Mengenal Jurusan Perpustakaan

Jika mendengar Jurusan Perpustakaan, mungkin tidak banyak yang tertarik masuk ke jurusan ini. Alasannya bermacam – macam, ada yang berdalih tidak suka membaca buku, ada juga yang merasa tidak cocok dengan tempat yang sepi, berdalih bahwa sekarang sudah zaman digitalisasi sehingga buku cetak dapat diakses melalui internet, dan alasan lainnya. Padahal, baik sudah terdigitalisasi atau belum, perpustakaan tetap harus ada dan eksis.

Lalu, seperti apa perkuliahan yang ada di Jurusan Perpusatkaan? Bagaimana prospek kerja bagi lulusan Jurusan Perpustakaan? Untuk kamu yang masih penasaran dengan jurusan ini, yuk simak artikel ini sampai selesai, ya!

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Perpustakaan

Mengenal Jurusan Perpustakaan
Sumber: webcomicms.net

Di Jurusan Perpustakaan, banyak bidang yang akan kamu pelajari. Tidak hanya berkutat pada kegiatan arsip, tapi juga bidang informasi teknologi, manajemen, serta pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan, serta menyimpan data. Mahasiswa Jurusan Perpustakaan juga akan mempelajari bagaimana memecahkan permasalahan ilmiah di bidang ilmu perpustakaan dan informasi. Selain itu, nantinya kamu juga akan belajar mengelola informasi, baik dalam bentuk digital maupun cetak.

Tujuan dari adanya Jurusan Perpustakaan adalah untuk menciptakan lulusan pustakawan peneliti yang terampil serta memiliki daya saing dalam manajemen perpustakaan dan informasi. Lebih lanjut lagi, tujuannya untuk memiliki kompetensi khusus dalam mengelola sumber – sumber primer ilmu pengetahuan.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Perpustakaan?

Yang Dipelajari di Jurusan Perpustakaan
Sumber: ischool.illinois.edu

Pada umumnya, Jurusan Perpustakaan mempelajari cara mengolah, mengelola, serta mengkomunikasikan atau mendiseminasikan informasi. Tidak hanya persoalan teknis saja, tapi juga aspek manajerial perpustakaan dan arsip.

Selain teori, mahasiswa Jurusan Perpustakaan secara umum juga menjalani praktik. Praktik ini berhubungan dengan hal – hal teknis yang berkaitan dengan tata kelola informasi, membuat metadata buku untuk perpustakaan, kearsipan, cara merekam informasi, administrasi, hingga manajemen aset digital.

Di Jurusan Perpustakaan ini juga memiliki mata kuliah organisasi informasi. Yang mana mempelajari tentang asal usul suatu informasi, identifikasi kata kunci, hingga berapa kali informasi tersebut dikutip. Dalam mata kuliah bidang manajerial, mahasiswa Jurusan Perpustakaan juga akan berkenalan dengan berbagai jenis lembaga informasi. Seperti pusat dokumentasi, lembaga arsip, bahkan museum.

Baca juga: Mengenal Jurusan Manajemen

Selain itu, mahasiswa Jurusan Perpustakaan juga dibekali dengan mata kuliah mengenai dasar – dasar teknologi dan sistem informasi. Yang mana mencakup dalam merancang pangkalan data perpustakaan dan arsip, komputerisasi, serta pengembangan website dan jaringan perpustakaan.

Prospek Kerja Jurusan Perpustakaan

Prospek Kerja Jurusan Perpustakaan
Sumber: webcomicms.net

Jurusan Perpustakaan memang kurang diminati, padahal prospek kerja yang tersedia bagi Jurusan Perpustakaan begitu luas. Ini bisa menjadi peluang untuk kamu yang ingin berkuliah di Jurusan Perpustakaan.

Lulusan Jurusan Perpustakaan dapat bekerja sebagai information specialist, arsiparis, menjadi pegawai negeri sipil maupun non pegawai negeri sipil di instansi pemerintah, administrasi, pustakawan, staf administrasi, dinas pendidikan, pegawai BUMN, pegawai BUMD, sekretaris, dan tentunya menjadi tenaga pendidik.

Universitas yang Menyediakan Jurusan Perpustakaan

Jurusan Perpustakaan UNDIP
Sumber: semafib.wordpress.com

Di Indonesia, Jurusan Perpustakaan sudah ada sejak lama. Banyak universitas di Indonesia yang telah memiliki Jurusan Perpustakaan, bahkan sudah ada yang berpredikat A. Dan biasanya, Jurusan Perpustakaan bernaung di bawah Fakultas Ilmu Budaya.

Diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Islam Syarif Hidayatullah, Universitas Padjadjaran, Universitas Sumatera Utara, Universitas Brawijaya, Universitas Yarsi Jakarta, serta Universitas Islam Sunan Kalijaga.

Tidak perlu minder atau takut masuk di Jurusan Perpustakaan. Meskipun sepi peminat, jika kamu memiliki passion di sana, pasti kesuksesan akan menantimu di kemudian hari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *