Lakukan 5 Hal Penting Ini Di Awal Tahun Kuliah

Kuliah tentunya berbeda dengan sekolah, selain tingkatannya yang lebih tinggi, sistem belajar dan bahkan orang-orang yang ada di lingkungannya pun berbeda dengan lingkungan yang ada di bangku sekolah. Jika kamu termasuk salah satu dari mahasiswa baru yang tentunya baru saja mulai memasuki dunia perkuliahan, maka sebaiknya kamu perhatikan 5 hal bagian bawah ini yang tentunya penting untuk dilakukan di awal tahun perkuliahan, diantaranya :

 

1. Rajin masuk kelas

rajin masuk kelas
rajin masuk kelas
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Berbeda dengan bangku sekolah, ketika memulai perkuliahan tentunya sudah tidak ada lagi yang peduli dengan kehadiranmu. Pasalnya setiap resiko dari ketidakhadiran menjadi tanggung jawab kamu sendiri. Lebih dari itu materi perkuliahan juga bisa kamu dapatkan dengan lebih mudah baik itu melalui textbook atau bahkan fotokopian yang tentunya membuat kamu lebih memilih untuk bolos kuliah. Namun ketika kamu rajin  masuk ke kelas sudah dapat dipastikan terdapat banyak pengalaman baru yang bisa didapatkan dan tidak boleh dilewatkan.

 

baca juga: Kelebihan Dan Kekurangan Jurusan Manajemen

2. Jaga kesehatan

jaga kesehatan
jaga kesehatan
Sumber: lamandel.com

Salah satu masalah yang paling utama dan juga seringkali dihadapi oleh mahasiswa baru ketika memulai perkuliahan itu berkaitan dengan masalah kesehatan. Pasalnya ketika mulai berkuliah di tempat yang jauh dari orang tua seringkali memaksa para mahasiswa untuk menjalani kehidupan sesuai dengan apa yang diinginkannya, Tidak heran jika masalah kesehatan tubuhnya pun mulai banyak diabaikan, banyak diantaranya mahasiswa baru yang mengkonsumsi makanan dengan tidak teratur, kurangnya istirahat, terlalu menggantungkan diri pada makanan siap saji dan lainnya yang tentu saja menjadikan daya tahan tubuh mereka menurun dan berakibat pada kesehatan tubuh yang dimilikinya.

 

3. Keliling sudut kampus

Keliling sudut kampus
Keliling sudut kampus
Sumber: staticflickr.com

Selain dua bagian di atas tadi, pastikan pula untuk menjelajahi setiap sudut kampus kamu. Pada dasarnya setiap universitas atau kampus itu memiliki beragam fasilitas pendukung untuk kegiatan perkuliahan mahasiswa, dimulai dari perpustakaan, lab komputer, rektorat, studio praktek, BEM , UKM, HIMA, bahkan beragam fasilitas penunjang untuk kehidupan sehari-hari, seperti halnya pujasera, pangkalan ojek, bank, ATM Center, gym, mini market, tempat ibadah, hingga klinik. Fasilitas kuliah tersbeut bisa didapatkan dengan lebih mudah, namun perlu waktu untuk mengetahui dimana beragam fasilitas itu berada atau ditempatkan, karena itulah ketika menjadi mahasiswa baru maka pastikanlah untuk menjelajahi setiap penjuru dari kampus yang dimiliki.  

 

baca juga: Mengenal Karakter Dari Orang-Orang Di Jurusan Komunikasi

4. Ikut organisasi, klub, komunitas dan lainnya

ikut organisasi kampus
ikut organisasi kampus
Sumber: bem.fkm.ui.ac.id

Tidak semua ilmu pengetahuan bisa didapatkan di dalam kelas bukan? Karena itulah ketika menjadi mahasiswa baru, maka gunakanlah kesempatan tersebut untuk mengambil banyak pelajaran atau ilmu dari tempat lainnya pula. seperti yang diketahui setiap kampus memiliki banyak organisasi, klub atau bahkan komunitas di dalamnya. dari sana kamu dapat menambah wawasan atau bahkan mengembangkan minat yang dimiliki sesuai hobi. Selain menambah relasi dengan memperluas area pergaulan dalam menambah pengalaman baru, kamu juga dapat menambah hardskill, serta softskill yang tentunya tidak didapatkan di ruang kelas.

 

5. Melatih kemandirian dan proakif

aktif bertanya
aktif bertanya
Sumber: cloudfront.net

Meskipun telah memasuki bangku perkuliahan, orang tua tetap akan menjadi bagian besar dalam kehidupan yang kamu jalani. Namun tidak ada salahnya untuk melatih diri menjadi sosok yang lebih mandiri. Dengan kata lain, kuliah dapat digunakan sebagai cara untuk mengatur keuangan, waktu, hingga pola makan, tingkat kesehatan, dan keamanan oleh diri sendiri, bahkan untuk beragam bentuk masalah yang dihadapi pun sebaiknya kamu coba pecahkan terlebih dahulu secara pribadi agar melatih kemandirian dan menjadi sosok yang lebih proaktif.

 

Demikianlah kiranya 5 hal penting yang sebaiknya dilakukan oleh mahasiswa baru di tahun pertama Kuliah. Selamat Kuliah!

Leave a Comment