Mengenal Jurusan Peternakan

Mempelajari mengenai hewan memang luas, hewan pun dibedakan menjadi hewan ternak dan bukan ternak. Nah, untuk mempelajari segala hal tentang hewan ternak, tentu Jurusan Peternakan tujuannya. Meskipun sama – sama menangani hewan, tentu Jurusan Peternakan berbeda dengan Jurusan Kedokteran Hewan. Lalu, seperti apa kuliah di Jurusan Peternakan, bagaimana prospek kerjanya, serta universitas mana saja yang menyediakan Jurusan Peternakan?

Tenang, pertanyaan – pertanyaanmu mengenai Jurusan Peternakan akan dibahas di artikel ini. Yuk, mari simak bersama!

Apa itu Jurusan Peternakan?

Jurusan Peternakan
Sumber: quora.com

Jurusan peternakan mengharuskan kamu untuk mempelajarai semua ilmu terkait peternakan. Di jurusan ini, kamu akan dibekali dengan ilmu dan teknologi pengembangan peternakan, industri peternakan, serta kegiatan agrobisnis yang ramah lingkungan. Tujuan dari Jurusan Peternakan ini adalah menciptakan insan – insan yang mampu berkarya secara mandiri, serta dapat menjadi insan produktif dengan bekerja di lembaga swasta maupun instansi pemerintah. Baik di bidang ilmu, penelitian, serta penerapannya.

Tidak hanya mengenai hewan ternak, di Jurusan Peternakan ini nanti kamu juga akan mempelajari mengenai teknologi produksi, teknologi pakan, teknologi pengolahan serta manajemen dan perencanaan usaha.

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Peternakan?

Kuliah di Jurusan Peternakan
Sumber: ecc.iavalley.edu

Di Jurusan Peternakan nanti, kamu tidak hanya akan mempelajari mengenai teori saja. Tapi, kamu juga akan mempelajari mengenai praktik – praktik berkaitan dengan peternakan dan teknologinya. Bahkan, kamu akan sering melakukan praktikum yang waktu penelitiannya berhari – hari lamanya hingga praktikum yang kamu lakukan berhasil.

Uniknya, di beberapa universitas memiliki kandang ternak yang diurus juga oleh mahasiswa Jurusan Peternakan. Mahasiswa pun diberi tugas untuk mengurus ternak – ternak ini, mulai dari perawatan ternak, kebersihan kandang, dan tentunya makanan untuk hewan ternak. Tujuannya supaya mahasiswa dapat sekaligus mempraktikkan apa yang dipelajari dalam perkuliahan.

Mata Kuliah di Jurusan Peternakan

Peternakan IPB
Sumber: ipb.ac.id

Di Jurusan Peternakan nanti, kamu akan mempelajari mengenai mata kuliah yang berkaitan dengan ilmu peternakan, diantaranya Pengantar Ilmu Peternakan, Ilmu Ekonomi Peternakan, Anatomi Ternak, Ilmu tentang Ternak, hingga Nutrisi dan Pakan Ternak. Selain itu, kamu juga akan mempelajari mengenai Mikrobiologi, Agrostologi, Biokimia, Genetika, Statistika, hingga Manajemen Usaha Ternak.

Karakter yang Cocok untuk Jurusan Peternakan

Karakter Jurusan Peternakan
Sumber: collegeatlas.org

Jurusan Peternakan tepat untuk kamu yang senang dengan biologi serta familiar dengan hewan. Selain itu, kamu yang memiliki kemampuan menghafal dengan baik pun tepat jika memilih Jurusan Peternakan.

Baca juga: Mengenal Jurusan Agribisnis

Selain itu, mahasiswa Jurusan Peternakan juga diharapkan memiliki inovasi yang tinggi. Karena, hal ini berhubungan dengan teknologi pertanian yang selalu berkembang sesuai dengan teknologi terbarukan.

Prospek Kerja Jurusan Peternakan

Prospek Kerja Peternakan
Sumber: id.pinterest.com

Lulusan Jurusan Peternakan memiliki prospek kerja yang tinggi, tentunya dalam bidang peternakan. Kamu dapat berkarir di perusahaan atau industri produksi peternakan, industri pakan ternak, industri obat hewan, industri pengelolaan limbah, serta industri pengolahan pangan asal ternak. Selain itu, untuk kamu yang ingin bekerja di instansi pemerintah pun memiliki peluang yang tinggi, seperti bekerja di Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup, serta Kementerian Koperasi.

Lembaga riset dan lembaga pendidikan juga membutuhkan lulusan Jurusan Peternakan. Dan, karena telah dibekali dengan kemampuan manajemen serta wirausaha di bangku perkuliahan, lulusan Jurusan Peternakan juga memiliki prospek yang tinggi untuk menjadi wirausaha.

Universitas dengan Jurusan Peternakan Akreditasi A

Peternakan UNDIP
Sumber: hmspeternakan.blogspot.com

Setelah mantap memilih Jurusan Peternakan, kamu dapat memilih universitas dengan akreditas A ini. Diantaranya UNDIP, IPB, UNS, Universitas Hasanuddin, UNSOED, dan UNPAD.

Jadi, sudah mantap memilih jurusan ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *