Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Ilmu Komputer

Memilih jurusan mungkin adalah langkah penting bagi siswa dalam menentukan masa depannya. Jika salah – salah siswa tidak akan termotivasi belajar dan terkadang jenjang karirnya menjadi tidak jelas.

Mengenali kelebihan dan kekurangan jurusan Ilmu Komputer bisa jadi salah satu cara mengenal bidang ilmu ini. Siswa perlu mengenal jurusan sebelum memilihnya. Jangan percaya saja pada rumor ataupun gelombang tren dalam memilih jurusan.

Kekurangan Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer pada jaman perkembangan teknologi sekarang ini sangatlah populer. Kepopuleran inilah yang menjadi kelemahan jika siswa memutuskan untuk memilih jurusan ini. Semakin populer suatu jurusan makin banyak pula persaingan yang timbul. Baik persaingan untuk kursi dalam mendaftar perkuliahan dan juga peluang kerja setelah lulus.

baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Teknik Sipil

Walau persaingan ketat, lapangan pekerjaan yang tersedia juga masih banyak. Tetapi lapangan pekerjaan ini hanya akan memilih lulusan dengan nilai yang terbaik atau dengan pengalaman kerja tertentu. Masalah persaingan menjadi terbaik inilah yang terkadang dilupakan oleh banyak orang. Padahal sudah jelas ini sering termasuk di dalam kelebihan dan kekurangan jurusan Ilmu Komputer yang sama dengan jurusan lain.

Orang hanya menganggap lulus jurusan yang populer pasti selalu dibutuhkan, kenyataannya jika lulus dengan kemampuan pas – pas-an tetap tidak akan dipilih. Jadi jangan terlalu santai setelah masuk jurusan Ilmu Komputer ini.

Kelemahan lain adalah kurangnya informasi tentang apa isi studi dari jurusan ini. Banyak siswa yang memilih jurusan ilmu komputer untuk desain grafis dan multimedia seperti film dan animasi digital, padahal ini tidak cocok. Walau ada mata pelajaran yang mengajarkan hal ini di jurusan Ilmu Komputer, fokus dari jurusan ini lebih pada koding dan pemrograman.

Informasi yang sering keliru muncul karena banyak yang menganggap jurusan Ilmu Komputer akan mengajarkan semua hal yang dikerjakan menggunkan komputer. Walau definisinya bisa menjelaskan secara sederhana inti jurusan ini, anggapan ini bisa menjerumuskan. Jadi lihat – lihat dulu inti studinya sebelum memilih jurusan ini.

Kelebihan Jurusan Ilmu Komputer

Ada yang bilang selama teknologi terus berkembang maka lapangan kerja untuk jurusan Ilmu Komputer akan terbuka lebar, hal ini benar. Banyak usaha yang sekarang membutuhkan upgrade dalam penyediaan servis. Hal seperti toko online, angkutan online dan servis lain adalah contoh dari perkembangan teknologi dan ini menunjukkan bahwa lulusan Ilmu komputer akan selalu dibutuhkan, walau dengan masalah persaingan yang ketat.

Walau persaingan ketat, jika lulusan Ilmu Komputer mau berpikir kreatif, akan ada jalan yang terbuka. Ilmu yang diajarkan di jurusan Ilmu Komputer membekali lulusannya untuk memulai usahanya sendiri. Misal membuat situs usaha ataupun aplikasi smartphone yang populer sekarang ini. Membuat usaha sendiri memungkinkan lulusan jurusan ini untuk membuka peluang kerja bagi lulusan yang lain.

Banyak program startup pada bidang teknologi yang memanfaatkan lulusan Ilmu komputer, contoh dari hal ini adalah Gojek dan Traveloka. Jadi jika lulusan Ilmu Komputer bisa berpikir kreatif, banyak yang bisa dilakukan.

Kelebihan lain dari jurusan ini adalah bisa memulai karir sebagai developer dari masa pembelajaran. Ilmu dan simulasi yang diajarkan di kelas bisa langsung dipraktekkan. Jadi sambil belajar sebagai mahasiswa, bisa juga mengerjakan projek.

Contohnya misal menjadi developer game kecil. Dengan terbukanya pasar game digital seperti Steam, para mahasiswa bisa bekerja sama untuk membuat game untuk dijual sekaligus mengasah kemampuan. Hasil dari projek yang sukses ini bisa juga dijadikan daya jual dalam mencari pekerjaan.

Persaingan yang makin ketat di pasar tenaga kerja mengharuskan seseorang untuk menunjukan daya jual. Jurusan lain sulit untuk melakukan ini, karena masih terkurung pada biaya dan proyek yang relatif harus berukuran besar. Jika lulusan jurusan Ilmu Komputer menunjukan hasil kerjanya yang menjual pasti perusahaan dengan senang menerima.

Mudah – mudahan dengan informasi kelebihan dan kekurangan jurusan Ilmu Komputer ini, siswa dapat memutuskan dengan jelas apakah jalur studi ini cocok atau tidak.

Sumber foto: mshcdn.com

Leave a Comment