6 marketplace properti indonesia

6 Marketplace Properti di Indonesia

Posted on

Jual beli di Indonesia sudah berkembang menjadi sistem online, istilahnya dikenal dengan sebutan marketplace. Sangking maraknya marketplace yang ada di Indonesia, kini mulai dibagi-bagi menurut kosentrasinya. Contohnya, ada marketplace yang produknya adalah barang bekas. Ada pula marketplace yang khusus menjual produk makeup dan skincare. Dengan adanya kosentrasi ini, semua pengguna marketplace menjadi dimudahkan.

Contohnya lagi adalah marketplace yang berkosentrasi penuh menjual properti. Marketplace khusus properti ini memang hanya menjual properti seperti rumah, perabotan rumah ataupun kios. Di Indonesia sendiri ada 6 marketplace properti yang paling bisa jadi andalanmu kalau mau mencari properti. Berikut listnya!

1. Lamudi Indonesia

lamudi marketplace properti indonesia
Sumber: https://www.lamudi.co.id/

Mengusung tagline “Teman Terpercaya Cari Properti”, Lamudi mulai mengudara di Indonesia sejak 2014 lalu. Situs properti ini didirikan oleh Rocket Internet, sebuah inkubator start up asal Jerman. Di tahun 2020 ini Lamudi telah resmi menjadi bagian dari EMPG (Emerging Property Markets Group), salah satu portal properti global yang ada di Timur Tengah, Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Kamu bisa menemukan properti baru atau second seperti apartemen, tanah, rumah, dan ruko dengan harga yang sangat variatif. Selain itu, dalam situs Lamudi kamu juga akan diberikan edukasi tentang pembelian dan penjualan properti.

2. Rumah123

rumah 123 marketplace properti indonesia
Sumber: https://www.rumah123.com/en/

Marketplace properti di Indonesia yang menempati urutan kedua adalah Rumah123. Marketplace ini adalah bagian dari 99 group yang berbasis di Singapura. Rumah123 telah hadir di banyak negara seperti Australia, Hongkong, India, Malaysia, Siangapura, Thailand dan Amerik Serikat meskipun menggunakan nama yang berbeda tiap negara.

Tahun 2007 adalah tahun pertama Rumah123 mengudara di Indonesia. Rumah123 memiliki 900.000 lebih listing yang membuatnya menjadi marketplace dengan basis data paling komprehensif. Marketplace ini menawarkan jual, sewa serta KPR properti. Jangan khawatir kalau kamu nggak paham proses jual beli atau sewa mereka, sebab kamu akan dipandu dari awal hingga akhir.

3. 99.co / Urban Indonesia

99 co
Sumber: https://www.99.co/id

Selanjutnya ada 99.co atau dulunya berama Urban Indonesia. Marketplace ini menawarkan banyak fitur seperti pencarian properti, kalkulator simulasi KPR, hingga proses menganalisis properti. Properti yang masuk listing pun beragam misalnya ruko, apartemen, vila, tanah, rumah, kosan dan komersial. Peserbaran propertinya pun merata.

4. OLX

olx
Sumber: https://www.olx.co.id/

OLX menjadi marketplace properti paling lengkap di Indonesia. Mulai dari menjual properti hingga kebutuhan sekunder dan tersier. Sejak didirikan tahun 2006 lalu, kini OLX sudah beroperasi di 45 negara dengan kantor pusat yang berada di Amsterdam.

Dulunya OLX Indonesia bernama tokobagus.com. Tokobagus.com berada di Indonesia sejak 2005 dan berganti nama pada tahun 2014 menjadi OLX Indonesia. Sejak itu pula OLX Indonesia melakukan penggabungan dengan berniaga.com

Apa aja yang ada di OLX? Kamu bisa menemukan banyak properti seperti rumah, apartemen, tanah, kos dan bangunan komersil. Selain itu kamu juga bisa mencari mobil bekas, elektronik bekas, dan keperluan pribadi lainnya.

5. Trovit: Sewa dan Jual Properti

trovit marketplace properti indonesia
Sumber: https://rumah.trovit.co.id/

Marketplace di Indonesia yang kelima adalah Trovit. Trovit menggunakan interface yang paling sederhana dibanding pesaing lainnya. Trovit membagi menunya dengan 2 kata yaitu dijual dan disewakan. Di marketplace ini, kamu dapat menyewa dan menemukan banyak jenis properti, seperti rumah, apartemen, ruko, villa, kost, kondominium, studio hingga kontrakan.

6. DOT Property Indonesia

dot property
Sumber: https://www.dotproperty.id/

Marketplace yang terakhir di Indonesia adalah DOT Property Indonesia. Filosofi dari DOT property Indonesia adalah ‘move online’. Nilai filosofi ini dimaksudkan untuk membantu kamu menemukan properti dengan cara paling cepat dan sederhana namun match dengan segala kebutuhanmu.

Nah itu dia 6 marketplace properti di Indonesia. Tiap marketplace punya benefit dan costnya nya sendiri-sendiri, so pastikan sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya!

10 comments

  1. Greetings! Quick question that’s totally off topic. Do you know
    how to make your site mobile friendly? My blog looks weird when viewing from my iphone 4.
    I’m trying to find a theme or plugin that might
    be able to fix this issue. If you have any recommendations,
    please share. Appreciate it! I saw similar
    here: sklep online and also here: sklep online

  2. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any widgets
    I could add to my blog that automatically tweet
    my newest twitter updates. I’ve been looking for a plug-in like this for
    quite some time and was hoping maybe you would have
    some experience with something like this. Please let me know if you run into anything.
    I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.

    I saw similar here: Ecommerce

  3. Hi, I do think this is an excellent site. I stumbledupon it 😉
    I may revisit once again since I bookmarked it.
    Money and freedom is the greatest way to change, may you be rich and continue to
    help others.

    Here is my site; vpn code 2024

  4. Yesterday, while I was at work, my sister stole my iphone and tested to see if it can survive a 40 foot
    drop, just so she can be a youtube sensation. My iPad
    is now destroyed and she has 83 views. I know
    this is totally off topic but I had to share it with someone!

    My blog: vpn special coupon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *