3 Perubahan Dunia Kerja Zaman Old Vs Zaman Now

Kamu  mungkin sudah bosan dengan kata-kata zaman now atau zaman old dan sejenisnya karena topik ini memang sedang banyak sekali dibahas melihat fenomena gaya hidup yang berbeda dengan gaya hidup dekade yang lalu. Zaman now adalah zamannya anak milenial yang lahir di tahun akhir tahun 70an hingga awal 90an atau disebut juga dengan generasi Y. Salah satu yang membedakan antara generasi zaman now dengan zaman old adalah dunia kerja atau etos kerjanya. Apa saja sih yang membedakan atau perubahan dunia kerja zaman old vs zaman now? Ini dia beberapa poinnya.

1. Penggunaan komputer sebagai sarana kerja utama

Penggunaan komputer
Penggunaan komputer
Sumber: inanesia.com/

Perubahan dunia kerja zaman old vs zaman now yang pertama adalah penggunaan komputer yang bisa dibilang mendominasi cara kerja karyawan masa kini. Bahkan mau tidak mau generasi X atau generasi dulu beradaptasi dengan dunia generasi milenial dengan belajar menggunakan komputer, printer, laptop, internet, dan gadget elektronik lainnya. Sedangkan kita yang hidup di jaman geneasi Y tidak begitu merasakan kerja dengan menggunakan mesin ketik meski memang mesin ini masih digunakan untuk bidang-bidang kera tertentu.

Baca juga: 3 Perbedaan Pola Pikir Mahasiswa Indonesia Dengan Luar Negeri

Generasi zaman now juga menggunakan sarana digital dan internet untuk saling berbagi data dan dokumen. Penggunaan kertas makin menurun karena sekarang generasi milenial sudah dimudahkan dengan adanya fasilitas server cloud yang bisa digunakan untuk menyimpan data, bisa melakukan video conference untuk meeting, dan sebagainya.

2. Koran vs media online

koran
koran
Sumber: dosenpendidikan.com

Perubahan dunia kerja zaman old vs zaman now yang kedua adalah sumber informasi yang dibaca untuk menambah wawasan. Dulu orang rela bayar tiap bulan untuk langganan koran atau majalah harian maupun mingguan sehingga tidak ketinggalan berita paling baru dari media cetak. Sekarang generasi milenial lebih suka mencari informasi berita dari internet apalagi makin banyak portal berita online dalam hitungan detik sudah bisa melaporkan situasi paling baru dari sebuah peristiwa.

Pojok koran yang dulu biasanya diletakkan di dekat area duduk dengan koran-koran yang sudah dipasangi kayu agar mudah dibaca dan diletakkan di raknya kembali kini makin jarang keberadaannya. Karena makin jarang orang baca koran tercetak ketimbang yang baca dari internet. Membaca berita online juga dirasa lebih praktis di antara jam kerja yang sibuk.

3. Lebih gampang cari kerja di luar kota

Lebih gampang cari kerja
Lebih gampang cari kerja
Sumber: tstatic.net

Dulu, orang akan menempuh perjalanan yang jauh untuk bisa kerja di luar kota domisilinya. Karena untuk bisa datang ke tes perusahaan dan juga wawancara tentunya pelamar harus datang secara fisik ke kantor yang dilamar. Sekarang generasi milenial memang dihadapkan pada persaingan kerja yang lebih ketat namun dimudahkan dengan canggihnya teknologi.

Perubahan dunia kerja zaman old vs zaman now adalah kini generasi milenial bisa mencari lowongan pekerjaan secara online dan mengirimkan lamaran kerja melalui platform lowongan kerja online atau langsung mengirimkan email ke perusahaan tersebut.

Untuk melakukan tes masuk perusahaan pun bisa dilakukan secara online bahkan banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi sendiri agar pelamar tidak harus datang ke lokasi namun mengerjakan tes dengan menggunakan smartphone dalam batasan waktu tertentu. Hasilnya pun bisa langsung ketahuan lolos atau tidak. Wawancara tes  pun bisa dilakukan melalui telepon maupun video call/conference sehingga pelamar bisa datang ke kantor saat akan wawancara akhir atau ketika sudah dinyatakan sebagai pegawai baru.

Nah itulah perubahan dunia kerja, tentu kamu harus lebih bersukur dengan perubahan positif yang memudahkan kita dalam bekerja.

Sumber foto: medium.com

Leave a Comment