Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Agribisnis

Jurusan Agribisnis sampai saat ini masih dipkamung remeh, walaupun kenyataannya jurusan ini memiliki banyak hal baik. Perlu dilihat dulu kelebihan dan kekurangan jurusan Agribisnis sebelum mencap jurusan ini.

Gambaran bekerja di area pertanian-lah yang terkadang membuat jurusan ini tidak populer dan dianggap remeh. Gambaran kerja berat, berurusan dengan sawah atau kebun, gambaran petani yang tidak banyak menghasilkan dan bayangan lingkungan kerja yang kotor, sering muncul di benak siswa saat mendengar kata jurusan yang berhubungan dengan pertanian.

Padahal faktanya mengatakan semua jurusan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Kelebihan dan kekurangan jurusan Agribisnis perlu dipahami saat melihat lingkup bidang studi ini. Jangan asal meremehkan dan jangan asal ambil jurusan.

baca juga: Manfaat dan Cara Berpikir Positif

Kekurangan Jurusan Agribisnis

Kekurangan jurusan Agribisnis yang pertama adalah stigma yang menempel karena membahas bidang pertanian. Stigma ini membuat jurusan Agribisnis sering diremehkan. Pertanian memang kerap ditunjukkan dengan gambaran petani yang bekerja di sawah yang berlumpur, walau begitu cakupan pertanian tidak itu saja.

Agribisnis adalah ilmu yang mempelajari tentang jalur produksi pertanian dari hulu ke hilir. Artinya Agribisnis bisa berkutat mulai dari proses bertani, proses perdagangan hasil tani sampai ke produk jadi dari bahan – bahan hasil pertanian. Contoh dari ini adalah Industri kelapa sawit yang nantinya diproses ke pabrik menjadi minyak goreng.

Kekurangan kedua adalah gambaran peluang kerja yang masih buram. Gambaran peluang kerja yang masih buram ini dikarenakan kurangnya sosialisasi pentingnya pekerjaan di bidang pertanian. Lulusan Agribisnis banyak dibutuhkan di pasar lapangan kerja untuk industry – industry perkebunan dan pertanian. Mulai dari konsultan perkebunan besar (Contohnya teh, kelapa sawit, dan kopi), manager pengecekan bahan baku untuk pabrik, sampai dengan wirausaha sendiri sebagai pedagang besar (Juragan teh, kopi, dan tembakau).

Kurangnya sosialisasi juga karena sedikitnya interaksi masyarakat dengan bidang pertanian. Banyak masyarakat sekarang lebih menyentuh informasi tentang politik, ekonomi dan teknologi. Bidang pertanian yang ditunjukkan informasinya ke masyarkat masih terbatas harga produk di pasar dan gambaran petani di sawah ataupun kebun.

Kelebihan Jurusan Agribisnis

Seperti yang sudah disinggung dibagian kekurangannya, jurusan Agribisnis sering disalahpahami sebagai jurusan remeh yang faktanya tidak demikian.

Fakta yang ada, industry di Indonesia memerlukan banyak lulusan jurusan Agribisnis di banyak bidang produksi. Semua pabrik pasti mencari bahan dengan kualitas baik, jurusan Agribisnis bisa berperan dalam bidang ini. Lulusan Agribisnis yang telah mempelajari pertanian dari hulu ke hilir akan mengenal jenis bibit apa yang cocok, kualitas tanaman, jadwal masa panen dan menilai hasil pertanian yang pantas dijadikan bahan baku. Menggunakan bahan terbaik sebelum diproses oleh pabrik akan menentukan kualitas dari produk yang dihasilkan.

Kelebihan lain dari jurusan ini adalah lulusannya masih jarang. Jadi di pasar tenaga kerja masih sedikit yang merupakan lulusan Agribisnis padahal banyak lowongan yang membutuhkannya. Jika lulus dari jurusan Agribisnis bisa dipastikan masih banyak lowongan kerja yang menanti untuk diisi. Dalam pasar tenaga kerja sekarang, banyak orang yang berfokus pada jurusan ekonomi dan komputer, padahal pasar tenaga kerjanya mulai keruh karena banyak persaingan.

Satu lagi kelebihan yang unik dari jurusan ini adalah pengetahuan untuk memulai usaha sendiri. Jurusan Agribisnis membekali kemampuan bekerja di bidang pertanian dari hulu ke hilir dan melihat peluang kerja di dalam jalur tersebut. Banyak yang telah terbukti dalam membuka usahanya dan menjadi sukses. Usaha rumah kaca yang menjual bunga – bunga hias, pengelola bibit – bibit tanaman dan pemilik kebun besar adalah beberapa contoh – contoh usaha yang dapat diambil oleh lulusan Agribisnis.

Mudah mudahan dengan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan jurusan Agribisnis tidak ada lagi informasi yang buram tentang bidang studi ini. Diharapkan para siswa yang memilih jurusan dapat melihat apakah jurusan Agribisnis cocok dengan pilihan masa depannya tanpa adanya isu – isu dan rumor yang menjelekan jurusan ini.

Sumber foto: amazonaws.com

Leave a Comment