Home Saintek 5 Jurusan Ekonomi Islam Terbaik di Indonesia

5 Jurusan Ekonomi Islam Terbaik di Indonesia

Nah, baru-baru ini ada beberapa kampus yang sudah buka jurusan baru untuk di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Yap, jurusan itu adalah Ekonomi Islam/Syariah. Jurusan Ekonomi Islam ini ternyata gak kalah besar loh peminatnya. Hal ini karena udah banyak bank-bank atau perusahaan-perusahaan yang menerapkan sistemĀ  ekonomi syariah. Maka dari itu, beberapa kampus di Indonesia ini, sudah banyak dan mulai membuka jurusan Ekonomi Islam ini. Kalau kalian bingung jurusan Ekonomi Islam itu ada di mana aja, berikut ini ada kampus-kampus yang punya jurusan Ekonomi Islam terbaik di Indonesia. Berikut penjelasannya.

1. STEI Tazkia

tazkia
Sumber: megapolitan.antaranews.com

Yap, kalian gak perlu meragukan lagi kualitas jurusan Ekonomi Islam di kampus ini. Mengapa? Selain kampus ini sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT, kampus juga mengacu pada kurikulum yang diterapkan di Al-Azhar University Cairo dan International Islamic University Malaysia (IIUM). Keren banget kan! Tidak hanya itu, STEI Tazkia juga bekerja sama dengan beberapa lembaga, salah satunya lembaga OJK. Dengan kualitas yang sudah sangat baik, tentunya kampus ini sudah banyak mengukir prestasi. Misalnya, pada tahun 2018 mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah berhasil memenangkan Lomba Sharia Paper Economic Competition 9 (SPACE 9) yang dilaksanalan di Universitas Diponegoro.

2. Universitas Airlangga

ekonomi islam unair
Sumber: news.okezone.com

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga baru-baru ini menambahkan daftar program studi baru, yaitu jurusan Ekonomi Islam. Jurusan Ekonomi Islam di kampus ini sudah terakreditasi A. Tujuan kampus ini membuka jurusan tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan dan melahirkan sumber daya ekonomi Islam yang profesional di bidang ekonomi dan keuangan Islam. Jurusan ini menerima sebanyak 68 orang untuk jalur SNMPTN, sedangkan 90 orang untuk jalur SBMPTN. Menariknya, jurusan Ekonomi Islam di Universitas Airlangga merupakan jurusan Ekonomi Islam pertama yang ada di Perguruan Tinggi Negeri.

Baca juga: Mengenal Jurusan Ekonomi Islam

3. Universitas Brawijaya

FEB UB
Sumber: quipper.com

Bergeser sedikit ke daerah Malang, yaitu Universitas Brawijaya juga dinyatakan sebagai kampus yang memiliki jurusan Ekonomi Islam terbaik di Indonesia. Kampus ini telah mengantongi akreditasi A yang diberikan oleh BAN-PT pada Juni 2019 lalu. Perihal daya tampung, jurusan ini menerima sebanyak 39 orang untuk jalur SNMPTN. Pada jalur SBMPTN jurusan Ekonomi Islam menerima 52 orang dari 900 orang lebih pendaftar. Jika dijumlahkan, jurusan Ekonomi Islam Universitas Brawijaya menerima 91 orang setiap tahunnya.

4. UIN Sumatera Utara

ekonomi UIN SU
Sumber: lpmdinamika.co

Sekarang, kita beranjak lebih jauh menuju tanah Sumatera Utara. Yap, di sana juga terdapat jurusan Ekonomi Islam terbaik yang dipegang oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. Walaupun, kampus ini belum terakreditasi A, untuk jurusan Ekonomi Islam di UIN Sumatera Utara ini sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT.

5. Universitas Muhammadiyah Jakarta

ekonomi UMJ
Sumber: gontornews.com

Berikutnya, kampus yang berpredikat jurusan Ekonomi Islam terbaik dipegang oleh salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berlokasi di wilayah perbatasan Tangerang Selatan – Jakarta Selatan, yaitu Universitas Muhammadiyah Jakarta. Universitas Muhammadiyah Jakarta ini sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT untuk jurusan Ekonomi Islam-nya. Jurusan ini telah dibuka sejak tahun 2012.

Baca juga: 5 Jurusan Ekonomi Terbaik di Indonesia

Bagi kamu-kamu yang mau masuk jurusan Ekonomi Islam, sekarang udah tau kan adanya di kampus mana aja. Terus bagi kamu yang calon mahasiswa dan mau ambil jurusan Ekonomi Islam, kalian nantinya akan dapat mata kuliah, seperti Filosofi Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, dan masih banyak lagi tentunya. Bagaimana dengan prosepek kerjanya? Tenang, kamu bisa mengembangkan karier kamu di lembaga pemerintahan ataupun tidak. Misalnya, kamu bisa kerja di perbankan syariah, OJK, bahkan lembaga keuangan internasional loh. Mantap kan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Mengenal Jurusan Teknik Geologi

Mempelajari tempat yang kita tinggali, yaitu bumi, memang menyenangkan. Kita jadi semakin paham tentang bumi dan batuan. Serta tentunya, kita juga dapat merawat bumi...

5 Jurusan Hubungan Masyarakat Terbaik di Indonesia

Berinteraksi dengan masyarakat luas memang suatu hal yang menyenangkan. Saling berbaur dengan masyarakat luas dapat menambah wawasan bagi seseorang. Berbicara mengenai interaksi dengan masyarakat,...

Mengenal Jurusan Sastra Korea

Sejak demam Korea masuk ke Indonesia, Jurusan Sastra Korea pun ikut terkena imbasnya. Pasalnya, jurusan ini semakin meningkat peminatnya, bahkan berada di jajaran jurusan...

5 Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia

Selain kaya akan keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan faunanya. Sebagai negara yang berada di antara dua benua, membuat Indonesia memiliki ragam jenis hewan...