administrasi perkantoran
Sumber: StartupStockPhotos dari Pixabay

Mitos dan Fakta Jurusan Administrasi Perkantoran

Posted on

Menguak mitos dan fakta jurusan administrasi perkantoran ini tentu harus kamu ketahui. Terutama untuk yang ingin masuk dan kuliah di salah satu jurusan yang ada di fakultas ekonomi tersebut.  Ada beberapa fakta dan mitos menarik, seperti :

administrasi perkantoran
Sumber: StartupStockPhotos dari Pixabay

Seorang administrasi kantor harus orang yang teliti

Berdasarkan mitos dan fakta jurusan administrasi yang beredar di masyarakat seseorang yang masuk dan kuliah di jurusan administrasi kantor harus orang yang telaten dan juga cekatan.

Sebenarnya mitos yang satu ini tidak benar-benar salah. Pada dasarnya sispa saja dapat masuk dan kuliah di jurusan yang satu ini. Namun memang benar, bahwa pekerjaan seorang administrasi kantor membutuhkan ketelitian, kerapihan, dalam menjalankan pekerjaan tersebut, agar berbagai pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

Jurusan administrasi kantor hanya untuk wanita

Berdasarkan mitos yang beredar jurusan yang satu ini hanya untuk wanita. Karena pekerjaan ini membutuhkan tingkat ketelatenan, ketelitian yang tinggi, serta rapi, dan itu hanya dimilii oleh seorang wanita.

Faktanya tidak selalu seperti itu, siapa saja dapat masuk dan kuliah di jurusan tersebut, baik wanita maupun pria. Walaupun memang jurusan ini banyak didominasi oleh wanita, dan lowongan kerjanya pun banyak dibutuhkan untuk seorang wanita.

Baca juga: Mengenal Jurusan Ekonomi

Seorang administrasi kantor tidak boleh ancient style

Berdasarkan mitos yang beredar, seorang yang kuliah di jurusan administarsi perkantoran tidak boleh anchient style. Alasannya seseorang yang bekerja di bidang ini harus selalu tampil menarik.

Faktanya, seseorang yang bekerja harus selalu fashionable, tidak harus selalu yang kuliah di jurusan Administrasi. Penampilan untuk seseorang yang kuliah di jurusan ini memang dituntut baik, dan juga rapi, karena seseorang yang kuliah di jurusan ini akan banyak berhadapan dengan orang, dan ini akan berhubungan dengan penampilan fisik dan penampilan pakaian.

Seseorang yang kuliah di jurusan ini harus cantik / tampan

Berdasarkan fakta yang beredar, seseorang yang kuliah di jurusan ini harus cantik atau juga tampan. Alasannya karena seseorang yang kuliah di jurusan ini akan sering bertemu dengan orang, dan agar orang nyaman melihatnya.

Faktanya, siapa saja dapat kuliah di jurusan yang satu ini. Tidak perlu cantik, namun kamu harus tampil menarik. Yang dimaksud menarik disini adalah harus tampil rapi. Untuk wanita, sebaiknya menggunakan make up yang tepat, termasuk make up minimalis. Menggunakan parfum untuk wanita dan juga pria tentu diperbolehkan, asalkan tidak terlalu menyengat, sebagai upaya membuat orang nyaman dengan kehadiran kamu.

Administrasi perkantoran sama dengan sekretaris

Mitos yang beredar di masyarakat bahwa fungsi jurusan administrasi dan jurusan sekretaris sama saja.

Namun faktanya tentu saja berbeda. Aneka mata kuliah serta fungsi dari dari kedua jurusan tersebut berbeda. Kedua jurusan ini memang sama-sama mempelajari dunia kearsipan, hanya saja teknik serta fungsinya yang sedikit berbeda. Walaupun ketika lulus, ada kalanya seseorang yang kuliah di jurusan kearsipan dapat menjadi seorang sekretaris.

Baca juga: Mitos Jurusan Komunikasi

Lulusan administrasi kantor pasti akan bekerja di kantor

Mitos dan fakta jurusan administrasi yang beredar bahwa seseorang yang lulus dari jurusan administrasi kantor pasti akan bekerja di kantor.

Jika dilihat berdasarkan fakta, mitos yang satu ini tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar. Berbagai ilmu yang diperoleh dari jurusan yang satu ini tidak selalu dapat diaplikasikan di dalam dunia perkantoran, namun dalam bidang lainnya, seperti rumah tangga, membuat home industry, atau di bidang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *