Mahasiswa Teknik Elektro
Sumber: eng.ed.ac.uk

Mengenal Jurusan Teknik Elektro

Posted on

Listrik adalah salah satu kebutuhan primer dan bagian penting dalam kehidupan. Jika tidak ada listrik di zaman yang serba modern ini, tentu semua akan terhambat. Perekonomian akan terhambat dan menglami kerugian jika listrik mati, teknologi yang menggunakan listrik pun ikut terhambat, dan banyak lagi hal buruk yang terjadi jika tidak ada listrik.

Mungkin inilah yang mendasari calon mahasiswa memilih Jurusan Teknik Elektro. Namun sebelumnya, supaya lebih mantap lagi memilih, yuk simak artikel tentang Jurusan Teknik Elektro di bawah ini!

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Teknik Elektro?

Jurusan Teknik Elektro
Sumber: science.howstuffworks.com

Jurusan Teknik Elektro seringkali diidentikkan dengan listrik. Memang tidak salah, karena di jurusan ini kamu akan mempelajari segala hal tentang listrik. Mulai dari teori dasar kelistrikan, sinyal listrik, mikroprosesor, elektromagnet, hingga biomedika yang merupakan teknologi baru dunia kelistrikan.

Ilmu elektro atau kelistrikan merupakan dasar dari industri manufaktur modern. Karena itu, prospek lowongan pekerjaan bagi lulusan Jurusan Teknik Elektro sangat terbuka luas.

Baca juga: Mengenal Jurusan Fisika

Disamping itu, Teknik Elektro sendiri merupakan bidang teknik tertua dan menjadi induk dari bidang teknik lainnya. Misalnya saja Jurusan Teknik Komputer, yang merupakan perpaduan antara Teknik Elektro dengan Ilmu Komputer. Selain itu, jurusan Teknik Telekomunikasi juga salah satu bidang dari Teknik Elektro.

Mata Kuliah yang Dipelajari

Kuliah Teknik Elektro
Sumber: worldoop.com

Beberapa universitas menerapkan mata kuliah dan bidang konsentrasi yang berbeda untuk Jurusan Teknik Elektro. Namun secara umum, terdapat lima bidang konsentrasi di jurusan ini. Diantaranya seperti Teknik Tenaga Listrik; Teknik Pengolahan Isyarat, Elektronika, dan Biomedika; Teknik Instrumentasi Kendali; Teknik Telekomunikasi; serta Teknik Komputer.

Mata kuliah yang akan kamu pelajari ketika masuk di Jurusan Teknik Elektro nanti adalah Matematika, Fisika, Statistika, Pemrograman, Teknik Elektro, Keteknikan, Elektronika, Mikroprosesor, Elektromagnetis, dan mata kuliah kelistrikan lainnya. Kamu pun akan menerima mata kuliah berupa Manajemen Industri, Kewarganegaraan, Kerirausahaan, Bahasa, dan Agama. Disamping teori, kamu juga harus melakukan praktikum di setiap semesternya.

Karakteristik Calon Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro

Mahasiswa Teknik Elektro
Sumber: eng.ed.ac.uk

Untuk menjadi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, kamu harus benar – benar yakin bahwa kamu siap masuk di jurusan tersebut. Jika kamu memiliki keinginan untuk menjadi seorang penemu berbagai teknologi hardware seperti robot, Jurusan Teknik Elektro sangat sesuai untuk kamu.

Kamu juga harus ulet, detail, serta menyukai hitungan. Karena, Jurusan Teknik Elektro juga menetapkan mata kuliah matematika, aljabar, serta fisika yang berbasis pada kelistrikan.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Elektro

PLN
Sumber: ekbis.sindonews.com

Sebagian besar lulusan Jurusan Teknik Elektro akan mengincar bekerja di salah satu perusahaan negara penghasil listrik, yaitu PLN. Memang sangat ideal bagi lulusan Jurusan Elektro untuk bekerja di sini, karena dapat mengaplikasikan ilmunya.

Baca juga: Mengenal Jurusan Teknik Informatika

Selain bekerja di PLN, masih banyak prospek lowongan pekerjaan lainnya. Diantaranya menjadi tenaga pengajar atau dosen, menjadi PNS misalnya di Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. Selain PLN, BUMN lain seperti Telkom, Indonesia Power, Pertamina Geothermal, juga membutuhkan lulusan Jurusan Teknik Elektro. Perusahaan swasta di bidang telekomunikasi juga memerlukan lulusan Teknik Elektro.

Universitas Terbaik untuk Jurusan Teknik Elektro

ITS
Sumber: arek.its.ac.id

Lima Universitas terbaik untuk Jurusan Teknik Elektro diantaranya ITB, ITS Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, dan Universitas Gadjah Mada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *