Mahasiswa Sastra Arab
Sumber: thearabweekly.com

Mengenal Jurusan Sastra Arab

Posted on

Untuk mendalami mengenai Sastra Arab kamu tidak harus berasal dari Pondok Pesantren ataupun madrasah. Lulusan SMA atau SMK jika kamu memiliki ketertarikan terhadap Sastra Arab, maka jurusan ini tentu tepat buat kamu.

Untuk kamu yang tertarik ingin masuk Jurusan Sastra Arab, yuk simak artikel berikut ini!

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Sastra Arab?

Sastra Arab
Sumber: ahlalbidah.wordpress.com

Di Jurusan Sastra Arab, kamu akan mempelajari bahasa Arab. Tidak hanya itu, di jurusan ini kamu juga akan mempelajari tentang Sastra Arab. Yang mana Sastra Arab menjadi bidang ilmu yang membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis, berbicara, serta medengarkan dalam bahasa Arab.

Kebudayaan Arab juga menjadi mata kuliah di jurusan ini. Selain itu, tata bahasa atau nahwu sharaf, kajian tentang karya sastra Arab, terjemahan, kaligrafi, hingga jurnalistik akan kamu pelajari di jurusan ini.

Siapa yang Cocok Masuk di Jurusan Sastra Arab?

Karakter Sastra Arab
Sumber: tellerreport.com

Untuk masuk di suatu jurusan, tentunya yang menjadi kunci utama adalah ketertarikan terlebih dahulu. Jika kamu tertarik dengan sesuatu yang berkaitan dengan Arab, tentunya Jurusan Sastra Arab sangat tepat untukmu. Selain itu, kamu juga harus memiliki bekal kemampuan dasar dalam hal yang berhubungan dengan Arab. Diantaranya kemampuan memahami bacaan, melakukan analisis, berpikir kritis dan rasional, komunikasi lisan dan tertulis dan bahasa Arab, serta kemampuan interpersonal.

Lama Perkuliahan Jurusan Sastra Arab

Mahasiswa Sastra Arab
Sumber: thearabweekly.com

Kuliah di Jurusan Sastra Arab dapat kamu tempuh dalam 8 semester, yang biasanya dapat diselesaikan 3,5 atau 4 tahun. Mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Sastra Arab diantaranya Bahasa Arab, Fonetik dan Fonologi Arab, Perkembangan Sastra Arab, Morfologi dan Sintaksis Arab, Kritik Sastra Arab, Semantik Pragmatik Arab, Islamologi, Retorika Arab, dan tentunya kamu akan mempelejari Qur’an dan Hadits.

Baca juga: Mengenal Jurusan Sastra Jepang

Keuntungan jika Masuk Jurusan Sastra Arab

Diplomat Arab
Sumber: latimes.com

Jurusan Sastra Arab memiliki prospek lowongan pekerjaan yang luas. Namun sebelum membahas prospek pekerjaan bagi lulusan Jurusan Sastra Arab, kita bahas terlebih dahulu keuntungan jika masuk Jurusan Sastra Arab.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan karena di Jurusan Sastra Arab kamu akan mempelajari bahasa Arab dengan baik. Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa resmi PBB dan digunakan setiap pertemuan antar pemerintah serta dalam pembuatan dokumen. Sangat menarik, bukan?

Bahkan, di petunjuk – petunjuk dalam tempat umum di seluruh dunia, sudah mencantumkan bahasa Arab. Jadi, kamu yang menguasai bahasa Arab tidak akan kesulitan. Jika ingin melanjutkan studi di Timur Tengah, kamu pun memiliki kesempatan yang tinggi. Bahkan, negara Timur Tengah memiliki universitas terkemuka dengan kualitas pendidikan yang luar biasa.

Prospek Pekerjaan Lulusan Jurusan Sastra Arab

Pramugari
Sumber: id.pinterest.com

Lulusan Jurusan Sastra Arab memiliki peluang pekerjaan yang begitu luas. Bahkan, profesi yang dapat digeluti pun berkelas, diantaranya konsul atau duta negara, tenaga pendidik, interpreter, bekerja di lembaga asing, tour guide, peneliti budaya, instansi pemerintahan, penulis, jurnalis, dan tentunya penerjemah.

Baca juga: Mengenal Jurusan Sastra Inggris

Jika kamu berencana untuk menjadi pramugari, lulusan Jurusan Sastra Arab juga banyak dicari. Terutama penerbangan yang berasal dari negara Timur Tengah. Apalagi, penerbangan dari Timur Tengah terkenal memiliki fasilitas yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *