Home Saintek 5 Jurusan Kelautan Terbaik di Indonesia

5 Jurusan Kelautan Terbaik di Indonesia

Kita semua tau kalo Indonesia merupakan negara kepulauan yang di kelilingi lautan luas. Wilayah Indonesia berada di posisi antara dua samudera, yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Dengan adanya dua pertemuan samudera tersebut membuat Indonesia berada di posisi strategis, serta menjadi negara yang kaya akan keindahan alam bawah laut. Di lautan Indonesia banyak sekali berbagai jenis hewan laut yang mungkin tidak ada di negara lain.

Namun, sayangnya keindahan alam bawah laut Indonesia kian tercemar dari tahun ke tahun. Dari permasalahan sampah di laut, penangkapan ikan secara ilegal, sampai dengan kerusakan-kerusakan terumbu karang sudah banyak terjadi. Dengan demikian, perlu adanya rasa kepedulian masyarakat terhadap keindahan dan kelestarian alam bawah laut Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan mempelajari ilmu-ilmu kelautan.

Hal tersebut dapat kalian dapatkan dengan masuk Jurusan Kelautan. Yap, para guru besar menyadari betapa pentingnya mendirikan Jurusan Kelautan di beberapa kampus di Indonesia. Tentunya kita membutuhkan orang-orang yang tidak hanya peduli, namun juga ahli dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di laut Indonesia. Berikut ini ada nama-nama kampus dengan Jurusan Kelautan terbaik di Indonesia. Simak penjelasannya di bawah ini.

Universitas Diponegoro

kelautan UNDIP
Sumber: um.undip.ac.id

Salah satu kampus di Semarang ini, yaitu Universitas Diponegoro juga tidak mau kalah dengan kampus lain untuk mendirikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Awalnya, Jurusan Ilmu Kelautan berada di bawah naungan Fakultas Peternakan, namun pada tahun 1994 baru dialihkan ke FPIK. Jurusan Ilmu Kelautan Undip juga sudah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Di sini kalian akan mendapatkan mata kuliah, seperti Biodiversitas Sumber Daya Kelautan, Dinamika Kelautan, dan banyak lagi. Daya tampung untuk Jurusan Ilmu Kelautan Undip menerima sebanyak 120 mahasiswa.

Baca juga: Mengenal Jurusan Perikanan

Universitas Jenderal Soedirman

kelautan UNSOED
Sumber: suarr.id

Jurusan Ilmu Kelautan berada di bawah kepengurusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang merupakan fakultas termuda di Unsoed. Jurusan ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Apabila kamu memilih Jurusan Ilmu Kelautan Unsoed, kamu akan mendapatkan mata kuliah, seperti Bioteknologi Kelautan, Reklamasi Pantai, Koralogi, dan masih banyak lagi. Jurusan Ilmu Kelautan Unsoed ini menerima sekitar 40 mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Universitas Padjadjaran

kelautan UNPAD
Sumber: ayobandung.com

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad baru diresmikan pada tahun 2005. Di fakultas ini terdapat dua jurusan, salah satunya Jurusan Ilmu Kelautan. Jurusan Ilmu Kelautan dibuka bersamaan dengan diresmikan FPIK. Universitas Padjadjaran telah mengantongi akreditasi A untuk Jurusan Ilmu Kelautan. Apabila kamu memilih Jurusan Ilmu Kelautan Unpad, kamu perlu tau bahwa jurusan ini berfokus pada kajian tentang Bioteknologi Kelautan. Lalu, daya tampung jurusan ini Unpad menerima sekitar 90 mahasiswa.

Universitas Brawijaya

kelautan UB
Sumber: infokampus.news

Jurusan Ilmu Kelautan UB telah mendapatkan akreditasi A. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan telah mendirikan jurusan ini sejak tahun 2008. Jurusan Ilmu kelautan UB memiliki tiga kajian bidang utama, yaitu tentang Konservasi, Oseanografi, dan Eksplorasi Lingkuang Laut. Universitas Brawijaya menerima sebanyak 54 mahasiswa jalur SNMPTN dan 72 mahasiswa jalur SBMPTN untuk Jurusan Ilmu Kelautan.

Baca juga: Mengenal Jurusan Kelautan

Universitas Sriwijaya

kelautan UNSRI
Sumber: gelorasriwijaya.co

Sekarang kita beralih ke Sumatera Selatan. Universitas Sriwijaya yang berlokasi di Palembang ini memiliki Jurusan Ilmu Kelautan yang telah terakreditasi A. Berbeda dari kampus-kampus sebelumnya, Jurusan Ilmu Kelautan Unsri berada di bawah kepengurusan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Perihal daya tampung, Jurusan Ilmu Kelautan Unsri menerima sebanyak 60 mahasiswa untuk jalur SBMPTN. Lalu, untuk jalur SNMPTN jurusan ini menerima sebanyak 24 mahasiswa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

5 Jurusan Hubungan Masyarakat Terbaik di Indonesia

Berinteraksi dengan masyarakat luas memang suatu hal yang menyenangkan. Saling berbaur dengan masyarakat luas dapat menambah wawasan bagi seseorang. Berbicara mengenai interaksi dengan masyarakat,...

Mengenal Jurusan Sastra Korea

Sejak demam Korea masuk ke Indonesia, Jurusan Sastra Korea pun ikut terkena imbasnya. Pasalnya, jurusan ini semakin meningkat peminatnya, bahkan berada di jajaran jurusan...

5 Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia

Selain kaya akan keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan faunanya. Sebagai negara yang berada di antara dua benua, membuat Indonesia memiliki ragam jenis hewan...

5 Jurusan Pertanian Terbaik di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan alamnya. Terutama persawahan di Indonesia terbentang luas di berbagai daerah. Berbagai macam jenis tanaman mulai dari sayur-mayur, buah-buahan,...