ekonomi
Sumber: Steve Buissinne dari Pixabay

Mitos dan Fakta Jurusan Ilmu Ekonomi

Posted on

Mitos dan fakta jurusan ilmu ekonomi berikut ini bisa kamu jadikan sebagai pedoman apakah nantinya kamu akan masuk ke jurusan ilmu ekonomi atau tidak. Ya, banyak orang beranggapan ilmu ekonomi merupakan sebuah jurusan pendidikan yang mudah untuk dijalani tapi memiliki masa depan yang cukup gemilang karena saat ini sangat banyak lulusan dari ilmu ekonomi yang dicari. Lalu apa saja mitos dan fakta yang bisa kamu dapatkan dari jurusan pendidikan ilmu ekonomi ini? Berikut adalah ulasannya.

Ilmu ekonomi hanya belajar teori

ekonomi
Sumber: Steve Buissinne dari Pixabay

Banyak yang mengatakan bahwa ketika masuk ke pendidikan ilmu ekonomi kamu hanya akan belajar teori-teori yang membosankan, mengkajinya serta mempelajari kurva-kurva indah dari textbook yang sangat tebal. Ya, hal ini merupakan sebagian dari pendidikan ilmu ekonomi. Faktanya bukan hanya pendidikan mengenai teori-teori dari textbook saja yang akan dipelajari di dalam ilmu ekonomi.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ekonomi

Selain mempelajari teori kamu yang tergabung dalam jurusan atau fakultas ekonomi juga akan mempelajari banyak rumum matematika. Rumus-rumus yang kamu pelajari juga bukan rumus yang mudah tapi merupakan rumus matematika yang cukup rumit dan membingungkan.

Jadi bagi kamu yang memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap ilmu matematika kamu tentunya akan sangat menikmati pendidikan di ilmu ekonomi ini. Jika tidak, tapi kamu ingin masuk kedalamnya, kamu bisa mulai menumbuhkan rasa senang kamu pada ilmu matematika atau kamu akan kesusahan untuk mengikuti pelajaran pada saat menempuh pendidikan.

Gampang masuknya susah keluarnya

Satu lagi hal yang sering kali menjadi ketakutan anak-anak yang ingin masuk ke dunia ilmu ekonomi adalah sulitnya lulus dari jalur pendidikan ini. Ya, ilmu ekonomi memang memiliki masa depan yang cukup menjanjikan. Akan tetapi ada banyak yang harus dipelajari dan memiliki banyak segmen pendidikan yang beragam.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, ilmu ekonomi melibatkan ilmu-ilmu yang lain seperti ilmu matematika yang kuat. Bukan hanya itu, selama menjalani pendidikan di jurasan ilmu ekonomi kamu juga akan mendapatkan banyak tugas dan juga melakukan banyak penelitian. Ya memang melelahkan.

Baca juga: 5 Jurusan Ekonomi Terbaik 

Tapi pernahkah kamu melihat sekolah yang mudah tapi mendapatkan jaminan masa depan yang baik? Jika ada, segera masuk ke jurusan itu! Tapi tidak ada pendidikan yang mudah untuk masa depan yang gemilang. Jika kamu ingin mudah maka kamu tidak harus ngoyo ketika menjalani sekolah kamu. Tapi apakah hasilnya akan maksimal? Tentu saja tidak!

Semua pendidikan tentunya memiliki tantangannya sendiri-sendiri, jadi apakah lulusnya lama atau cepat, semuanya tergantung usaha dan keinginan kita untuk maju menghadapi tantangan atau berhenti dan cenderung lebih menarik diri. Jadi mitos dan fakta jurusan ilmu ekonomi yang satu ini bisa dibilang tidak mutlak ya, jika kamu rajin lulus dari pendidikan ilmu ekonomi tidak akan lama dan sulit kok!

Memiliki lahan kerja yang lebih luas

Yang ini baru benar! Ilmu pendidikan ekonomi merupakan salah satu ilmu yang memiliki lahan kerja yang sangat luas. Coba pikirkan, semaju apapun dunia kita ini, tenaga ekonomi merupakan tenaga yang sangat penting keberadaannya. Tidak akan dapat digantikan oleh mesin maupun hal-hal yang lainnya karena banyaknya fenomena dan terus berkembangnya dunia ekonomi.

Baca juga: Mengenal Jurusan Ekonomi

Hal ini menyebabkan ilmu ekonomi menjadi salah satu ilmu yang sangat penting dalam dunia bisnis. Hal inlah yang menyebabkan banyak orang mengincar untuk masuk ke pendidikan ilmu ekonomi ini. Hal inilah hal mengenai mitos dan fakta jurusan ilmu ekonomi terakhir dan sifatnya adalah fakta!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *