3 Perbedaan Pola Pikir Mahasiswa Indonesia Dengan Luar Negeri

Salah satu hal penting mengenai pola pendidikan yang berbeda antara di Indonesia dengan di luar negeri pada akhirnya membawa beberapa perbedaan pola pikir mahasiswa Indonesia dengan luar negeri. Beberapa informasi berikut ini akan sangat berguna bagi kamu terutama jika seorang mahasiswa yang ingin meniru pola pikir positif yang besar manfaatnya bagi masa depan.

Beberapa hal berikut ini akan menentukan bagaimanakah masa depan kamu nantinya. Untuk itu dengan membaca beberapa hal berikut ini, maka kamu akan mendapatkan beberapa informasi mengenai perbedaan pola pikir yang akan memberikan wawasan mengenai mengapa banyak mahasiswa di luar negeri lebih unggul daripada mahasiswa dari tanah air dan mengapa kebanyakan orang Indonesia yang belajar di luar negeri juga menjadi orang-orang sukses. Berikut adalah jawabannya.

Budaya Membaca Mahasiswa

Budaya Membaca
Budaya Membaca
Sumber: kompas.com

Apa yang jauh lebih penting dari membaca buku? Ada pepatah mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Hal ini pun menjadi salah satu fakta di mana dengan semakin banyak buku yang dibaca, maka kamu juga akan mendapatkan lebih banyak wawasan dan ilmu pengetahuan. Selain sebagai salah satu cara untuk memperkaya diri sendiri dengan wawasan dan ilum pengetahuan, membaca buku juga menjadi salah satu alasan atau kunci agar Kamu setidaknya menguasai bidang studi yang sedang kamu tempuh ataupun karir yang sedang Kamu kejar.

baca juga: 3 Perubahan Dunia Kerja Zaman Old Vs Zaman Now

Selain beberapa hal di atas, membaca buku bagi seorang mahasiswa di luar negeri menjadi salah satu hal wajib jika mereka ingin menjadi seorang sarjana. Para sarjana di luar negeri terbiasa membaca buku untuk bisa meraih gelar sarjana mereka karena dibutuhkan beberapa teori dan juga beberapa pengetahuan yang hanya bisa mereka dapatkan dari luar kelas atau dari beberapa materi yang diberikan oleh dosen mereka jika mereka ingin mendapatkan gelar sebagai seorang sarjana.

Bagi para mahasiswa di Indonesia sendiri, budaya membaca bahkan masih terlalu jauh untuk diwujudkan dan hanya segelintir mahasiswa saja yang berminat untuk membaca. Hal ini juga yang menunjukkan perbedaan pola pikir mahasiswa Indonesia dengan luar negeri.

Seberapa Aktif Dengan Media Sosial?

Aktif Dengan Media Sosial
Aktif Dengan Media Sosial
Sumber: tstatic.net

Pola pikir lainnya yang membedakan mahasiswa di luar negeri dan juga di Indonesia adalah seberapa aktif mereka di media sosial. Kamu sendiri pun dapat melihat bahwa sebagian besar mahasiswa di Indonesia sudah memiliki akun untuk beberapa media sosial mulai dari Instagram, Twitter, Path dan bahkan Facebook. Beberapa media sosial tersebut bahkan dimiliki oleh hampir setiap mahasiswa di Indonesia.

Meskipun beberapa mahasiws di luar negeri mungkin juga memiliki akun untuk beberapa media sosial tersebut, mereka tidak menggunakan media sosial tersebut secara regular dan bahkan banyak mahasiswa yang memilih untuk tidak memiliki beberapa akun media sosial tersebut.

Melakukan Pekerjaan Part Time

pekerjaan Part Time
pekerjaan Part Time
Sumber: tripadvisor.com

Hal lainnya yang juga membuktikan bahwa pola pikir antara mahasiswa di luar negeri dengan mahasiswa di Indonesia berbeda ditunjukkan dari bagaimana para mahasiswa di luar negeri yang berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan part time dan mereka pun akan melakukannya secara profesional dan bahkan tidak malu dengan pekerjaan sampingan mereka.

Meskipun mereka juga terdaftar sebagai seorang mahasiswa di beberapa tempat tertentu, banyak di antara mereka yang bahkan bertekad untuk hidup mandiri tanpa harus menunggu pemasukan dari orang tua selama menyelesaikan studi. Hal inilah salah satu hal penting yang juga bisa kamu praktekkan untuk mendapatkan manfaat secara mental dari latihan mengubah pola pikir yang terinspirasi dari beberapa perbedaan pola pikir mahasiswa Indonesia dengan luar negeri. seperti di atas.

Jadi pola pikirmu yang mana? ala mahasiswa luar atau Indonesia?

Sumber foto: selipan.com

Leave a Comment