5 Jurusan Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia

Dulu pasti banyak yang cita-citanya mau jadi dokter. Terus pas ditanya mau jadi dokter apa, gak sedikit yang jawab “Mau jadi dokter gigi.” Atau “Aku mau jadi dokter gigi. Biar orang-orang giginya gak bolong lagi.”. Memang ya cita-cita jadi dokter tuh jadi pilihan banyak orang saat kecil dulu.

Hmmmngomong-ngomong profesi dokter gigi itu gak sembarangan loh. Ada banyak proses yang harus dilalui agar bisa benar-benar jadi dokter gigi yang profesional, salah satunya sudah pasti harus berkuliah Jurusan Kedokteran Gigi. Pada umumnya, Jurusan Kedokteran Gigi sudah memiliki fakultas sendiri, yaitu Fakultas Kedokteran Gigi.

Nah, buat kamu yang dari kecil udah pengen banget jadi dokter gigi, ada nih rekomendasi kampus buat kalian. Di bawah ini ada daftar nama-nama kampus dengan Jurusan Kedokteran Gigi terbaik di Indonesia. Langsung aja lihat penjelasannya di bawah ini ya.

1.Universitas Gadjah Mada

kedokteran gigi UGM
Sumber: drg.co.id

Kalian gak perlu ragu lagi dengan kualitas kampus satu ini. Di UGM, jurusan ini sudah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Selain Jurusan Pendidikan Kedokteran Gigi, ada jurusan lain di bawah naungan Fakultas Kedokteran Gigi UGM, yaitu Keperawatan Gigi. Jurusan Kedokteran Gigi UGM telah menjadi jurusan favorit peserta SBMPTN tiap tahunnya. Hal tersebut terlihat dari jumlah pendaftar SBMPTN yang mencapai angka 2000-an, sedangkan yang diterima hanya 68 orang saja. Sedangkan untuk jalur SNMPTN jurusan ini hanya menerima 38 orang.

2. Universitas Indonesia

kedokteran gigi UI
Sumber: zenius.net

Terkenal dengan julukan “kampusnya anak-anak hits” memang gak bisa lepas dari Universitas Indonesia, terlebih kalau kamu jadi mahasiswa ilmu kedokteran, khususnya Jurusan Kedokteran Gigi. Jurusan Kedokteran Gigi UI sudah berdiri sejak 1960. Terus, kalian gak perlu ragu karena Jurusan Kedokteran Gigi UI telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT. Jurusan Kedokteran Gigi UI ini berlokasi di Salemba, Jakarta Pusat. Daya tampung untuk jurusan ini sebanyak sebanyak 36 mahasiswa jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN sebanyak 48 orang.

Baca juga: Mengenal Jurusan Kedokteran Gigi

3. Universitas Padjadjaran

kedokteran gigi UNPAD 1
Sumber: terupdateinfosoal

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran sudah ada sejak 1959. BAN-PT juga sudah memberikan akreditasi A untuk Jurusan Kedokteran Gigi Unpad. Hebatnya, kampus ini memiliki Rumah Sakit Gigi dan Mulut yang sudah diresmikan sejak 2003 lalu. Di tahun yang sama, FKG Unpad membuka kelas internasional. Perihal daya tampung, jurusan ini menerima 70 orang untuk jalur SBMPTN dari 3000 orang lebih pendaftar. Lalu, untuk jalur SNMPTN diterima sebanyak 35 orang.

4. Universitas Airlangga

kedokteran gigi UNAIR
Sumber: news.unair.ac.id

Kalian tau tidak, ternyata Universitas Airlangga merupakan kampus pertama di Indonesia yang mendirikan Fakultas Kedokteran Gigi. Awalnya fakultas ini bernama STOVIT. Namun, fakultas tersebut terus mengalami perubahan nama sesuai dengan pemerintah yang berkuasa pada masa itu. Jurusan ini telah dibuka sejak tahun 1928. Sama halnya dengan kampus lainnya, Jurusan Kedokteran Gigi Unair sudah mengantongi akreditasi A oleh BAN-PT. Pada awal berdirinya, kampus ini hanya menerima sebanyak 21 mahasiswa saja. Namun, saat ini jumlah mahasiswa yang diterima di jurusan ini sekitar 100 orang lebih.

Baca juga: 5 Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia

5. Universitas Trisakti

kedokteran gigi TRISAKTI
Sumber: muhkamatsolihin

Tidak hanya dipegang oleh PTN saja, salah satu kampus swasta di Jakarta, yaitu Universitas Trisakti menjadi kampus swasta dengan Jurusan Kedokteran Gigi terbaik di Indonesia. Selain menjadi yang terbaik, Universitas Trisakti merupakan kampus swasta pertama yang membuka Fakultas Kedokteran Gigi. Jurusan Kedokteran Gigi Trisakti sudah ada sejak tahun 1965. Sedangkan untuk akreditasi, Jurusan Kedokteran Gigi Trisakti telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT sejak 1998.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *