Home Saintek Mengenal Jurusan Teknik Geologi

Mengenal Jurusan Teknik Geologi

Mempelajari tempat yang kita tinggali, yaitu bumi, memang menyenangkan. Kita jadi semakin paham tentang bumi dan batuan. Serta tentunya, kita juga dapat merawat bumi yang semakin tua ini.

Untuk kamu yang tertarik masuk di Jurusan Teknik Geologi, artikel ini akan membawamu pada penjelasan mendalam mengenai Teknik Geologi. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Seperti Apa Perkuliahan di Teknik Geologi?

Kuliah di Teknik Geologi
Sumber: now.uiowa.edu

Jurusan Teknik Geologi mempelajari ilmu geologi, yang mana berhubungan dengan pengembangan pengetahuan yang berkaitan dengan kebumian, yang mencakup muka bumi, material penyusun bumi, jenis batuan, sifat – sifat kimia dan fisika, proses pembentukan, bentuk batuan, hingga sejarah bumi.

Geologi terapan juga dipelajari di Jurusan Teknik Geologi ini, yang mencakup Geologi Minyak dan Gas Bumi, Geologi Teknik, Geologi Tata Lingkungan, Hidro Geologi, Geologi Tambang, dan lainnya.

Mata Kuliah di Jurusan Teknik Geologi

Mata Kuliah di Jurusan Teknik Geologi
Sumber: geology.ufl.edu

Jurusan Teknik Geologi mempelajari batuan dan semua yang terkait di dalamnya. Cakupannya mengenai jenis batuan serta proses terjadinya, mineral yang terkandung di dalam kerak bumi, serta mencakup juga mengenai ilmu tentang gempa bumi. Mata kuliah yang akan kamu terima ketika masuk di Jurusan Teknik Geologi adalah Geologi Dasar, Geomorfologi, Kristalografi, Mineralogi, Paleontologi, Petrologi, Sedimentologi, Geokimia, Vulkanologi, serta Hidrogeologi.

Baca juga: Jurusan Pertanian Terbaik

Cakupan ilmu geologi tidak hanya sebatas bumi dan isinya saja, mahasiswa juga diharapkan menguasai bidang sains, seperti matematika, biologi, serta fisika. Selain itu, di Jurusan Teknik Geologi ini kamu juga akan dibekali mengenai statistika, kekuatan bahan, konstruksi, pertambangan, perminyakan, cara menganalisis, hingga software – software khusus terkait ilmu geologi.

Karakter yang Cocok untuk Jurusan Teknik Geologi

Karakter Jurusan Teknik Geologi
Sumber: semesteratsea.org

Jurusan Teknik Geologi tentunya ditujukan bagi kamu yang menyukai ilmu tentang bumi serta bahan pembentuknya. Kamu harus memiliki pemahaman yang baik di bidang sains. Ketelitian dan ketekunan juga menjadi hal yang penting kamu tanamkan dalam diri jika ingin masuk di Jurusan Teknik Geologi. Karena nantinya, kamu akan dihadapkan pada perhitungan matematika mengenai mineral yang terkandung di dalam bumi dan lainnya.

Karena berhubungan dengan ilmu bumi, mahasiswa Jurusan Teknik Geologi nantinya akan sering turun ke lapangan. Oleh karena itu, fisik juga harus kuat. Sehingga dapat melakukan kerja lapangan dengan baik.

Prospek Kerja di Jurusan Teknik Geologi

Prospek Kerja Geologi
Sumber: sarvgyan.com

Jurusan Teknik Geologi menjadi primadona karena prospek kerja luas yang ditawarkan. Apalagi, Jurusan Teknik Geologi banyak yang bekerja di bidang pertambangan dan gaji yang diterima sangat menggiurkan.

Lulusan Jurusan Teknik Geologi memiliki prospek kerja yang luas untuk bekerja di perusahaan minyak, perusahaan pertambangan, kontraktor, bekerja di LIPI sebagai peneliti, bekerja di sektor pengembang pemukiman, bekerja di Kementerian Lingkungan Hidup, bekerja di BPPT, dan bekerja di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Tentunya terbuka kesempatan untuk kamu yang ingin menjadi tenaga pendidik di bidang Teknik Geologi.

Bahkan, lulusan Jurusan Teknik Geologi memiliki kesempatan besar bekerja di sektor pertambangan di luar negeri, terutama Timur Tengah. Karena tenaga di bidang tersebut masih sedikit.

Baca juga: Jurusan Peternakan Terbaik

Universitas dengan Jurusan Teknik Geologi Akreditasi A

Teknik Geologi Unpad
Sumber: ftgeologi.unpad.ac.id

Di Indonesia, beberapa universitas telah menyandang akreditasi A untuk Jurusan Teknik Geologi. Diantaranya adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, dan UPN Veteran Yogyakarta.

Jadi, tertarik untuk mempelajari bumi dan seluruh isinya? Jangan ragu untuk masuk di Jurusan Teknik Geologi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Mengenal Jurusan Teknik Geologi

Mempelajari tempat yang kita tinggali, yaitu bumi, memang menyenangkan. Kita jadi semakin paham tentang bumi dan batuan. Serta tentunya, kita juga dapat merawat bumi...

5 Jurusan Hubungan Masyarakat Terbaik di Indonesia

Berinteraksi dengan masyarakat luas memang suatu hal yang menyenangkan. Saling berbaur dengan masyarakat luas dapat menambah wawasan bagi seseorang. Berbicara mengenai interaksi dengan masyarakat,...

Mengenal Jurusan Sastra Korea

Sejak demam Korea masuk ke Indonesia, Jurusan Sastra Korea pun ikut terkena imbasnya. Pasalnya, jurusan ini semakin meningkat peminatnya, bahkan berada di jajaran jurusan...

5 Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia

Selain kaya akan keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan faunanya. Sebagai negara yang berada di antara dua benua, membuat Indonesia memiliki ragam jenis hewan...