7 Tips Membagi Waktu Main dan Belajar

Ketika kamu masih berstatus pelajar, perlu trik khusus untuk membagi waktu main dan belajar agar prestasi di kelas tidak menurun dan perasaan tetap senang karena waktu untuk main maupun bersenang-senang dengan teman sekelas tetap tersedia. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba diluar waktu sekolah untuk membagi waktu belajar maupun bermain.

1. Miliki Target Jelas

target jelas
Sumber foto: targetpanah.wordpress.com

Ketika kamu belajar di rumah maupun ditempat lain, buatlah target yang jelas untuk membantu diri kamu sendiri memahami cara belajar yang pas. Misalnya saja sebagai seorang pelajar SMA yang sudah duduk di kelas 3, kamu ingin mendapatkan rerata nilai 90 terus menerus dalam ujian sehingga kamu bisa masuk perguruan tinggi favorit. Maka untuk mencapai target tersebut, kamu mencoba untuk mengalokasikan waktu belajar khusus 90 menit per hari di luar jam sekolah.

2. Belajar Review Materi Secara Teratur

review
Sumber: ed.vic.edu.au

Ketika kamu ingin menjadi seorang individu yang berprestasi dan berhasil dalam setiap pelajaran yang diberikan guru atau dosen, akan lebih baik jika kamu memiliki review setiap bahasan mata pelajaran yang bisa diulang sendiri dan dikembangkan.

Sebagai contoh, kamu belajar mengenai sistem peredaran darah dalam pelajaran Biologi, untuk memudahkan diri sendiri menyerap pelajaran yang diberikan, buat ringkasan sistem peredaran darah yang mudah dipahami dan disesuaikan dengan kejadian nyata yang ada di masyarakat.Dengan cara ini, kamu akan mudah menyerap teori yang diajarkan dan paham dengan beragam kreasi soal yang mungkin diberikan.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah dengan Gaji Tertinggi

3. Duduk Paling Depan Saat di Kelas

duduk di depan
Sumber: tstatic.net

Ketika kamu ingin memiliki waktu bermain di luar sekolah, salah satu cara untuk memudahkan waktu belajar kamu di rumah adalah dengan memiliki tempat duduk paling depan saat di kelas. Dengan cara ini, kamu bisa lebih fokus mendengarkan penjelasan guru di depan kelas dan memiliki pengetahuan lebih baik daripada teman sekelas.

4. Miliki Mentor yang Lebih Ahli

mentor
Sumber: www.businessmagazinegainesville.com

Ketika kamu ingin menjadi seorang yang berprestasi namun tidak kehilangan waktu untuk bersenang-senang, tidak ada salahnya untuk memiliki mentor atau tutor ahli yang bisa dihubungi kapanpun saat kamu mengalami kesulitan. Dengan metode ini, kamu bisa memiliki teman diskusi yang mampu membantu kesulitan saat belajar sendirian.

5. Perluas Jaringan Untuk Belajar

Ketika kamu merasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk bermain di luar rumah karena terlalu sibuk belajar, tidak ada salahnya untuk mencoba memperluas jaringan belajar dengan membuat klub belajar kelompok. Disela-sela waktu belajar, kamu bersama teman yang ada dalam klub bisa langsung bermain untuk menghilangkan kejenuhan. Namun demikian, agar target yang dimiliki tidak melenceng dari target awal, buatlah kesepakatan dengan sesama teman belajar kelompok.

6. Alokasikan Waktu Main

alokasi waktu
Sumber: akamaized.net

Sekarang ini selain bermain di luar, anak-anak usia sekolah bisa menghabiskan waktu dengan bermain video game atau permainan lain di rumah. Oleh karena itu, jika kamu ingin melakukan hal yang sama, pastikan dulu waktu yang kamu alokasikan khusus untuk bermain sudah memiliki izin dari orangtua. Dengan begitu, kamu bisa benar-benar bersantai sejenak setelah belajar.

Baca juga: 6 Kesalahan Anak Magang yang Harus Kamu Hindari

7. Berpikiran Terbuka

Berpikir terbuka
Sumber: staticflickr.com

Ketika kamu belajar, tetaplah berpikiran terbuka dengan mau menerima kritik, baik dari teman maupun orangtua. Dengan berpikiran lebih terbuka, kamu bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih luas dari ilmu di sekolah. Semoga dengan memperhatikan beragam tips membagi waktu main dan belajar di atas, kamu bisa menjadi pelajar yang berprestasi dan banyak teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *