Pembangunan dan Ekonomi Islam. Nah, dalam artikel ini akan membahas tentang jurusan Ekonomi Pembangunan. Sebenarnya, jurusan Ekonomi Pembangunan ini merupakan cabang dari Ilmu Ekonomi. Lalu, berapa sih daya tampung jurusan ini? Jurusan Ekonomi Pembangunan Unpad hanya menerima 60 orang saja untuk tiap angkatan. Jumlah tersebut hasil dari penyaringan pendaftaran jalur SNMPTN dan SBMPTN yang dibuka jurusan ini.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ekonomi

Gimana? Udah pada tau kan kampus mana aja yang punya jurusan Ekonomi terbaik di Indonesia. Sekarang kamu gak perlu bingung lagi. Bagi kamu yang mau masuk jurusan Ekonomi dari salah satu kampus di atas. Ayo siapkan diri kalian dari sekarang karena persangiannya sangat ketat loh. Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *