5 Jurusan Keperawatan Terbaik di Indonesia

Tenaga medis menjadi profesi yang selalu dibutuhkan. Setiap tahunnya permintaan akan tenaga medis selalu meningkat. Terlebih lagi profesi sebagai perawat. Banyak yang bilang, menjadi perawat merupakan salah satu pekerjaan mulia selain guru. Ya, menjadi perawat merupakan salah satu cara kamu untuk dapat membantu banyak orang. Menjadi seorang perawat bukanlah profesi yang mudah, ada banyak hal yang juga mereka korbankan, misalnya waktu bersama keluarga.

Perlu kalian ketahui bahwa profesi perawat tidak selalu bekerja di rumah sakit saja. Kamu bisa bekerja di instansi-instansi yang bergerak dibidang sosial masyarakat. Bahkan, kamu juga bisa menjadi perawat untuk kegiatan kemanusiaan di luar negeri.

Buat kamu yang tertarik dengan profesi perawat, kamu perlu mengetahui kampus-kampus mana yang memiliki Jurusan Keperawatan terbaik di Indonesia. Berikut ini daftar nama kampus-kampus tersebut. Simak penjelasan di bawah ini ya.

1.Universitas Indonesia.

keperawatan UI
Sumber: pingpoint.co.id

Fakultas Ilmu Keperawatan UI merupakan pusat pembina pendidikan tinggi keperawatan Indonesia. Menariknya, Fakultas Ilmu Keperawatan UI merupakan fakultas keperawatan tertua dan terbesar di Indonesia. Jurusan Keperawatan di UI ini sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Perihal daya tampung, jurusan ini menerima sebanyak 36 orang untuk jalur SNMPTN dan 48 orang untuk jalur SBMPTN. Gelar sebagai Jurusan Keperawatan terbaik di Indonesia ternyata memang terbukti. Hal itu dapat dibuktikan dengan beragam penghargaan yang pernah diraih oleh mahasiswa Jurusan Keperawatan. Misalnya, pernah hampir menyabet semua kategori perlombaan di Insympofest (International Nursing Student Symposium and Festival) pada 2016.

2. Universitas Gadjah Mada

keperawatan UGM
Sumber: bimbelptn.com

Menjadi salah satu kampus favorit di Indonesia, Universitas Gadjah Mada selalu meningkatkan kualitas jurusannya. Salah satu jurusan UGM yang juga sudah mendapatkan akreditasi A, yaitu Jurusan Keperawatan. Jurusan Keperawatan di UGM ini berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran-Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan. Daya tampung untuk Jurusan Keperawatan di UGM ini menerima sebanyak 25 orang untuk jalur SNMPTN dan 45 orang untuk jalur SBMPTN.

Baca juga: Mengenal Jurusan Keperawatan

3. Universitas Padjadjaran

keperawatan UNPAD
Sumber: personalityfathur

Jurusan Keperawatan di Universitas Padjadjaran ini berada di bawah naungan Fakultas Keperawatan (FKEP). Di Universitas Padjadjaran ini Jurusan Keperawatan membuka dua program pendidikan, yaitu akademik dan profesi. Jurusan Keperawatan di Unpad ini juga sudah mendapatkan akreditasi A. Setelah UI, Jurusan Keperawatan di Unpad ini menduduki posisi kedua sebagai jurusan keperawatan tertua di Indonesia. Daya tampung di Jurusan Keperawatan ini menerima sekitar 110 mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

4. Universitas Diponegoro

keperawatan UNDIP
Sumber: quipper.com

Universitas Diponegoro sebagai kampus terbaik di Indonesia, tentunya memiliki jurusan-jurusan terbaik, salah satunya Jurusan Keperawatan. Undip sudah mendapatkan akreditasi A untuk Jurusan Keperawatan. Jurusan Keperawatan di Universitas Diponegoro berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran. Daya tampung untuk Jurusan Keperawatan, Undip menerima sekitar 80 orang. Jurusan Keperawatan Undip juga tidak kalah keren loh! Mahasiswa Jurusan Keperawatan Undip pernah meraih juara 2 untuk kategori English Debate dalam ajang Ners Vaganza ILMIKI pada tahun 2017.

5. Universitas Hasanuddin

keperawatan UNHAS
Sumber: republika.co.id

Tidak hanya kampus yang berada di Pulau Jawa saja, di Pulau Sulawesi juga ada kampus dengan Jurusan Keperawatan terbaik di Indonesia. Yap, kampus tersebut adalah Universitas Hasanuddin. Hebatnya, walau Jurusan Keperawatan Unhas baru dibuka pada 2017, dalam waktu 3 tahun sudah bisa mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Selain itu, Jurusan Keperawatan juga sering mengikuti ataupun mengadakan konfrensi, salah satunya International Nursing Health Sciences Students and Health Care Professionala Conference (INHSP) pada 2019. Daya tampung untuk jurusan ini menerima sekitar 100 orang lebih. Lalu, daya tampung mahasiswa untuk jurusan ini sekitar 100 orang.d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *