Mengenal Jurusan Fashion Design

Untuk menggeluti dunia fashion design tidak hanya dari pelajar SMK saja yang bisa. Atau pelajar dari sekolah khusus saja yang bisa. Kamu yang ingin melanjutkan ilmu fashion design di perguruan tinggi pun bisa. Meskipun terbilang baru, beberapa universitas di Indonesia telah menyediakan Jurusan Fashion Design.

Untuk kamu yang memiliki passion atau keinginan menggeluti dunia fashion design, kamu dapat memilih jurusan ini. Tapi sebelumnya, kamu dapat membaca artikel ini lebih lanjut untuk memahaminya.

Apa itu Jurusan Fashion Design?

Jurusan Fashion Design
Sumber: elle.com

Jurusan Fashion Design adalah jurusan yang memungkinkan kamu untuk mempelajari berbagai hal mengenai fashion. Mulai dari fashion kuno hingga fashion masa kini. Selain itu, di Jurusan Fashion Design nanti kamu juga mempelajari tentang fashion namun lebih mengarah pada produksi. Mulai dari mengenal material bahan, kain yang akan dibuat, dan lainnya. Jadi, lebih mengarah pada fashion yang akan diproduksi.

Jurusan Fashion Design tidak hanya diajarkan mengenai cara memproduksi suatu produk saja, tapi juga akan diajarkan bisnis. Karena nantinya, lulusan dari Jurusan Fashion Design diarahkan untuk bekerja sendiri sebagai wirausaha.

Seperti Apa Perkuliahan di Jurusan Fashion Design?

Kuliah di Jurusan Fashion Design
Sumber: baltimoredesignschool.com

Di Jurusan Fashion Design, kamu akan mempelajari teori serta praktik. Namun, akan lebih banyak praktik yang akan kamu lakukan. Jadi, kamu akan lebih banyak mempelajari tentang skill daripada hanya membaca teori saja.

Skill yang diasah di Jurusan Fashion Design ini nanti berupa skill artistik, komunikasi, komputer, kreativitas, membuat keputusan, serta memperhatikan detail. Nantinya, kamu akan dilatih membuat sketsa menggunakan program CAD, diajarkan untuk selalu tahu tentang perkembangan terbaru dunia fashion. Kamu pun diajarkan berkomunikasi dengan baik karena nantinya kamu akan lebih sering bekerja dengan tim.

Selain diajarkan membuat sketsa, kamu juga harus dapat mempertimbangkan segi fungsi dari suatu produk. Jadi baju yang kamu ciptakan tidak hanya indah, tapi juga fungsional.

Di beberapa universitas, mata kuliah yang dipelajari dibedakan dari tahun pertama serta tahun kedua. Dimana, tahun pertama kamu akan mempelajari mengenai konsep desain visual, seni dan fashion design, menggambar model untuk desain, studio desain, serta riset dan inspirasi fashion design.

Di tahun kedua dan selanjutnya, kamu akan mempelajari tentang sejarah fashion, photoshop, desain digital, portofolio, eksplorasi estetika, desain aksesoris, serta desain – desain yang diklasifikasikan. Diantaranya seperti desain pakaian anak, desain pakaian olahraga, desain pakaian pengantin, desain pakaian rajut, dan lainnya.

Karakter yang Cocok di Jurusan Fashion Design

Karakter Fashion Design
Sumber: fashionista.com

Untuk kamu yang tertarik masuk Jurusan Fashion Design tapi masih ragu, kamu dapat melihat pada diri kamu. Apakah kamu memiliki karakter yang sesuai dengan mahasiswa Jurusan Fashion Design?

Mahasiswa Jurusan Fashion Design dituntut untuk kreatif dan imajinatif, sabar dan mampu bertahan pada detail, mampu menggambar dan membuat desain, serta mampu menghadapi tekanan. Jika kamu memiliki karakter ini, kamu dapat dengan tenang masuk di Jurusan Fashion Design.

Prospek Kerja Jurusan Fashion Design

Prospek Kerja Fashion Designer
Sumber: careeraddict.com

Lulusan Jurusan Fashion Design diarahkan untuk dapat berwirausaha sendiri, memunculkan brand sendiri, serta produk sendiri. Namun, kamu pun dapat bekerja di provesi lain selain menjadi wirausaha. Kamu dapat menjadi fashion designer, fashion merchandising, fashion buying, fashion marketing, public relation, fashion production, fashion management, fashion journalist, fashion technology, serta bekerja pada media periklanan.

Baca juga: 5 Kampus Terbaik di Jawa

Jadi, sudah semakin yakin masuk di jurusan ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *