5 Kampus Terbaik di Sumatera

Menentukan kampus memang tidaklah mudah. Meskipun ada lebih 100 kampus di Indonesia, tetap saja kita harus selektif agar tidak salah pilih. Benarkan? Kebanyakan, kampus yang menjadi rujukan berada di lokasi Jawa. Karena memang yang terbaik dari sekian banyak kampus terkumpul di daerah tersebut. Tapi tenang saja, khususnya bagi kamu yang ada di daerah Sumetara, berikut 5 kampus terbaik di Sumatera. Mau tau apa saja? Simak yuk!

1. Universitas Sumatera Utara (USU)

universitas sumatera utara
Sumber: usu.ac.id

Sudah jelas dari nama kampusnya, Universitas Sumatera Utara atau disingkat USU, berlokasi di Medan, Sumatera Utara. Nah, tahukah kamu kalau ternyata USU ini merupakan universitas pertama di Sumatera yang memiliki fakultas kedokteran. Sehingga tidak heran kalau putra/putri daerah banyak yang ingin masuk USU. Bahkan mahasiswa asing yang berada dari Malaysia pun tidak sedikit yang memilih USU sebagai tempat mengeyam pendidikan kuliah.

Baca juga: 5 Kampus Terbaik di Jawa

Ada yang patut diunggulkan dari USU, yaitu perpustakaan nya. Bukan tanpa alasan, ini karena USU memiliki perpustakaan dengan kategori terbaik di Indonesia.

2. Universitas Lampung (UNILA)

Universitas Lampung
Sumber: wikimedia.org

Setelah dari Medan, mari bergeser ke wilayah Lampung. Di sini terdapat universitas tertua yang menjadi incaran para calon mahasiswa baru yaitu Universitas Lampung atau disingkat UNILA. Hal yang perlu disoroti dari kampus ini adalah UKT (Uang Kuliah Tunggal) nya yang cenderung murah. Sehingga tidak heran bila kerap disebut sebagai kampus merakyat. Tapi kamu nggak perlu khawatir soal kualitasnya jurusan nya ya. UNILA mempunyai dosen ber kompeten serta sudah ada banyak fasilitas yang ber standar internasional di beberapa fakultas.

3. Universitas Andalas (UNAND)

Universitas Andalas
Sumber: wikimedia.org

UNAND alias Universitas Andalas, berlokasi di Padang. Tahukah kamu, pada bulan November 2019 saat Evaluasi dan Klasterisasi Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Penelitian yang diadakan oleh Kemenristekdikti, UNAND masuk dalam posisi ke 4 dari seluruh perguruan tinggi se-Indonesia. Jadi, kamu nggak usah ragu lagi kalau mau masuk UNAND.

4. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)

Universitas Syiah Kuala
Sumber: ardi-lamadi.blogspot.com

Kota Serambi Mekah alias Aceh juga memiliki universitas terbaik di daerahnya loh. Universitas syiah Kuala (UNSYIAH), perguruan tinggi yang sudah berdiri sejak tahun 1961. Ada banyak program studi yang bisa kamu pilih bila masuk UNSYIAH. Mau ekonomi, bisnis, teknik hingga kedokteran pun ada. Nah, bahkan tidak hanya sarjana saja, UNSYIAH pun masih menyediakan Prodi untuk program Diploma.

Baca juga: 3 Tips Memilih Jurusan

5. Universitas Negeri Padang (UNP)

Universitas Negeri Padang
Sumber: achmad-badaruddin.blogspot.com

Selain UNAND, di Padang juga terdapat perguruan tinggi terbaik lainnya yaitu Universitas Negeri Padang (UNP) yang sebelumnya bernama IKIP Padang. Ada banyak pilihan fakultas di UNP, dari mulai fakultas pendidikan yang nantinya dipecah menjadi beberapa prodi, ada fakultas ilmu seni dan budaya, ada fakultas teknik, fakultas pariwisata, fakultas olahraga, dan banyak lagi.

5 kampus terbaik di sumatera yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi referensi kamu. Mau berkuliah di daerah mana dan masuk jurusan apa. Karena tentunya kalau hendak mau berkuliah bukan hanya jurusan yang sering menjadi kegalauan, tapi juga daerah, benar kan? Ada yang ingin merantau, ada juga yang ingin tetap tinggal di daerah sendiri.

Hal terpenting adalah bila kamu sudah menemukan kampus yang cocok jangan lupa untuk mencari informasi detail terkait kampus tersebut ya. Agar ke depan nya kamu tidak kebingungan, apalagi dari segi biaya hingga bagaimana prosedur pendaftarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *