Mengenal Jurusan Administrasi Publik

Jurusan Administrasi Publik seringkali disebut juga dengan Jurusan Administrasi Negara. Jurusan ini banyak diminati, terutama pelajar yang berasal dari bidang IPS. Berbicara mengenai Administrasi Publik, tentu tidak bisa terlepas dari birokrasi. Yang mana juga di jurusan ini nantinya akan mempelajari tentang urusan administrasi di suatu organisasi publik.

Jika kamu berniat masuk di Jurusan Administrasi Publik, perdalam wawasanmu dengan artikel ini supaya lebih yakin, ya!

Apa itu Jurusan Administrasi Publik?

Kuliah di Jurusan Administrasi Publik
Sumber: old.isb.edu.vn

Di Jurusan Administrasi Publik ini kamu akan mempelajari seluk beluk pemerintahan, kebijakan publik, serta masyarakat. Selain itu, di jurusan ini juga mempelajari tentang bagaimana memberikan layanan yang baik bagi masyarakat. Sistem pemerintahan, pembuatan kebijakan dan pengiplementasiannya hingga evaluasi, serta pelayanan masyarakat, menjadi fokus pada jurusan ini.

Sebenarnya, administrasi publik adalah nama lain dari administrasi negara. Berdasarkan peraturan dari Kementerian Pendidikan menyatakan bahwa Jurusan Administrasi Negara harus berganti nama menjadi Jurusan Administrasi Publik.

Mata Kuliah dan Konsentrasi Jurusan Administrasi Publik

Mata Kuliah Administrasi Publik
Sumber: lse.ac.uk

Ada banyak sekali mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Administrasi Publik. Diantaranya adalah Pengantar Ilmu Administrasi Publik, Administrasi Pembangunan, Kebijakan Publik, Filsafat, Sistem Hukum, mata kuliah tentang Organisasi, Sumber Daya Manusia, Manajemen Sumber Daya Aparatur, Manajemen Keuangan Publik, Kependudukan, Ekologi, hingga tentang Kependudukan.

Di Jurusan Administrasi Publik, nantinya kamu akan memilih konsentrasi peminatan ketika semester 6. Secara umum, konsentrasi peminatan di Jurusan Administrasi Publik diantaranya Konsentrasi Pemerintahan Daerah, Konsentrasi Kebijakan Publik, Konsentrasi Ilmu Administrasi, serta Konsentrasi Administrasi.

Karakter yang Tepat untuk Masuk di Jurusan Administrasi Publik

Karakter Administrasi Publik
Sumber: uni-konstanz.de

Untuk masuk di Jurusan Administrasi Publik, tentu kamu harus memiliki karakter sosial yang tinggi. Karena di dunia kerja nantinya, kamu akan menjadi pelayan masyarakat serta pelaku birokrasi. Selain itu, untuk kamu yang berminat bekerja di pemerintahan, baik tingkat daerah hingga negara, Jurusan Administrasi Publik sangat tepat untuk kamu.

Baca juga: Mengenal Jurusan Manajemen

Karakter lain yang dibutuhkan untuk dapat masuk di Jurusan Administrasi Publik yaitu teliti, tekun, kritis, detail, terstruktur, senang menganalisis, senang memecahkan masalah, keterampilan interpersonal, rasional, serta independen.

Lama Perkuliahan Jurusan Administrasi Publik

Lama Perkuliahan Administrasi Publik
Sumber: clarku.edu

Biasanya, pendidikan di Jurusan Administrasi Publik dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 tahun saja. Setelah itu, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Administrasi Publik (S.A.P).

Perkuliahan di Jurusan Administrasi Publik pun tidak banyak melakukan praktik. Namun, beberapa universitas mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti kerja magang sebelum menyelesaikan skripsi.

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Publik

Administrator Publik
Sumber: clemson.edu

Prospek kerja bagi lulusan Jurusan Administrasi Publik sangat terbuka lebar. Instansi pemerintahan sangat membutuhkan lulusan Admininstrasi Publik. Apalagi jika kamu ingin menjadi PNS, banyak sekali lowongan bagi lulusan Jurusan Administrasi Publik.

Prospek kerja lain bagi Jurusan Administrasi Publik diantaranya asisten peneliti, staf atau anggota legislatif, anggota partai politik, aktivis LSM, jurnalis pemerintahan atau politik, konsultan pemerintahan, dan tentunya prospek kerja menjadi tenaga pendidik.

Administrasi berhubungan dengan birokrasi, yang mana menjadi momok bagi sebagian masyarakat karena terkesan berbelit – belit. Dengan menjadi Sarjana Administrasi Publik dan bekerja di bidang pemerintahan, bisa saja kamu membuat sistem birokrasi yang lebih baik sehingga dapat memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *