Sebenarnya Soft Skills itu Apa Sih?

Soft skills itu apa sih? Mungkin banyak orang yang sering mengatakannya namun belum mengetahui apa definisinya. Soft skills adalah kemampuan lunak. Namun bukan soft skills yang dibutuhkan saat sudah terjun dalam pekerjaan, hard skills (kemampuan keras) juga penting sebagai penunjang.

Definisi Soft Skils

Sebenarnya soft skills merupakan karakter, sikap atau ketrampilan yang ada di setiap individu masing-masing orang. Atau secara umum soft skills ini merupakan kebiasaan dari sikap seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain. Soft skills semacam bakat yang dimiliki seseorang, tak nampak dari luar, namun untuk mendapatkannya tidak bisa melalui pendidikan atau pelatihan karena itu merupakan sifat bawaan dari masing-masing individu.

Contoh dan Peranan Soft Skills

Agar lebih jelasnya tentang definisi dari soft skills, maka berikut ini ada beberapa contoh dan peranan soft skills dalam kehidupan kerja dan masyarakat, antara lain:

  • Kemampuan Berkomunikasi

Seseorang yang dibekali dengan cara berkomunikasi yang baik akan memiliki kemampuan yang baik pula dalam mengolah informasi yang diterima baik secara lisan maupun tulis. Kemampuan komunikasi yang baik pula, akan membuat pendengar merasa lebih cepat dalam menangkap maksud pemberi informasi, karena informasi yang diberikan akurat dan tepat sasaran.

baca juga: Apa sih Keunggulan Kuliah di PTN dan PTS?

  • Kemampuan Dalam Menjalin Hubungan

Kemampuan dalam menjalin hubungan atau disebut interpersonal skills adalah kemampuan seseorang dalam menjalin hubungan dengan lawan bicaranya atau orang lain. Maksudnya, seseorang yang memiliki interpersonal skills akan mampu memahami perasaan orang lain (tanggap dengan orang lain). Seorang yang memiliki interpersonal skills tidak akan mudah menghakimi seseorang, dia akan jadi pendengar yang baik ketika seseorang sedang berbicara kepadanya dan bahkan mampu memberi ide dan masukan.

  • Kemampuan Dalam Menyelesaikan Masalah

Maksudnya ialah kemampuan seseorang dalam menganalisa serta mengindentifikasi permasalahan dan kemungkinan dapat memberikan pemecahannya. Seseorang yang memiliki kemampuan seperti ini biasanya menggunakan nalar atau logika yang mampu membuat pendekatan terhadap masalah sehingga penyelesaiannya dapat ditemukan.

  • Kemampuan Sebagai Pendengar Aktif

Seseorang yang memiliki kemampuan sebagai pendengar yang aktif, akan lebih mementingkan orang lain, maksudnya seseorang yang memiliki kemampuan ini akan lebih mendengarkan apa yang disampaikan orang lain sehingga dirinya akan lebih memahami tentang apa yang disampaikan orang tersebut.

  • Kemampuan Dalam Mengerti Permasalahan Orang

Kemampuan ini patut dilatih karena perlu banyak pengetahuan dan wawasan sebagai penambah ilmu agar mampu mengerti apa yang disampaikan orang lain dan mampu mengembangkan diri baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun karir.

  • Kemampuan Berorganisasi

Perlu pendekatan dalam setiap pembagian tugas serta jabatan bagi wewenang masing-masing, maka penting untuk memiliki kemampuan ini.

  • Kemampuan Bekerja Bersama Tim

Untuk dapat bekerja sama dengan orang lain pun memerlukan kemampuan. Jika tidak memiliki kemampuan ini maka susah bagi Kamu untuk terjun dalam dunia kerja.

  • Kemampuan Mengatur Waktu

Mengatur waktu diri sendiri sangat penting dilakukan agar semuanya dapat terselesaikan tepat waktu.

  • Profesionalisme

Tidak mudah untuk mendeskripsikan tentang profesionalisme namun kurang lebih, seseorang yang profesional ialah seseorang yang mampu bertanggung jawab dengan apa yang menjadi tugas serta tanggung jawabnya.

  • Kemampuan Beradaptasi dan Bersikap Fleksibel

Penting agar lebih bersikap fleksibel agar bisa beradaptasi dengan orang lain.

Bagaimana? Sudah jelas bukan, tentang penjelasan soft skills itu apa sih? Beserta contoh dan peranannya dalam kehidupan kerja.

Sumber foto: theyoungvision.com

Leave a Comment