Home Saintek Mengenal Jurusan Perikanan

Mengenal Jurusan Perikanan

Jika di universitas terdapat jurusan peternakan dan pertanian, maka jurusan perikanan juga ada di universitas. Layaknya Jurusan Peternakan, di Jurusan Perikanan ini nanti kamu akan mempelajari mengenai segala hal tentang perikanan.

Daripada penasaran dan menimbulkan asumsi yang bermacam – macam, lebih baik simak artikel di bawah ini, yuk!

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Perikanan?

Mengenal Jurusan Perikanan
Sumber: nutraingredients-latam.com

Jurusan Perairan mempelajari segala hal yang berhubungan dengan ilmu perikanan. Tidak hanya perikanan, kamu pun akan belajar mengenai segala hal yang berhubungan dengan perikanan dan lautan.

Di Jurusan Perikanan nanti, kamu tidak hanya akan belajar teori saja, tapi juga praktik. Praktik yang dilakukan berhubungan dengan dunia perikanan, kearifan lokal, kehidupan sosial masyarakat di pesisir termasuk juga kehidupan nelayan, dan lainnya. Tentu akan banyak hal yang dipelajari dalam praktik ini.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Perikanan?

Mata Kuliah di Jurusan Perikanan
Sumber: princeton.edu

Jurusan Perikanan tidak hanya berfokus pada pelajaran mengenai ikan saja, tapi juga mata kuliah lain. Di jurusan ini, nantinya kamu akan mempelajari tentang Manajemen dan Sumber Daya Perairan. Yang mana fokus dari mata kuliah ini mempelajari tentang bagaimana menjaga kelestarian sumber daya perairan. Lebih luas dari itu, juga mempelajari tentang cara pengembangan pengelolaan perairan dan perikanan, teknik kelautan dan juga cara merakit alat tangkat, serta pemanfaatan sumber daya perairan secara rasional.

Di sini nanti, kamu juga akan mempelajari mengenai bisnis perikanan dan kesejahteraan nelayan. Mata kuliah lain yang berhubungan adalah Manajemen Kualitas Air, Ekonomi Sumber Daya Perairan, Etika Perikanan dan Kelautan Manajemen Spesies Asli, Pengendalian Pencemaran Perairan, Ekotoksikologi Perairan, dan lainnya Ada juga fokus pada pemanfaatan sumber daya perikanan, dimana mata kuliah yang tercakup di dalamnya yaitu Teknik dan Manajemen Perikanan Tangkap, Alat Bantu Penangkapan Ikan, Metode Penangkapan Ikan, Teknologi Penangkapan Ikan, Pelabuhan Perikanan, Daerah Pengkapan Ikan, Rancang Bangun Alat Tangkap, dan lainnya.

Baca juga: Mengenal Fakultas Pertanian

Ada juga fokus tentang Teknologi Hasil Perikanan, yang membahas macam teknologi untuk mengelola hasil perikanan. Mata kuliah yang termasuk di dalamnya adalah Manajemen Industri Perikanan, Penanganan Hasil Perikanan, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Pengendalian Mutu Hasil Perikanan, Refrigerasi Hasil Perikanan, Mikrobiologi Pangan Ikan, Gizi Ikan, Teknologi Proses Termal Hasil Perikanan, dan lainnya.

Karakter yang Cocok dengan Jurusan Perikanan

Karakter Jurusan Perikanan
Sumber: nationalfisherman.com

Untuk masuk di Jurusan Perikanan, tentu membutuhkan karakter yang memiliki jiwa cinta dunia laut tinggi. Karena nantinya, praktik di perkuliahan akan berhubungan dengan lautan juga. Kamu pun akan berinteraksi dengan masyarakat pesisir sehingga harus mampu berkomunikasi dengan baik.

Serunya, seringkali Jurusan Perikanan mengadakan praktik di daerah pesisir pantai. Tentu akan menjadi keuntungan tersendiri bagi kamu karena kamu bisa sekaligus berlibur di pantai.

Prospek Kerja Jurusan Perikanan

Prospek Kerja Jurusan Perikanan
Sumber: the-scientist.com

Prospek kerja Jurusan Perikanan diantaranya menjadi peneliti, bekerja di perusahaan perikanan, menjadi anak buah kapal di dalam maupun luar negeri, quality control, bekerja di BPOM, menjadi konsultan, hingga menjadi PNS di Kementerian Perikanan dan Kelautan Indonesia. Kamu pun tentunya dapat menjadi tenaga pendidik. Dan kesempatan berwirausaha untuk menjadi peternak ikan dan budidaya hasil laut sangat terbuka lebar untuk kamu lulusan Jurusan Perikanan.

Baca juga: Mengenal Jurusan Kelautan

Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah lautan yang sangat luas. Tentunya, Indonesia sangat membutuhkan kamu para lulusan Jurusan Perikanan. Jadi, tunggu apa lagi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

5 Jurusan Hubungan Masyarakat Terbaik di Indonesia

Berinteraksi dengan masyarakat luas memang suatu hal yang menyenangkan. Saling berbaur dengan masyarakat luas dapat menambah wawasan bagi seseorang. Berbicara mengenai interaksi dengan masyarakat,...

Mengenal Jurusan Sastra Korea

Sejak demam Korea masuk ke Indonesia, Jurusan Sastra Korea pun ikut terkena imbasnya. Pasalnya, jurusan ini semakin meningkat peminatnya, bahkan berada di jajaran jurusan...

5 Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia

Selain kaya akan keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan faunanya. Sebagai negara yang berada di antara dua benua, membuat Indonesia memiliki ragam jenis hewan...

5 Jurusan Pertanian Terbaik di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan alamnya. Terutama persawahan di Indonesia terbentang luas di berbagai daerah. Berbagai macam jenis tanaman mulai dari sayur-mayur, buah-buahan,...