Segitiga Pengaman Penting untuk Menandai Ketika Memperbaiki Mobil
Segitiga Pengaman Penting untuk Menandai Ketika Memperbaiki Mobil - Foto: WikiImages dari Pixabay

6 Peralatan yang Harus Ada di Mobil

Posted on

Mobil kini sudah menjadi kebutuhan primer setiap orang. Apalagi, bagi mereka yang setiap hari harus pergi bekerja di tempat yang cukup jauh dari rumah. Mobil menjadi pilihan yang tepat untuk menjangkau tempat kerja.

Tidak hanya itu, mobil sudah seperti rumah kedua ketika melakukan perjalanan jauh. Inginnya semua hal dapat dimasukkan ke dalam mobil. Namun, ada beberapa peralatan yang sangat penting dan harus ada di mobil. Dan sebaiknya tidak boleh ketinggalan. Apa saja itu?

Inilah 6 peralatan yang harus ada di mobil:

P3K

P3K Penting untuk selalu di mobil
P3K Penting untuk selalu di mobil – Foto: Hans Braxmeier

Peralatan P3K harus tersedia di dalam mobil. Mulai dari obat merah, perban, minyak angin, cairan antiseptik, plester, gunting, serta obat – obatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan kamu. Misalnya kamu memiliki penyakit maag, jangan sampai obat ini tertinggal.

Kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi selama perjalanan. Mungkin secara tidak sengaja tangan kita menyentuh benda panas sehingga menimbulkan luka bakar. Jika tidak ada kotak P3K, tentu akan kesulitan mendapatkan pertolongan pertama.

Oleh karena itu, pastikan kotak P3K ini selalu berada di dalam mobil. Pastikan juga kelengkapan obatnya, jika ada yang habis segera isi. Dan pastikan tanggal kadaluarsanya masih lama.

Ban Cadangan dan Peralatan Pengganti Ban

Setiap mobil pasti sudah dilengkapi dengan ban cadangan. Namun terkadang, ada yang sengaja meninggalkan ban cadangan dan tidak dibawa di dalam mobil. Tak sedikit juga yang membawa ban cadangan tapi tidak memperhatikan kondisinya.

Ban cadangan harus selalu prima, tekanan angin harus sesuai, kondisi alur ban, dan bila perlu rutin disemir. Ban cadangan penting dibawa, karena di perjalanan tidak selalu menemukan bengkel untuk memperbaiki ban. Perangkat pengganti ban juga penting dilengkapi, diantaranya dongkrak, tyre pressure gauge, serta kunci roda. Dan tak lupa, pengemudi harus tahu cara mengganti ban.

Tire Repair Kit

Segitiga Pengaman Penting untuk Menandai Ketika Memperbaiki Mobil
Segitiga Pengaman Penting untuk Menandai Ketika Memperbaiki Mobil – Foto: WikiImages dari Pixabay

Jika ban cadangan sudah dibawa, satu yang tidak boleh terlewat adalah tire repair kit. Tire repair kit adalah peralatan yang digunakan untuk mengatasi ketika ban bocor.

Satu set tire repair kit biasanya berisi alat pelubang, pengait, lem tambal, serta tambal itu sendiri. Peralatan ini dapat membantu ketika kamu tidak menemukan tambal ban terdekat. Dan dapat menjadi pertolongan pertama untuk ban bocor.

Segitiga Pengaman dan Jas Hujan

Ketika mobil mengalami kerusakan mesin, sudah barang pasti kamu harus memperbaikinya. Apalagi jika jauh dari bengkel, sehingga kamu harus turun tangan sendiri. Mobil yang mogok tidak dapat memilih tempat dimana dia berhenti. Alih – alih di tempat yang teduh, tak sedikit yang mogok di tengah jalan.

Supaya lebih aman ketika memperbaiki mobil, kamu memerlukan segitiga pengaman. Segitiga pengaman ini dapat kamu pasang 10 – 20 meter di depan atau belakang mobil. Agar pengendara lainnya dapat mengetaui jika ada perbaikan mobil dadakan di jalan.

Selain itu, kamu juga perlu memiliki jas hujan. Karena bisa jadi mobil mogok ketika turun hujan. Usahakan warna jas hujan pun terang dan mencolok, sehingga terlihat dari kejauhan.

Kabel Jumper

Kadangkala, mobil mengalami mogok karena sistem kelistrikan. Solusi yang dapat digunakan adalah dengan kabel jumper. Kabel jumper digunakan dengan cara menghubungkan kabel dari katub aki yang ingin diisi dayanya dengan pengisi daya aki.

Pastikan hubungan kabel yang digunakan antara katub aki dengan pangisi daya aki sama persis arus positif dan negatifnya. Oleh karena itu, kabel jumper perlu tersedia selalu di dalam mobil.

Alat Pemadam Api Ringan

Karena komponen tertentu di mobil yang terkena panas, terkadang dapat menyebabkan kebakaran. Dan kemungkinan kebakaran tersebut tidak dapat diatasi hanya dengan air. Oleh karena itu, pastikan di dalam mobil terdapat alat pemadam api ringan.

Baca juga: Cara Berbisnis Sesuai Passion

Itulah 6 peralatan penting yang harus ada di dalam mobil. Sudahkah mobilmu dilengkapi peralatan tersebut?

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *