5 Tahap Memilih Kampus Terbaik di Indonesia, Jangan Sampai Salah Pilih!

Kampus terbaik di Indonesia cukup banyak, mayoritas adalah perguruan tinggi negeri dan beberapa adalah perguruan tinggi swasta. Kampus adalah tujuan pendidikan formal terakhir dengan gelar sarjana, magister, doctor, dan professor. Jangan sampai salah pilih kampus, temukan kampus terbaik di Indonesia yang memang sesuai dengan keinginan kamu dengan cara ini!

1. Amati tahun berdirinya

sudah berdiri sejak lama
sudah berdiri sejak lama
Sumber: uny.ac.id

Kampus yang sudah lama berdiri identik dengan pengalaman yang dimilikinya, bagus administrasinya, banyak jurusannya, dan dari segi fasilitas akan lebih sempurna. Sebagai calon mahasiswa, kalian bisa cek bagaimana akreditasi dari masing-masing fakultas dan terutama akreditasi kampusnya. Ini menjadi parameter bagus dan tidaknya kampus tersebut.

Lain halnya jika kampus tersebut masih baru, administrasinya masih perlu perbaikan disana-sini, tenaga pengajar yang belum memenuhi kualifikasi, dan fasilitas yang dimiliki pun masih terbatas, akan berdampak pada input para alumninya. Pastikan kamu memilih kampus terbaik di Indonesia yang telah berdiri sejak lama.

2. Alumni dan peminatnya

alumni
alumni
Sumber: twimg.com

Parameter yang kedua dalam memilih kampus terbaik di Indonesia adalah dengan mengamati alumninya. Dari segi alumni kamu bisa mengamati seberapa banyak alumni yang telah lulus dari kampus tersebut, selain banyaknya alumni, kamu bisa lihat berkualitasnya sebuah universitas dengan melihat banyaknya peminat yang mendaftar di masing-masing jurusan setiap tahunnya.

Semakin banyak peminatnya berarti semakin besar kompetisi yang harus dilalui oleh masing-masing calon mahasiswa. Semakin bagus pula kampus yang bersangkutan sebab ada cukup banyak calon mahasiwa yang berkompetisi untuk bisa duduk di bangku universitas itu.

3. Ada tidaknya jurusan yang Kamu minati

jurusan yang kamu minati
jurusan yang kamu minati
Sumber: gulalives.co

https://i2.wp.com/www.gulalives.co/wp-content/uploads/2016/02/jurusan_diminati_cover_www.isigood.com_.png?fit=800%2C491&ssl=1

Kamu tidak bisa sekedar mempertimbangkan bahwa kampus ini adalah kampus terbaik, yang perlu dipastikan adalah ada tidaknya jurusan yang akan diambil. Disini, kamu harus ekstra jeli dalam memilih kampus. Kamu bisa amati ada tidaknya jurusan, bagaimana kualitas jurusannya.

Kamu bisa lihat dari passing grade jurusan. Semakin banyak peminatnya, semakin bagus jurusan yang bersangkutan. Kamu juga bisa mengamati dari berapa persentase alumni dari jurusan tersebut yang diterima di perguruan tinggi negeri. Yang perlu ditekankan disini adalah jangan sampai Kamu memilih jurusan di kampus ternama namun akreditasi dari jurusan tersebut jelek, entah karena masih baru, atau karena memang peminatnya sedikit.

4. Popularitas dan fasilitasnya

fasilitas ui
fasilitas ui
Sumber: quipper-video

Kampus terbaik di Indonesia tentunya memiliki popularitas yang bagus, terkenal, dan familiar. Di dalam kampus yang populer itu, tentu terdapat fasilitas yang cukup banyak yang mendukung proses perkuliahaan. Semakin bagus dan lengkap fasilitasnya, semakin besar kemungkinan untuk menyerap materi dengan baik dan paham akan materi perkuliahan dengan lebih baik lagi.

Kampus menjadi populer tentu bukan karena berita temporal, tetapi karena kualitas dan banyaknya alumni yang sukses dalam dunia pekerjaan. Ya, dampak dari popularitas ini adalah alumni kampus yang bersangkutan akan lebih mudah mencari pekerjaan.

5. Pertimbangan Biaya

biaya kuliah
biaya kuliah
Sumber: memecomic.id

Kampus terbaik di Indonesia biasanya dipatok dengan biaya perkuliahan yang mahal. Jika pertimbangan kamu adalah pertimbangan biaya, bisa coba bandingkan antara satu kampus dan kampus lain yang secara kualitas sama namun secara harga lebih terjangkau. Memang penting memilih kampus terbaik di Indonesia dan harus benar-benar selektif saat memilihnya. Karena apa? Karena kampus yang bagus akan memberikan pemahaman yang lebih terhadap mahasiswanya, secara karakter mahasiswa menjadi lebih matang dan disiplin, dan yang terpenting adalah tahap selanjutnya pasca perkuliahan.

Sumber foto: blogspot.com

Leave a Comment