Mengenal Fakultas Pertanian

Seperti yang telah kita ketahui, Indonesia selain negara kepulauan adalah negara agraris. Dengan area persawahan yang begitu luas. Luasnya wilayah agraris Indonesia harus diimbangi dengan tenaga – tenaga ahli yang bergerak di bidang pertanian juga. Untuk itulah di perguruan tinggi, terdapat Fakultas Pertanian yang siap menciptakan tenaga – tenaga ahli pertanian.

Di Fakultas Pertanian sendiri, terdapat berbagai Jurusan Pertanian yang dapat kamu pilih. Jika kamu berminat kuliah di Fakultas Pertanian, artikel ini tepat untuk kamu menambah informasi.

Apa itu Ilmu Pertanian?

Fakultas Pertanian
Sumber: alltech.com

Ilmu pertanian dikatakan sebagai ilmu yang paling tua di dunia. Hal ini dikarenakan pertanian merupakan bidang yang sangat berkaitan dengan kehidupan manusia. Pertanian dapat dibedakan menjadi beberapa bidang, yaitu pertanian itu sendiri, perikanan, kehutanan, serta peternakan.

Ilmu pertanian yaitu ilmu yang mempelajari mengenai cara membudidayakan tanaman pangan, sayuran, serta buah untuk kehidupan manusia. Di sini, kamu tidak hanya mempelajari mengenai cara membudidayakan tanaman dan hewan, tapi juga mempelajari tentang bagaimana cara mengelola dan mengolah hasil dari budidaya tersebut, serta penerapannya dalam teknologi.

Baca juga: Mengenal Jurusan Agribisnis

Lebih lanjut lagi, jika kamu memilih Fakultas Pertanian ketika kuliah, kamu pun akan belajar tentang bisnis. Tentunya bisnis yang berhubungan dengan hasil budidaya pertanian. Ilmu yang kamu dapatkan pun tentu sudah matang, karena kamu akan mempelajari mengenai pertanian dari hulu hingga hilir.

Jurusan di Fakultas Pertanian

Mahasiswa Fakultas Pertanian
Sumber: m.tribuneindia.com

Fakultas Pertanian memiliki berbagai jurusan yang dapat kamu pilih sesuai dengan fokus pembelajaran yang tepat dan kamu sukai. Diantaranya terdapat Agronomi, Pemuliaan Tanaman, Sosial Ekonomi Pertanian / Agribisnis, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Mikrobiologi Pertanian, Ilmu Tanah, Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan, Budidaya Perikanan, Manajemen Sumberdaya Perikanan, serta Teknologi Hasil Perikanan.

Namun, tidak semua jurusan ini terdapat dalam satu naungan Fakultas Pertanian. Jika kamu ingin memilih salah satu jurusan, kamu pun harus mencari universitas yang menyediakan jurusan yang kamu inginkan di Fakultas Pertanian.

Karakter yang Cocok untuk Masuk di Fakultas Pertanian

Karakter Mahasiswa Pertanian
Sumber: purdue.edu

Tentunya mahasiswa yang cocok untuk Fakultas Pertanian adalah mereka yang menyukai kegiatan bercocok tanam. Ilmu biologi juga diperlukan di Fakultas Pertanian. Selain itu, jika kamu senang dengan kegiatan alam terbuka, juga menjadi salah satu penguat untuk dapat masuk di Fakultas Pertanian.

Tenang, tidak selamanya kamu akan belajar atau bekerja di ladang, sawah, atau kebun. Kamu pun akan merasakan belajar di laboratorium. Kamu pun diberi kebebasan untuk berinovasi terhadap teknologi dan ilmu – ilmu terbaru yang berkaitan dengan pertanian.

Prospek Kerja lulusan Fakultas Pertanian

Prospek Kerja Pertanian
Sumber: aginnovators.org.au

Sang luas prospek kerja lulusan Fakultas Pertanian. Salah satunya kamu dapat menjadi wirausaha di bidang pertanian. Jangan minder dulu, karena kini sudah banyak wirausaha yang bergerak di bidang pertanian, dan sukses dengan bisnis yang mereka jalankan. Merka mengaplikasikan ilmu pertanian yang mereka miliki serta ilmu bisnis yang juga dipelajari dalam Fakultas Pertanian.

Lebih luas lagi, kamu juga memiliki kesempatan untuk bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, dapat menjadi pegawai negeri sipil di instansi pemerintah bidang pertanian, hingga bekerja di BUMN. Fakultas Pertanian pun begitu populer di luar negeri. Kamu juga dapat melanjutkan studi ilmu pertanian di luar negeri dan menjadi tenaga pendidik setelah lulus.

Tidak sebatas bercocok tanam, lulusan Fakultas Pertanian sangat menarik untuk didalami. Sudah siap untuk bergabung?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *