Mengenal Jurusan Komunikasi

Jurusan Komunikasi semakin hari semakin diminati oleh para calon mahasiswa. Hal ini tentu sejalan dengan hakikat berhubungan dengan manusia dalam kehidupan, yaitu berkomunikasi. Tapi tentunya, Jurusan Komunikasi tidak hanya mempelajari mengenai cara berkomunikasi atau berbicara dengan orang lain saja. Ada banyak hal yang menarik dipelajari di Jurusan Komunikasi.

Lalu, seperti apa kuliah di Jurusan Komunikasi? Apa saja yang dipelajari di Jurusan Komunikasi? Dan bagaimana prospek kerja untuk lulusan Jurusan Komunikasi? Di artikel ini, akan dikupas tuntas mengenai Jurusan Komunikasi. Yuk, simak artikel ini hingga selesai, ya!

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Komunikasi?

Mengenal Jurusan Komunikasi
Sumber: nextiva.com

Umumnya, komunikasi mempelajari tentang bagaimana cara menyampaikan pesan atau berita secara efektif dan efisien. Tujuan dari komunikasi adalah untuk mendapatkan hasil akhir yang kita inginkan. Nantinya, di Jurusan Komunikasi kamu akan mendapatkan materi mengenai periklanan, linguistik, jurnalistik, bahasa, dan hal lain yang berhubungan dengan komunikasi.

Tidak hanya itu, Jurusan Komunikasi juga berhubungan dengan pemanfaatan teknologi. Hal ini terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Karena perkembangannya, kurikulum dan penyampaian perkuliahan pun berubah – ubah, sehingga ilmu komunikasi akan terus termodifikasi dan berkembang.

Mata Kuliah di Jurusan Komunikasi

Mata Kuliah Komunikasi
Sumber: mojecosie.blogspot.com

Di Jurusan Komunikasi nanti kamu akan mendapatkan mata kuliah mengenai ilmu komunikasi. Diantaranya Pengantar Ilmu Komunikasi, Teori Komunikasi, dan tentunya Public Speaking, Introduction to Broadcasting, Perkembangan Teknologi Komunikasi, Etika Komunikasi, Komunikasi Lintas Budaya, Komunikasi Massa, Manajemen Media Massa, serta Jurnalistik Televisi.

Baca juga: Kelebihan Jurusan Komunikasi

Tentunya, mata kuliah ini berkembang sesuai dengan semester yang akan kamu tempuh nantinya. Selain itu, kamu juga akan menerima mata kuliah wajib lainnya seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Agama, dan Pendidikan Kewarganegaraan. Bahkan, beberapa universitas juga memasukkan olahraga ke dalam mata kuliah wajib.

Selain itu, di Jurusan Komunikasi nanti kamu juga akan mendapatkan ilmu dasar desain, ilmu dasar fotografi, serta ilmu tentang menulis kreatif. Tentu menyenangkan, bukan?

Karakter yang Cocok di Jurusan Komunikasi

Karakter yang Cocok di Komunikasi
Sumber: hipwee.com

Jurusan Komunikasi mengharuskan mahasiswanya aktif, baik dalam komunikasi tertulis maupun komunikasi lisan. Untuk kamu yang pandai bergaul, tentu jurusan ini sangat tepat. Komunikasi tidak hanya asal berbicara dengan orang lain, tapi juga penyampaian yang baik dan penerimaan yang tepat kepada lawan bicara.

Karakter ekstrovert sangat tepat di Jurusan Komunikasi. Karena nantinya, akan ada kemampuan public speaking yang dinilai. Sehingga memudahkan kamu juga dalam perkuliahan. Selain itu, praktik yang dilakukan di Jurusan Komunikasi juga seringkali berhubungan dengan berkomunikasi dengan orang baru, misalnya praktik untuk jurnalistik.

Prospek Kerja Jurusan Komunikasi

Prospek Kerja Komunikasi
Sumber: swaragamatc.com

Jurusan Komunikasi memiliki kesempatan yang sangat luas di dunia kerja. Banyak sekali profesi yang dapat dijalani lulusan Jurusan Komunikasi.

Diantaranya penyiar, baik di televisi maupun radio atau media lainnya. Ada juga profesi sebagai jurnalis yang siap mencari para lulusan Jurusan Komunikasi. Prospek kerja lain yaitu profesi sebagai announcer atau presenter, Master of Ceremony (MC), bekerja di perusahaan sebagai public relation, event organizer, praktisi periklanan, marketing communications, dan tentunya kamu dapat bekerja secara independen dengan menjalani salah satu profesi tersebut.

Jurusan Komunikasi begitu seru dan penuh tantangan. Prospek kerjanya pun begitu luas. Jadi, tidak ragu lagi dengan Jurusan Komunikasi, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *