Mitos Dan Fakta Seputar Jurusan Hukum

Ada banyak fakta unik dan menarik yang muncul dari jurusan hukum bahkan fakta tersebut juga sering diiringi dengan beragam mitos yang tentunya banyak menjadikan siswa-siswi yang hendak masuk ke jurusan tersebut bertanya-tanya apakah benar atau justru sebaliknya, bagi kamu yang mungkin ingin menjadi bagian dari jurusan yang satu ini dan mendalami dunia hukum, maka sebaiknya perhatikan keterkaitan antara mitos dan juga fakta yang sesungguhnya terkait jurusan yang satu ini, diantaranya :

 

Mitos :

Kuliah di jurusan ini harus menjadi sosok pengacara

Fakta :  

Memang banyak lulusan dari jurusan ini yang bekerja sebagai pengacara di firma hukum, namun tentunya tidak semua orang bisa menjadi sosok pengacara itu sendiri, meskipun mereka telah mengenyam pendidikan di bidang hukum sekali pun.

 

baca juga: 4 Tips Sukses Belajar Online

Seperti yang diketahui ketika masuk pada jurusan yang satu ini ada banyak sekali pendidikan serta kemampuan yang bisa didapatkan dimulai dari cara menganalisis, kemudian menulis, serta problem solving dan lainnya, sehingga kemampuan tersebut pun bisa kamu aplikasikan dalam beragam bentuk pekerjaan atau profesi yang tentunya tidak hanya terpatok pada sosok pengacara saja.

 

Mitos :

Mereka yang belajar di bidang hukum harus pandai berbicara di depan umum

Fakta :

Pada bagian di atas telah dijelaskan bahwa profesi pekerjaan yang bisa di dapatkan dari jurusan yang satu ini tidak hanya terbatas pada sosok pengacara saja. Karena itulah tingkat kepandaian dalam urusan berbicara pun bukan menjadi kualitas pertama yang menentukan kemampuan dirinya.

 

Sedangkan untuk skill yang justru wajib untuk dimiliki oleh mereka yang berada di bidang hukum adalah kemampuan dari berpikir strategis, kemudian melakukan analisis data, proses pengolahan informasi, kemudian menyaripatikan apa saja yang terjadi, dan juga mencari solusi yang paling tepat untuknya. Beberapa hal tersebut jelas lebih penting dibandingkan dengan hanya kemampuan berbicara saja,

 

baca juga:Kelebihan dan Kekurangan Mengikuti Kuliah Online

Mitos :

Orang-orang jurusan hukum wajib menghafal undang-undang

Fakta :

Menghafal semua undang-undang yang ada tentunya menjadi hal yang cukup mustahil untuk dilakukan, karena itulah ketika masuk pada jurusan yang satu ini, maka kamu pun akan dihadapkan dengan beragam bentuk undang-undang yang bahkan belum tentu semuanya telah berada dalam kondisi jelas.

Karena itulah dibutuhkan analisis untuk membandingkan antara undang-undang yang satu dengan lainnya, sehingga kamu pun dapat menarik kesimpulan dengan lebih mudah. Dengan kata lain, kamu tidak boleh menelan bulat-bulat setiap bentuk peraturan yang ada, justru akan lebih baik apabila kamu mengetahui terlebih dahulu dasar dari pentingnya undang-undang itu sendiri dan lainnya.

 

Mitos :

Pengacara akan membela orang yang salah

Fakta :

Banyak orang yang bertanya mengapa orang yang bersalah justru dibela? Dalam ilmu hukum, seseorang itu sendiri tidak dipandang bersalah atau tidak. Sementara itu pengacara sendiri dikenal sebagai penegak hukum.

 

Karena itulah secara tidak langsung mereka yang menjadi pengacara bukan membela sosok yang dianggap bersalah, melainkan membela hukum yang ada. Sebagai contoh, dalam suatu kasus muncul seorang tersangka, sedangkan tugas pengacara itu sendiri adalah mengusahakan agar sosok tersangka tidak dihukum melebihi kesalahan yang telah diperbuat olehnya.

 

Mitos :

Mahasiswa hukum adalah aktivis

Fakta :

Seperti yang telah diketahui, ketika memulai perkuliahan utamanya di jurusan yang satu ini kamu akan dihadapkan dengan beragam bentuk organisasi yang ada, untuk membangun karakter dengan lebih baik, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti organisasi tersebut.

 

Selain belajar kepemimpinan, dengan berorganisasi kamu uga dapat mempelajari ilmu hukum dengan lebih baik, khususnya dalam memecahkan kasus atau permasalahan dan juga mempersuasi dan lainnya.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat seputar mitos serta fakta yang muncul dari jurusan hukum.

Salam anak hukum!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *