Home Saintek 5 Jurusan Biologi Terbaik di Indonesia

5 Jurusan Biologi Terbaik di Indonesia

Bagi kamu yang berjiwa petualang dan suka penasaran dengan penemuan-penemuan spesies tumbuhan atau hewan baru, hmmmgak salah lagi kalau kalian itu cocok masuk Jurusan Biologi. Sekarang ini, tidak jarang banyak ditemukan tumbuhan atau hewan spesies baru di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Oleh karena itu, para pakar biologi sekarang ini sangat dibutuhkan. Selain banyak dibutuhkan ahli-ahli di bidang biologi, Jurusan Biologi juga memiliki banyak prospek kerja yang menguntungkan pastinya. Berikut ini ada daftar nama-nama kampus dengan Jurusan Biologi terbaik di Indonesia.

1.Universitas Gadjah Mada

biologi UGM
Sumber: hai.grid.id

Tidak diragukan lagi keunggulan kampus satu ini. Kampus yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta, Jurusan Biologinya menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Jurusan Biologi UGM memiliki tiga peminatan yang dapat dipilih, di antaranya ada Biofungsional, Bilogi Lingkungan dan Biodiversitas, serta Bilogi Molekular dan Biologi Teknologi. Daya tampung jalur SBMPTN Jurusan Biologi ini sebanyak 102 mahasiswa dari 1000 orang lebih yang mendaftar. Sedangkan, untuk jalur SNMPTN mahasiswa yang diterima sebanyak 30 orang saja.

2. Institut Teknologi Bandung

biologi ITB
Sumber: beritasatu.com

Institut Teknologi Bandung dapat dibilang unik dalam memberikan nama bagi fakultas-fakultas yang ada. Kalau kalian mencari Jurusan Bilogi ITB ada di dalam Fakultas Matematika dan IPA, kalian tidak akan menemukannya. Sebab, Jurusan Biologi ITB terdapat di SITH-S (Sekolah Ilmu Tekno.Hayati-Sains). SITH-S ini merupakan sebuah fakultas yang di dalamnya terdapat dua jurusan, salah satunya Jurusan Biologi. SITH-S ini menerima sebanyak 64 orang mahasiswa.

Baca juga: Jurusan Buat Anak IPA

3. Universitas Indonesia

biologi UI
Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Kalau kalian memilih Jurusan Biologi UI, proses belajar kalian akan didukung dengan adanya tujuh laboratorium khusus untuk jurusan ini. Laboratorium tersebut terdiri atas Lab. Taksonomi, Lab. Fisiologi, Lab. Ekologi, Lab. Genetika, Lab. Mikrobiologi, Lab. Biologi Perkembangan dan reproduksi, serta Lab. Bilogi Kelautan. Jurusan Biologi di Universitas Indonesia ini menerima sebanyak 30 mahasiswa jalur SNMPTN. Mengejutkannya lagi, mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN hanya 40 orang dari 1000 pendaftar, wow!

4. Universitas Airlangga

biologi UNAIR
Sumber: biologi.fst.unair.ac.id

Jurusan Biologi, Universitas Airlangga membekali para mahasiswanya agar dapat mengevaluasi keanekaragaman hayati dan terus mengembangkan teknologi di bidang Biologi. Sama halnya dengan Jurusan Biologi UI, Universitas Airlangga menerima sebanyak 30 mahasiswa jalur SNMPT dan 40 mahasiswa SBMPTN. Walaupun, jurusan ini telah terakreditasi A dan menjadi jurusan terbaik, sayangnya Jurusan Biologi di Unair ini masih terbilang sepi peminat.

5. Institut Teknologi Sepuluh November

biologi ITS
Sumber: quipper.com

Tidak hanya ITB, ITS yang juga terkenal dengan jurusan-jurusan tekniknya ini, juga memiliki Jurusan Biologi. Berbeda dari kampus-kampus sebelumnya, Jurusan Biologi di ITS ini berada di bawah naungan Fakultas Sains dan Analitik Data. Di Institut Teknologi Sepuluh November, Jurusan Biologi memiliki empat bidang peminatan, yaitu Biosains dan Teknologi Tumbuhan, Zoologi dan Rekayasa Hewan, Mikrobiologi dan Bioteknologi, serta Ekologi. Daya tampung Jurusan Biologi untuk jalur SNMPTN sebanyak 36 mahasiswa, sedangkan jalur SBMPTN diterima sebanyak 48 mahasiswa.

Baca juga: Mengenal Jurusan Biologi

Nah, itulah kampus-kampus yang Jurusan Biologinya terbaik di Indonesia. Jika kamu lulusan dari Jurusan Biologi, kamu bisa bekerja di organisasi atau komunitas, seperti WWF. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di berbagai bidang lainnya, seperti bidang kesehatan, industri makanan, dan banyak lagi tentunya. Pastinya prospek kerja buat para lulusan Jurusan Biologi sangat menguntungkan. Jadi, buat kalian-kalian yang mau masuk jurusan ini, persiapkan diri kamu dari sekarang ya. Semangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Mengenal Jurusan Teknik Geologi

Mempelajari tempat yang kita tinggali, yaitu bumi, memang menyenangkan. Kita jadi semakin paham tentang bumi dan batuan. Serta tentunya, kita juga dapat merawat bumi...

5 Jurusan Hubungan Masyarakat Terbaik di Indonesia

Berinteraksi dengan masyarakat luas memang suatu hal yang menyenangkan. Saling berbaur dengan masyarakat luas dapat menambah wawasan bagi seseorang. Berbicara mengenai interaksi dengan masyarakat,...

Mengenal Jurusan Sastra Korea

Sejak demam Korea masuk ke Indonesia, Jurusan Sastra Korea pun ikut terkena imbasnya. Pasalnya, jurusan ini semakin meningkat peminatnya, bahkan berada di jajaran jurusan...

5 Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia

Selain kaya akan keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan faunanya. Sebagai negara yang berada di antara dua benua, membuat Indonesia memiliki ragam jenis hewan...