Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Teknik Sipil

Jurusan teknik sipil banyak dipilih karena memiliki banyak peluang dalam pekerjaan. Jurusan ini mempelajari proses pembangunan mulai dari perencanaan hingga pembangunan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari jurusan teknik sipil.

Kelebihan Jurusan Teknik Sipil

  • Menyelesaikan masalah dari sudut pandang yang lebih luas

Jurusan teknik sipil terkenal dengan luasnya pengetahuan tentang masalah yang yag berkembang di masyarakat. Ini tak jauh memang dari arti teknik sipil yakni teknik yang digunakan untuk memberikan solusi bagi rakyat sipil. Oleh karena itulah ide dari lulusan teknik sipil selalu dibutuhkan untuk memberikan solusi masalah yang berkembang di masyarakat. Jadi bisa dipastikan bahwa jurusan teknik sipil mengandalkan praktek daripada teorinya.

baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Ilmu Komputer

  • Mempunyai banyak relasi

Lulusan teknik sipil mempunyai keterampilan dalam berkomunikasi sehingga mempunyai banyak relasi yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan bermasyarakat. Dari awal memang sudah banyak diajarkan bagaimana bisa masuk kedalam lingkungan sosial masyarakat agar bisa memahami masalah yang terjadi. Tujuannya tentu saja mendapatkan solusi yang tepat.

  • Ruang lingkup pekerjaan yang didapatkan lebih luas

Masalah pekerjaan lulusna teknik sipil memiliki ruang lingkup yang lebih luas. Banyaknya ilmu yang dikuasai mulai dari berhitung, menggambar, hingga membuat laporan membuatnya mudah diterima di berbagai bidang pekerjaan. Apalagi bidang insfrastruktur yang memang menjadi bidang keahliannya. Bahkan di sebuah perusahaan pun akan membutuhkan seseorang yang ahli di bidang pembangunan untuk memastikan bahwa kondisi bangunan sudah sesuai dengan keinginan.

  • Mempunyai ilmu wirausaha

Jika sulit untuk mendapatkan pekerjaan maka jurusan teknik sipil juga sudah dibekali dengan kiat membuka usaha sendiri atau wirausaha. Sudah banyak lulusan teknik sipil yang berhadil dalam membuat usaha sendiri. Pembelajaran problem solving hingga menemukan solusinya menjadi jaminan bisa mengembangkan usaha sendiri.

  • Memiliki peluang masuk ke pemerintahan

Peluang masuk ke lingkungan pemerintahan juga besar mengingat ada beberapa tempat di pemerintahan yang membutuhkan lulusan teknik sipil contohnya pada BUMN atau pada dinas pengerjaan umum (PU). Tentunya menjadi bagian pemerintahan juga bisa menjadi jaminan masa depan yang lebih baik.

Kekurangan Jurusan Teknik Sipil

Kekurangan jurusan teknik sipil berada pda diri orang itu sendiri. Ketika sudah lulus dari jurusan ini, maka bisa dnegan cepat mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Jadi kekurangan dari jurusan ini lebih banyak ditemukan ketika sedang menempuh akademiknya. Berikut ini beberapa kekurangan yang seirng dijumpai di jurusan teknik sipil.

  • Tugas menumpuk

Memang di setiap jurusan pasti memiliki beban tugas masing-masing akan tetapi salah satu jurusan yang paling berat dalam memberikan tugas adalah jurusan teknik sipil. Banyaknya aspek yang harus dikuasai justru menjadi tolak ukur banyaknya tugas yang akan diberikan nantinya. Apalagi tugas yang diberikan tidak jauh-jauh dari hitungan dan gambar yang tentunya membutuhkan ketelitian yang tinggi.

  • Banyak aspek yang diperhitungkan

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya memang teknik sipil memiliki kelebihan bisa memandang masalah dari berbagai sudut pandang akan tetapi banyaknya sudut pandang inilah yang membuatnya terasa berat. Oleh karena itulah pembelajaran yang ada didalamnya begitu kompleks. Mulai dari hitungan, menggambar, hingga mencermati masalah menjadi menu sehari-hari.

  • Gaji yang tidak pasti

Berikutnya adalah masalah gaji yang memang tidak bisa dipastikan karena teknik sipil memiliki beberapa jenis pekerjaan dalam ruang lingkupnya. Oleh karena itulah masalah ini kembali pada bidang yang dikuasai masing-masing. Smeakin banyak bidang yang dikuasai tentunya semakin banyak pula yang bisa digunakan sebagai jaminan gaji.

Sumber foto: its.ac.id

Leave a Comment