Home Saintek 5 Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia

5 Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia

Selain kaya akan keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan faunanya. Sebagai negara yang berada di antara dua benua, membuat Indonesia memiliki ragam jenis hewan mulai dari berbagai jenis burung, reptil, hewan laut, dan mamalia. Sejak dulu, masyarakat Indonesia selain dikenal sebagai seorang petani, juga dikenal sebagai peternak.

Ada banyak jenis hewan ternaik di Indonesia mulai dari ayam, bebek, itik, kambing, domba, sapi, hingga kerbau. Namun, sayangnya sistem peternakan di Indonesia masih banyak yang dikelola secara tradisional dan masih banyak yang belum memenuhi standar suatu peternakan. Berbeda dengan peternakan yang ada di luar negeri yang sudah mulai banyak dikelola dengan teknologi canggih dan pengelolaannya yang lebih rapi dan bersih.

Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda Indonesia harus bisa memberikan terobosan baru bagi para peternak Indonesia. Sehingga para peternak di Indonesia dapat menghasilkan hewan-hewan ternak yang sehat dan berkualitas baik. Salah satu cara agar dapat memahami bagaimana sistem peternakan yang baik, yaitu dengan kuliah di Jurusan Peternakan. Di Indonesia sudah ada beberapa kampus yang membuka Jurusan Peternakan. Berikut deretan nama-nama kampus dengan Jurusan Peternakan terbaik di Indonesia:

Universitas Padjadjaran

peternakan UNPAD
Sumber: mamikos.com

Fakultas Peternakan Unpad sudah didirkan sejak tahun 1963. Bagi kalian yang memilih Jurusan Peternakan di Universitas Padjadjaran, kalian akan mendapatkan mata kuliah peminatan di antaranya ada Produksi Ternak, Nutrisi Ternak, Teknologi Hasil Ternak, dan Sosial Ekonomi Peternakan.  Universitas Padjadjaran juga telah mendapatkan akreditasi A untuk Jurusan Peternakan. Daya tampung untuk Jurusan Peternakan diterima sekitar 300 mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Universitas Jenderal Soedirman

peternakan UNSOED
Sumber: matamatanews.com

Jurusan Peternakan Unsoed berada di bawah naungan Fakultas Peternakan yang telah berdiri sejak 1966. Jurusan ini juga sudah mengantongi akreditasi A oleh BAN-PT. Universitas Jenderal Soedirman juga memberikan fasilitas yang cukup lengkap untuk para mahasiswa Jurusan Peternakan. Fasilitas yang diberikan untuk jurusan ini, yaitu ada Lab. Produksi Ternak Perah, Lab. Fisiologi dan Reproduksi Ternak Terapan, serta masih banyak lagi tentunya. Di sini kamu akan mendapatkan mata kuliah seperti Ilmu ternak Unggas, Manajemen Ternak Potong, Potensi Bahan Pakan Lokal, dan lain-lainnya. Jika kamu memilih Jurusan Peternakan Unsoed, kampus ini akan menerima sekitar 150 mahasiswa setiap tahunnya.

Universitas Diponegoro

peternakan UNDIP
Sumber: mojok.co

Universitas Diponegoro juga memiliki Jurusan Peternakan yang berada di bawah kepengurusan Fakultas Peternakan dan Pertanian. Jurusan Peternakan Undip juga sudah mengantongi akreditasi A. Daya tampung Jurusan Peternakan Undip menerima sebanyak 125 mahasiswa dari 1000 orang yang mendaftar jalur SBMPTN. Lalu, menerima 50 mahasiswa untuk jalur SNMPTN. Di jurusan ini kamu juga akan mendapatkan mata kuliah seperti Biokomia Nutrisi, Ilmu Reproduksi Ternak, hingga Perancangan Penelitian Peternakan.

Baca juga: Mengenal Jurusan Kedokteran Hewan

Universitas Hasanuddin

peternakan UNHAS
Sumber: republika.co.id

Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin sebenarnya sudah ada sejak tahun 1964, namun saat itu masih bernama Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan. Lalu, pada tahun 1982 Fakultas Peternakan resmi berdiri sendiri. Di Jurusan Peternakan Unhas kamu akan mempelajari tentang Sosiologi Peternakan, Mikrobiologi Hewan, Ilmu Lingkungan Ternak, Ilmu Kesehatan Ternak, dan masih banyak lagi tentunya. Daya tampung untuk jurusan ini, Unhas menerima sekitar 200 mahasiswa setiap tahunnya. Selain itu, Jurusan Peternakan Unhas juga sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Universitas Sebelas Maret

UNS
Sumber: quipper.com

Jurusan Fakultas Peternakan UNS sudah ada sejak tahun 1998.  Berbeda dengan kampus lainnya, Jurusan Peternakan di UNS ini berada di bawah kepengurusan Fakultas Pertanian. Jika kamu tertarik untuk kuliah di Jurusan Peternakan UNS, ada tiga mata kuliah peminatan yang bisa kamu pilih, di antaranya ada Nutrisi Pakan Ternak, Produksi Ternak, dan Sosial Ekonomi Peternakan. UNS juga telah mengantongi akreditasi A untuk Jurusan Peternakan. Daya tampung jurusan ini menerima sekitar 100 mahasiswa.

Baca juga: Mengenal Jurusan Peternakan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

5 Jurusan Hubungan Masyarakat Terbaik di Indonesia

Berinteraksi dengan masyarakat luas memang suatu hal yang menyenangkan. Saling berbaur dengan masyarakat luas dapat menambah wawasan bagi seseorang. Berbicara mengenai interaksi dengan masyarakat,...

Mengenal Jurusan Sastra Korea

Sejak demam Korea masuk ke Indonesia, Jurusan Sastra Korea pun ikut terkena imbasnya. Pasalnya, jurusan ini semakin meningkat peminatnya, bahkan berada di jajaran jurusan...

5 Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia

Selain kaya akan keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan faunanya. Sebagai negara yang berada di antara dua benua, membuat Indonesia memiliki ragam jenis hewan...

5 Jurusan Pertanian Terbaik di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan alamnya. Terutama persawahan di Indonesia terbentang luas di berbagai daerah. Berbagai macam jenis tanaman mulai dari sayur-mayur, buah-buahan,...