jurusan hukum

5 Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia

Posted on

Menjadi pengacara, hakim agung, atau bekerja di kejaksaan pastinya butuh proses yang panjang ya. Bagi kalian yang punya impian bekerja di bidang hukum, tentunya langkah awal yang perlu kalian lakukan adalah jangan salah pilih kampus. Mengapa? Yap, kualitas diri kamu menjadi seseorang yang bekerja di bidang hukum ditentukan dari tempat dan cara kalian belajar. Nah, maka dari itu kalian mesti tau nih, kampus mana aja yang jurusan atau program studi hukumnya terbaik di Indonesia. Yuk, langsung aja lihat penjelasan berikut ini.

1. Universitas Padjadjaran

hukum unpad
Sumber: fh.unpad.ac.id

Sebagai kampus favorit, tentunya banyak jurusan-jurusan di Universitas Padjadjaran yang mendapatkan predikat terbaik. Jurusan Hukum menjadi salah satu di antara jurusan kampus ini yang jadi jurusan terbaik di Indonesia. Selain itu, mahasiswa jurusan Hukum Unpad sering mengharumkan nama jurusannya dengan berbagai prestasi yang membanggakan. Jurusan hukum Unpad juga sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Perihal daya tampung, jurusan ini menerima sebanyak 180 orang untuk jalur SBMPTN dengan jumlah peminat yang sangat-sangat banyak, yaitu 5000 orang lebih.

2. Universitas Indonesia

hukum UI
Sumber: ui.ac.id

Universitas Indonesia menjadi kampus yang jurusan Hukumnya telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Jurusan Hukum UI membuka dua kelas, yaitu reguler dan pararel. Di jurusan Hukum UI kamu akan mendapatkan mata kuliah, di antaranya Antropologi Hukum, Asas-Asas Hukum Adat, Etika dan Tanggung Jawab Profesi Huku, dan masih banyak lagi. Jurusan ini juga punya pembagian peminatan untuk para mahasiswa hukum.

Peminatan itu di antaranya ada Praktisi Hukum, Hukum Hubungan Transnasional, Hukum Kegiatan Ekonomi, Hukum Pencegahan dan Penanggulangan Kejahatan, Hukum Hubungan Antar Anggota Masyarakat, dan Hukum Kesejahteran Masyarakat. Daya tampung jurusan ini untuk jalur SBMPTN sebanyak 167 orang dari 4.000 orang lebih peminat, lebih rendah dibandingkan jurusan hukum Unpad.

Baca juga: Kelebihan Jurusan Hukum

3. Universitas Brawijaya

FH UB
Sumber: ospekbrawijaya.blogspot.com

Pada 2019 lalu, jurusan Hukum UB menjadi prodi rumpun soshum yang paling banyak peminatnya untuk jalur SBMPTN. Calon mahasiswa yang mendaftar jurusan ini mencapai 2.584 orang, wow! Padahal daya tampung untuk jalur SBMPTN hanya 260 orang saja. Tentunya, hal itu dapat terjadi karena jurusan Hukum UB sudah terakreditasi A. Universitas Brawijaya punya lima peminatan atau konsentrasi untuk jurusan hukum, di antaranya ada Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Internasional, Hukum Perdata, dan Hukum Pidana.

4. Universitas Diponegoro

hukum undip
Sumber: posjateng.id

Jurusan Hukum di Universitas Diponegoro juga gak mau kalah. Ternyata jurusan Hukum di kampus ini juga banyak diincar para calon mahasiswa loh. Yap, kalau kalian belum tau, jurusan hukum di Undip ini menjadi jurusan terfavorit setelah jurusan Manajemen loh. Jumlah para pendaftar jurusan ini juga gak kalah dari kampus lainnya. Tahun 2018 kemarin saja, jumlah pendaftar mencapai 3000 orang lebih. Soal, akreditasi udah pasti gak diragukan lagi karena jurusan Hukum di sini telah terakreditasi A. Prestasi mahasiswa jurusan ini juga gak kalah kece. Perwakilan mahasiswa jurusan Hukum berhasil mendapatkan juara 1 Legislative Drafting dalam Kompetisi Pekan Hukum Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS).

5. Universitas Gadjah Mada

hukum UGM
Sumber: kampusaja.com

Kepopuleran kampus ini memang gak diragukan lagi. Menjadi kampus favorit, UGM memiliki jurusan Hukum terbaik di Indonesia. Eitsgak cuma itu loh, faktanya UGM merupakan kampus pertama yang membuka Fakultas Hukum loh, yaitu pada tahun 1946. UGM juga membuka dua kelas untuk S1 jurusan Hukum, yaitu reguler dan internasional. Dan… di kampus ini, jurusan Hukum punya 11 Departemen, di antaranya ada Departemen Hukum Adat, Departemen Hukum Agraria, Departemen Hukum Islam, dan sebagainya.

Baca juga: Mengenal Jurusan Hukum

Sekarang, kalian gak perlu bingung dan takut salah pilih jurusan Hukum lagi kan. Semoga tulisan di atas membantu kamu untuk menentukan jurusan Hukum terbaik yang cocok buat kamu. Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *