Mengenal Jurusan Pariwisata

Zaman sekarang ini, siapa yang tidak tertarik dengan travelling? Tentu sangat menyenangkan, bukan? Apalagi, di seluruh belahan negeri ini hingga mancanegara, memiliki tempat – tempat indah untuk dikunjungi. Sebenarnya, travelling atau pariwisata tidak hanya sebatas pada berwisata ke tempat – tempat tertentu saja. Kamu akan mendapatkan berbagai macam pelatihan dan materi ketika memilih Jurusan Pariwisata.

Untuk kamu yang tertarik dengan Jurusan Pariwisata, yuk simak artikel ini! Di sini akan dibahas seperti apa kuliah di Jurusan Pariwisata hingga prospek kerja bagi lulusan Jurusan Pariwisata.

Apa itu Jurusan Pariwisata?

Jurusan Pariwisata
Sumber: schiller.edu

Jurusan Pariwisata adalah jurusan yang mempelajari ilmu – ilmu tentang pariwisata. Tidak hanya sebatas itu, di Jurusan ini kamu juga akan mempelajari perhotelan, pelayaran, serta bagaimana cara melayani customer dengan baik. Selain teori, di Jurusan Pariwisata kamu juga akan belajar mengenai cara berpikir, cara bekerja, cara berperilaku, cara berbicara, hingga cara menjaga penampilan.

Mata Kuliah di Jurusan Pariwisata

Mata Kuliah Jurusan Pariwisata
Sumber: sccm.edu.au

Ketika masuk di Jurusan Pariwisata, kamu akan menjumpai beberapa mata kuliah pokok pariwisata. Diantaranya Ekonomi Pariwisata yang membahas tentang dampak pariwisata secara makro maupun mikro. Tourism Behavior yang mempelajari mengenai perilaku wisatawan. Tourism Law yang mempelajari mengenai hukum dan aturan – aturan objek wisata, restoran, hotel, serta usaha di bidang pariwisata lainnya. Studi Wilayah atau Perencanaan Destinasi, yang mempelajari tentang zona pengembangan kawasan wisata.

Baca juga: Mengenal Jurusan Komunikasi

Ada juga Manajemen Objek Wisata yang membahas mengenai manajemen dalam suatu objek wisata. Ekowisata yang membahas mengenai lingkungan, kehutanan, serta hubungan pariwisata dengan alam. Tourism Philosopy yang mempelajar mengenai filosofi manusia dalam melakukan perjalanan wisata. Ada juga mata kuliah Geografi Wisata yang mempelajari pemetaan potensi wisata. Pariwisata Budaya yang mempelajari tentang pengembangan pariwisata berdasarkan kearifan budaya lokal.

Selain mata kuliah yang berhubungan dengan pariwisata, kamu juga akan mempelajari tentang Statistik Pariwisata, dimana mempelajari tentang perhitungan jumlah kunjungan wisatawan di suatu tempat, prediksi demografi, hingga psikografinya. Dan tak kalah pentingnya, nantinya pun kamu akan mempelajari tentang Bahasa Asing, seperti Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, Arab, serta Perancis, atau bahasa lainnya. Karena nantinya, kamu tidak hanya menangani pariwisata di dalam negeri saja, tapi juga di luar negeri.

Karakter yang Sesuai dengan Jurusan Pariwisata

Karakter yang Cocok di Jurusan Pariwisata
Sumber: shms.com

Biasanya, pelajar yang memilih Jurusan Pariwisata menyukai dunia travelling. Selain itu, kamu yang ingin masuk di Jurusan Pariwisata juga harus memiliki karakter, diantaranya senang melakukan riset, terutama riset mengenai budaya pada destinasi wisata yang dituju. Ditambah lagi, kamu juga harus memiliki keterampilan komunikasi, serta harus dapat bekerja secara tim.

Prospek Kerja Jurusan Pariwisata

Prospek Kerja Jurusan Pariwisata
Sumber: dit.ie

Bagi lulusan Jurusan Pariwisata, prospek kerja sangat terbuka lebar. Kamu dapat bekerja di biro perjalanan sebagai tour guide, dapat bekerja di kapal pesiar, hingga bekerja di Dinas Pariwisata. Kamu pun dapat menjadi wirausaha di bidang pariwisata, karena di perkuliahan kamu akan mendapatkan mata kuliah mengenai manajemen pariwisata.

Selain itu, kamu pun dapat bekerja di hotel. Dan prospek kerja Jurusan Pariwisata tidak hanya sebatas bekerja di luar negeri saja, melainkan terbuka lebar juga di luar negeri.

Tidak selamanya kuliah harus di bidang eksak. Jika kamu suka terhadap tantangan dan hal baru, Jurusan Pariwisata dapat kamu pilih sebagai jurusan kuliahmu nanti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *