Mengenal Karakter Dari Orang-Orang Di Jurusan Komunikasi

Jurusan komunikasi dikenal sebagai salah satu jurusan yang banyak dipilih, utamanya oleh mereka yang senang dengan aktivitas tinggi, berani tampil di depan publik, memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi dan lainnya. Karena itulah tidak heran jika banyak diantaranya anggapan yang menyatakan bahwa mereka yang masuk ke dalam jurusan ini termasuk dalam orang-orang yang ramai, tidak tahu malu, dan bahkan seringkali dinyatakan sebagai sosok yang mau seenaknya sendiri. Padahal jika telah mengetahui apa saja yang dipelajari di jurusan tersebut maka kamu pun dapat melihat, bahwa jurusan yang satu ini mampu melahirkan beragam bentuk karakter orang yang patut untuk dibanggakan, Mengapa demikian? Berikut penjelasannya :

1. Open minded

Open minded
Open minded
Sumber: msecnd.ne

Bagian mendasar yang seringkali ditunjukkan oleh mereka yang berada di jurusan ini adalah kebiasannya dalam berbicara, sehingga mereka mampu membentuk relasi antara satu dengan lainnya dengan cara yang lebih mudah. Tidak hanya itu saja, orang komunikasi juga sering membicarakan apa yang diinginkannya dengan jelas. Meskipuan terkesan ceplas-ceplos, namun hal ini justru dapat menunjukkan kejujuran serta apa adanya diri mereka sendiri.

 

baca juga: Lakukan 5 Hal Penting Ini Di Awal Tahun Kuliah

2. Belajar menulis, bicara serta mendengar dengan sebaik-baiknya

belajar menulis
belajar menulis
Sumber: republika.co.id

Sesuai dengan nama yang dimilikinya yaitu komunikasi, maka mereka yang masuk di jurusan ini pun tentunya akan belajar cara menulis dengan lebih tepat, Tidak hanya itu saja, untuk berbicara di depan umum pun mereka jauh lebih baik dan bahkan mampu menyampaikan apa yang ingin disampaikan dengan lebih efektif. Bahkan ketika harus menjadi pendengar sekali pun umumnya orang komunikasi mampu menjadi pendengar terbaik dan memahami apa yang dikatakan oleh orang lain padanya.

 

3. Kesempatan berkarier di bidang media

Kesempatan berkarier di media
Kesempatan berkarier di media
Sumber: dream.co.id

Komunikasi adalah salah satu jurusan yang berhubungan erat dengan media, karena itulah 3-4 tahun  kamu akan mengenyam bangku perkuliahan  di jurusan komunikasi, maka tidak akan sia-sia apabila  terjun di bidang media. Pasalnya setiap hal yang dipelajari tentunya dapat diterapkan dengan lebih mudah pada dunia yang satu ini. Selain dapat bergabung menjadi presenter atau kameramen, kamu juga dapat membuat tulisan dan menjadikan nama Anda terpampang di beberapa kolom media yang diinginkan.

 

4. Pintar debat

debat
debat
Sumber: images.static6.com

Tidak hanya berkaitan dengan dunia media saja, kamu yang masuk pada jurusan ini tentunya akan belajar teori komunikasi yang mana mengajarkan untuk selalu berbicara sesuai dengan fakta, sehingga kamu pun dapat menjadi sosok yang lebih kritis dan tentunya sangat berguna untuk diterapkan di tempat kerja nantinya.

 

5. Tidak gaptek dan up to date

tidak gaptek
tidak gaptek
Sumber: gaptek.eu

Bukan rahasia apabila anak komunikasi selalu update dengan beragam informasi terbaru, baik itu berkaitan dengan berita atau bahkan info gosip sekali pun. Karena itulah tidak heran jika mereka pun mulai mengikuti arah perkembangan teknologi, dan tentunya menjadikan anak komunikasi sebagai sosok yang tidak gaptek.

6. Narasumber terpercaya

Narasumber terpercaya
Narasumber terpercaya
Sumber: zippykid.netdna-ssl.com

Selain beberapa bagian di atas tadi, mereka yang masuk ke dalam jurusan ini juga dikenal sebagai sosok narasumber terpercaya. Mengapa demikian? Pasalnya anak komunikasi itu sendiri diajarkan untuk selalu melakukan pengecekan atas informasi yang diterima olehnya atau lebih dikenal dengan sebutan double check information. Hal ini dilakukan sebagai bentuk research, sehingga sumber berita yang diterima pun dapat dipastikan terpercaya dan tentunya seimbang atau sesuai dengan fakta yang ada.

baca juga: Menggali Narasumber dan Tips Mewawancarainya

Demikianlah kiranya beberapa karakter yang bisa diwujudkan dari jurusan komunikasi pada mereka yang menjadi bagian di dalamnya.

Salam hangat untuk anak komunikasi!

Leave a Comment