Home Soshum 5 Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

5 Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Siapa di sini yang suka banget sama hal-hal berbau politik? Hmmm…pasti banyak yaaa. Yap, isu-isu politik memang selalu ramai dan gak pernah berhenti. Tapi, siapa yang di sini selain isu politik dalam negeri, juga suka ngamatin isu-isu politik luar negeri? Wah…pastinya juga gak kalah banyak ya. Isu politik bagian sebagian orang memang hal yang menarik untuk dibahas. Selain untuk menambah informasi, mengikuti segala isu-isu politik dalam ataupun luar negeri dapat mengembangkan dan menambah wawasan kita tentang dunia politik.

Nah, buat kamu-kamu nih yang suka banget ngebahas isu-isu semacam ini, sepertinya kalian cocok untuk masuk Jurusan Hubungan Internasional. Yap, Jurusan Hubungan Internasional itu memang cocok banget buat kalian yang suka ngebahas tentang dunia politik, mahir menggunakan lebih dari dua bahasa, dan suka berinteraksi dengan orang sekitar.

Bagi kalian yang tertarik dengan jurusan satu ini, Indonesia punya loh Jurusan Hubungan Internasional terbaik yang tersebar di berbagai kampus-kampus negeri maupun swasta. Berikut ini rekomendasi Jurusan Hubungan Internasional terbaik di Indonesia.

1.Universitas Indonesia

fisip UI
Sumber: fisip.ui.ac.id

Jurusan Hubungan Internasional di UI ini berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) dan sudah terakreditasi A. Saat kamu menjadi mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional UI kamu akan diberikan pemahaman materi tentang Diplomasi, Analisa Politik Luar Negeri, Teori Ekonomi Politik Internasional, Isu-isu Keamanan Transasional, dan Kebijakan Luar Negeri Indonesia. Dalam hal daya tampung, Jurusan Hubungan Internasional UI menerima sebanyak 17 orang untuk jalur SNMPTN dan 22 orang untuk jalur SBMPTN.

2. Universitas Gadjah Mada

fisipol UGM
Sumber: jogja.idntimes.com

Universitas Gadjah Mada resmi membuka Jurusan Hubungan Internasional pada 1957. Ternyata, UGM merupakan kampus pertama di Indonesia yang membuka Jurusan Hubungan Internasional. Jurusan ini membuka dua program kelas, yaitu regular dan internasional. Jurusan Hubungan Internasional UGM memiliki tiga bidang peminatan, yaitu Politik dan Keamanan Global, Studi-Studi Perdamaian Konflik, serta Ekonomi Politik dan Pembangunan Internasional. Daya tampung untuk jurusan ini sebanyak 20 mahasiswa jalur SNMPTN dan 36 mahasiswa untuk jalur SBMPTN.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Hubungan Internasional

3. Universitas Airlangga

fisip UNAIR
Sumber: blog-unair

Pada tahun 1982, Universitas Airlangga meresmikan Jurusan Hubungan Internasional. Awalnya jurusan ini bergabung dengan Jurusan Ilmu Politik, namun sejak 2006 Jurusan Hubungan Internasional berkembang dan ditetapkan menjadi departemen. Di Universitas Airlangga, Jurusan Hubungan Internasional telah mengantongi akreditasi A. Daya tampung Jurusan Hubungan Internasional Unair sebanyak 36 orang untuk yang mendaftar jalur SNMPTN. Sedangkan untuk jalur SBMPTN Unair menerima sebanyak 48 orang.

4. Universitas Padjadjaran

fisip UNPAD
Sumber: bogor-today.com

Salah satu kampus di Kota Parahyangan ini, yaitu Universitas Padjadjaran juga menjadi kampus dengan Jurusan Hubungan Internasional terbaik di Indonesia. Berbeda dari beberapa kampus sebelumnya, mahasiswa yang lulus dari Jurusan Hubungan Internasional Unpad akan mendapatkan gelar S.H.Int (Sarjana Hubungan Internasional). Jurusan ini memiliki tiga fokus bidang kajian utama, yaitu Metodologi Hubungan Internasional, Ekonomi Politik Global, serta Hukum dan Organisasi Internasional. Perihal daya tampung, Jurusan Hubungan Internasional Unpad menerima 30 mahasiswa jalur SNMPTN dan 60 mahasiswa jalur SBMPTN.

Baca juga: Mengenal Jurusan Hubungan Internasional

5. Universitas Paramadina

fisip Univ. Paramadina
Sumber: uy.linkedin.com

Tidak hanya rekomendasi kampus-kampus negeria, ada pula rekomendasi kampus swasta dengan Jurusan Hubungan Internasional terbaik, yaitu Universitas Paramadina. Universitas Paramadina memiliki fokus utama dalam kurikulumnya, yaitu memperdalam kajian tentang Diplomasi dan Asia Tenggara. Dalam menunjang perkembangan wawasan mahasiswanya, Jurusan Hubungan Internasional di Univeristas Paramadina ini selalu melakukan kegiatan kunjungan ke lembaga-lembaga internasional yang berada di dalam maupun luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

5 Jurusan Hubungan Masyarakat Terbaik di Indonesia

Berinteraksi dengan masyarakat luas memang suatu hal yang menyenangkan. Saling berbaur dengan masyarakat luas dapat menambah wawasan bagi seseorang. Berbicara mengenai interaksi dengan masyarakat,...

Mengenal Jurusan Sastra Korea

Sejak demam Korea masuk ke Indonesia, Jurusan Sastra Korea pun ikut terkena imbasnya. Pasalnya, jurusan ini semakin meningkat peminatnya, bahkan berada di jajaran jurusan...

5 Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia

Selain kaya akan keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan faunanya. Sebagai negara yang berada di antara dua benua, membuat Indonesia memiliki ragam jenis hewan...

5 Jurusan Pertanian Terbaik di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan alamnya. Terutama persawahan di Indonesia terbentang luas di berbagai daerah. Berbagai macam jenis tanaman mulai dari sayur-mayur, buah-buahan,...