5 Karakter Mahasiswa Positif Yang Membanggakan Bangsa

Jika kamu adalah seorang mahasiswa Indonesia, maka berikut ini adalah 5 karakter mahasiswa yang diharapkan ada pada setiap mahasiswa Indonesia agar kamu dapat menjadi mahasiswa yang berguna bagi bangsa dan sesama.

1. Terbuka Terhadap Perubahan

terbuka terhadap perubahan
terbuka terhadap perubahan
Sumber: static6.com

Di zaman ini dan di era globalisasi ini Indonesia sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia ini dan fakta yang tidak bisa dipungkiri di dunia ini adalah kemajuan ilmu dan teknologi tidak bisa dihindari lagi siapa yang terlambat akan ketinggalan bahkan jika memutuskan untuk diam terhadap perubahan maka itu berarti mundur.

baca juga: 5 Hal Positif yang Bisa Dilakukan Mahasiswa

Karakter mahasiswa sebagai Agen Perubahan harus bisa beradaptasi dengan perubahan bukan melawan apalagi anti terhadap perubahan. Mahasiswa Indonesia harus mempelajari terus ilmu baru dari setiap perubahan yang terjadi dan menjadi bagian dari perubahan tersebut sehingga Indonesia ke depannya bukan menjadi Negara kolot dan tertinggal tapi menjadi bagian dari Negara maju dan makmur.

2. Terbuka Terhadap Perbedaan

Perbedaan
Perbedaan
Sumber: blogspot.com

Perbedaan adalah fakta yang harus kamu terima karena perbedaan adalah warna yang indah dalam kehidupan ini. Tidak ada manusia yang sama bahkan bagi saudara kembar pun pasti ada perbedaan. Indonesia merupakan Negara dengan sejuta perbedaan. Baik perbedaan di bentuk fisik, perbedaan di suku, perbedaan di agama, perbedaan di pkamungan politik, perbedaan di organisasi dan segala perbedaan lainnya.

Memusuhi perbedaan bukan berarti akan menghidupkan persamaan namun malah menimbulkan kemarahan dan pertikaian. Hal ini yang terjadi di Indonesia di mana melihat perbedaan sebagai sesuatu ancaman dan mengakibatkan tidak ada kerukunan dan semakin jauh dari persatuan dan tanpa persatuan negara tidak akan pernah maju.

3. Terbuka Terhadap Nasihat Orang Tua

Terbuka Terhadap Nasihat Orang Tua
Terbuka Terhadap Nasihat Orang Tua
Sumber: maltatoday.com

Bukan berarti orang tua itu selalu benar karena orang tua tetap adalah manusia biasa. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa orang tua kita jelas sekali telah hidup lebih lama di dunia ini dibandingkan dengan kita.Karena itu berguna secara langsung atau tidak segala arahannya tetap kita harus terima dan analisa karena bisa jadi kita akan alami hal yang sama ke depannya sehingga kamu bisa menjadi manusia yang lebih beruntung baik di dalam dunia pendidikan, di pergaulan bahkan di masyarakat. Keterlibatan mahasiswa di narkoba dan seks bebas pasti akan berkurang atau bahkan bisa dihilangkan dari dunia mahasiswa apabila mau terbuka dan berkomunikasi secara positif dengan orang tuanya.

4. Terbuka Terhadap Aturan Negara

Aturan Negara
Aturan Negara
Sumber: merdeka.com

Salah satu karakter mahasiswa adalah menjadi warga Negara yang baik, menjadi warga Negara yang taat akan hukum dan aturan yang ada. Bukan berarti semua aturan yang dibuat itu sudah benar absolute dan tidak ada kesalahan, namun setidaknya apa yang belum baik bisa diperbaiki dengan usulan dari para mahasiswa bukan menjadi mahasiswa yang anarkis dan selalu menjadi anti pemerintah. Mengoreksi pemerintah untuk kearah yang lebih baik itu sangat perlu tapi bukan berarti harus anti dan selalu berperan sebagai lawan.

5. Terbuka Terhadap Arahan Agama

Arahan Agama
Arahan Agama
Sumber: nu.or.id

Walaupun terkesan kuno namun agama dan kitab sucinya telah mengantarkan bangsa kita dan juga orang tua kita kepada kehidupan yang lebih baik yang lebih teratur dan yang lebih damai. Memang berangkat dari fakta perbedaan yang ada di masyarakat Indonesia bahwa terdapat agama beserta pemeluknya yang berbeda-beda. Namun itu tidak berarti bahwa kamu bisa tidak memiliki atau tidak memilih satu agama apapun.

Yakinilah dan lakukanlah apa yang diajarkan agamamu maka hidup akan jauh dari depresi, jauh dari bunuh diri dan hidup lebih berpengharapan lagi dan lebih bersemangat dan itu membuat mahasiswa Indonesia menjadi pemuda yang tahan banting terhadap permasalahan kehidupan yang pasti semakin berat kedepannya.

Sumber foto: mobitekno.com

Leave a Comment