4 Tips Sukses Belajar Online

Belajar online kini sedang menjadi tren di tengah masyarakat, terutama anak muda jaman now. Bukan hanya karena mengikuti perkembangan teknologi, namun juga keinginan mendapatkan tambahan ilmu namun tidak mempunyai banyak waktu yang menjadi alasan bagi mereka memilih cara belajar ini.

Metode ini semakin berkembang pesat dengan banyaknya bimbingan belajar secara online dengan kualitas sangat menakjubkan. Sayangnya, tidak semua orang yang mengikuti metode pembalajaran ini berhasil dan sukses mencapai target.

Sebagian mereka justru merasa terbebani dengan metode pembelajaran yang seharusnya mengandalkan kedisiplinan diri ini. Beberapa kegiatan saling tumpang tindih hingga membuat mereka menjadi tidak fokus pada saat pembelajaran. Seharusnya, apa yang seharusnya dilakukan seseorang agar sukses dalam mengikuti belajar secara online ini? Berikut ini tips yang seharusnya dilakukan

1. Menyusun Jadwal yang Tepat

Menyusun Jadwal yang Tepat
Sumber: fitforteen.com

Karena metode pembelajaran ini sangat mengandalkan inisiatif, kamu jugalah yang menentukan jadwal pembelajarannya. Jadwal ini meliputi pemilihan waktu yang tepat serta lama waktu pembelajaran.

baca juga: Mitos Dan Fakta Seputar Jurusan Hukum

Dalam hal ini, kamu harus benar-benar menyesuaikan dengan aktivitas serta kondisi fisik. Gunakan waktu-waktu sela untuk mengikuti pembelajaran ini, misalnya pagi setelah bangun tidur atau pulang sekolah sebelum tidur siang.

Lama pembelajaran pun sebaiknya diatur agar tidak terlalu berlebihan. Ingat, kamu masih mempunyai aktivitas rutin yang harus dikerjakan dan pastinya akan menguras pikiran maupun tenaga. Oleh karena itu, bijaklah dalam menentukan jadwal ini.

2. Jangan Sia-siakan Layanan Chatting

Chatting
Sumber: 3.bp.blogspot.com

Dalam setiap pembelajaran online, pasti disediakan fitur chatting dengan para mentor. Nah, jangan sia-siakan fitur ini  untuk menanyakan hal apa pun yang belum paham saat itu juga. Bisa jadi, sang mentor akan menjawab keesokan harinya.

Namun, ini lebih baik karena pertanyaan bisa langsung terungkapkan daripada menundanya yang akan berujung pada lupa. Layanan chatting ini juga bisa menjadi jembatan bagi kamu yang lebih senang bertanya via chat daripada bertatap muka langsuung.

3. Hindarkan Diri dari Semua Distraksi

Hindarkan Diri dari Semua Gangguan
Sumber: okezone.com

Sama halnya dengan metode belajar lain, belajar via online juga banyak godaannya. Terlebih pembelajaran ini sangat mengandalkan kedisiplinan sendiri. Tanpa niat kuat untuk menjauhkan diri dari segala macam godaan, seperti mengecek handphone atau mengakses media sosial, pembelajaran ini tidak akan sukses.

baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mengikuti Kuliah Online

Oleh karena itu, matikan handphone begitu memulai pembelajaran. Sekuat tenaga jangan tergoda untuk membuka media sosial. Bahkan, mintalah keluarga untuk tidak mengganggu selama belajar. Jika perlu, gunakan headset agar tidak ada suara-suara lain yang masuk ke telinga dan mengganggun konsentrasi.

4. Konsisten dalam Menjalaninya

Konsisten
Sumber: vbt249.files.wordpress.com

Sebaik apa pun bimbingan online yang digunakan, termasuk jadwal yang dibuat, tidak akan memberikan hasil maksimal jika tidak konsisten dalam menjalaninya. Mematuhi jadwal yang sudah dibuat sendiri merupakan kunci sukses terakhir yang harus dilakukan.

Jangan mudah tergoda untuk mengikuti kegiatan lain pada saat jadwal belajar dimulai. Jika mungkin, buat negosiasi dengan keluarga atau teman untuk menunda kegiatan lain tersebut setelah pembelajaran selesai.

Belajar secara online memang cukup mudah karena kamu sendirilah yang menjadi penentunya, baik jadwal maupun waktunya. Namun, jangan dianggap mudah karena pembelajaran ini membutuhkan kedisiplinan diri yang tinggi agar bisa sukses tanpa mengganggu aktivitas kamu yang lainnya. So, jangan lupa untuk menerapkan keempat tips di atas jika ingin sukses sukses dalam mengikuti metode belajar online

Leave a Comment