5 Hal Positif yang Bisa Dilakukan Mahasiswa

kegiatan positif mahasiswa

Related Post

  • No related post.

Hal positif yang bisa dilakukan mahasiswa sebenarnya sangatlah banyak. Terlebih di era sekarang ini, dimana paradigma mahasiswa tidak hanya bisa belajar di dalam ruang perkuliahan saja. Apa saja hal positif tersebut? Lakukan salah satu dari beberapa hal berikut ini!

1. Mengikuti Kegiatan UKM

Kegiatan UKM
Kegiatan UKM
Sumber: unnes.ac.id

Di dalam sebuah kampus, biasanya ada banyak sekali kegiatan positif yang dilakukan oleh UKM. Kamu bisa ikut andil dalam kegiatan tersebut. Pada umumnya, kegiatan yang diselenggarakan akan mendidik Kamu menjadi sosok yang mandiri, siap terjun di tengah masyarakat, dan mempunyai kepedulian yang tinggi. Dengan kata lain, semua kegiatan UKM tersebut memberi manfaat luar biasa untuk Kamu setelah lulus kuliah kelak.

baca juga: 5 Karakter Mahasiswa Positif Yang Membanggakan Bangsa

2. Menjadi Anggota Kemahasiswaan

kemahasiswaan
kemahasiswaan
Sumber: uinjkt.ac.id

Menjadi anggota kemahasiswaan, bukan hanya membuat menjadi gemar mengikuti semua kegiatan yang ada, namun juga mendidik untuk berorganisasi yang baik. Sebab, di dalam kemahasiswaan biasanya segala sesuatunya didasarkan pada sebuah kesepakatan bersama. Sikap toleransi dan menghormati pendapat orang lain akan terlatih melalui kegiatan ini. Bukan hanya itu, Kamu juga akan berlatih untuk berhadapan dan bernegosiasi dengan beberapa dosen pembimbing yang mempunyai berbagai karakter.  Hal ini untuk mempersiapkan di kemudian hari ketika harus berhadapan dengan orang lain saat terjun langsung di masyarakat.

3. Mengikuti Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat

pengabdian kepada masyarakat
pengabdian kepada masyarakat
Sumber: uinsgd.ac.id

Tidak hanya di lingkungan kampus, kamu juga bisa mengikuti kegiatan di masyarakat yang terkait dengan pengabsian masyarakat, seperti menjadi relawan, baktisosial, atau mengikuti kegiatan lain yang diselenggarakan masyarakat. Selain kepedulian terlatih di sini, kamu juga akan mempunyai track record baik di masyarakat maupun kampus.

4. Belajar Berwirausaha

belajar berwirausaha
belajar berwirausaha
Sumber: pwmu.co

Menjadi mahasiswa bukan berarti tidak bisa belajar menjadi seorang pengusaha. Saat ini, terlebih di era digital, ada banyak peluang usaha yang bisa dilakukan oleh mahasiswa tanpa mengganggu kegiatan utama perkuliahan. Sebagai contoh, berjualan online, bisnis pulsa elektrik, berjualan makanan kecil di kampus, dan masih banyak lagi. Selain mendapatkan keuntungan, kamu juga terlatih untuk mempunyai jiwa kewirausahaan yang sangat bermanfaat jika sudah lulus kelak.

Usahakan bisnis yang kamu jalani sesuai dengan keterampilan. Sebagai contoh, jika suka menyanyi, tidak ada salahnya untuk mengikuti berbagai konser yang dilakukan kampus maupun organisasi atau menjadi pengajar musik. Atau, jika kamu mempunyai kemampuan tinggi pada salah satu mata kuliah, tidak ada salahnya menjadi guru privat. Pada intinya, eksplor kemampuan dalam diri, kemudian kembangkan agar mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

5. Mencari Pekerjaan Freelance atau Part Time

belajar berwirausaha
belajar berwirausaha
Sumber: symposiumethics.org

Pada saat kuliah, ada banyak waktu Kamu yang tersisa. Jangan sia-siakan waktu tersebut hanya untuk kongkow-kongkow yang tidak ada manfaatnya. Akan lebih baik jika mencari pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan di sela waktu. Atau, bisa juga mencari pekerjaan part time yang waktu kerjanya lebih fleksibel.

Saat ini, ada banyak sekali pekerjaan freelance maupun part time yang bisa Kamu jalani. Sebagai contoh, menjadi penulis artikel freelance, menjaga toko, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mendapatkan inspirasinya dari teman atau teman. Selain tambahan vulus, ada keuntungan yang bisa diperoleh jika melakukan kegiatan ini. Kamu mempunyai banyak koneksi yang pastinya sangat dibutuhkan pada saat Kamu sudah lulus kelak.

Menjadi mahasiswa bukan berarti hanya duduk mencari ilmu di ruang perkuliahan. Kamu juga bisa melakukan banyak hal positif yang bisa dilakukan mahasiswa.

Sumber foto: blogspot.com

Leave a Comment