5 Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia

Siapa sih yang gak tau anime Detektif Conan? Anak-anak kelahiran 90’an pasti tau dong sama anime satu ini. Yap, Detektif Conan merupakan serial anime Jepang yang menampilkan seorang remaja laki-laki yang berprofesi sebagai detektif muda dan tubuhnya pun berubah menjadi anak-anak setelah dipaksa meminum racun. Serial ini sangat terkenal karena cara-cara Conan mengungkap suatu kasus.

Dari serial anime Detektif Conan itu, kita juga pasti tau bagaimana cara Conan mengungkapkan suatu kasus, dari menjelaskan sifat, ekspresi, kejadian demi kejadian, dan tingkah laku seseorang. Hal ini, sama dengan apa yang dilakukan oleh para psikolog dalam menjelaskan dan menganalisis karakter seseorang.

Selain itu, mungkin di sekitar kita juga ada orang-orang yang secara alamiah bisa menebak karakter seseorang dari tingkah laku atau pola pikirnya. Sehingga orang-orang tersebut tertarik untuk menekuni ilmu psikologi.

Nah, buat kalian-kalian yang merasa bahwa cocok menjadi seorang psikolog, tentunya kalian harus masuk Jurusan Psikologi untuk mengembangkan ilmu kalian. Buat kalian yang masih bingung Jurusan Psikologi yang terbaik, berikut ini ada kampus-kampus dengan Jurusan Psikologi terbaik di Indonesia.

1.Universitas Indonesia

Psikologi UI
Sumber: anakui.com

Terkenal akan lingkungan kampusnya yang rindang, begitu pula Fakultas Psikologi yang juga terkenal dengan keasriannya. Jurusan Psikologi UI ini sudah sangat terjamin kualitasnya karena telah mengantongi akreditasi A oleh BAN-PT. Fakultas Psikologi UI telah berdiri sejak 1960. Ternyata fakta menarik dari Fakultas Psikologi UI adalah pencetus berdirinya Jurusan Psikologi di Indonesia. Sehingga dapat dikatakan UI merupakan kampus pertama yang membuka Fakultas Psikologi di Indonesia. Dari jurusan ini, UI telah banyak melahirkan tokoh-tokoh terkenal, salah satunya Kak Seto, Pemerhati Anak. Daya tampung untuk jurusan ini diterima sekitar kurang lebih 140 mahasiswa.

2. Universitas Gadjah Mada

psikologi UGM
Sumber: desywahyudaniati.blogspot.com

Pada awalnya Jurusan Psikologi bergabung dengan Fakultas Ilmu Pendidikan yang sekarang berada di UNY. Pada tahun 1965, Fakultas dan Jurusan Psikologi resmi didirikan. Selanjutnya, di UGM ini mahasiswa yang diterima di Jurusan Psikologi sekitar 150 orang. Jurusan Psikologi UGM juga sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Selain itu, jurusan ini banyak menawarkan mata kuliah pilihan, di antaranya ada Psikologi Forensik, Stimulasi Perkembangan Anak, Psikologi Internet, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Kelebihan Jurusan Psikologi

3. Universitas Padjadjaran

 

psikologi unpad 1
Sumber: idntimes.com

Bagi kalian yang ingin pilih Jurusan Psikologi Unpad, kalian perlu teliti nih. Berbeda dari dua kampus sebelumnya, Jurusan Psikologi Unpad ini masuk ke dalam rumpun Saintek. Jurusan Psikologi Unpad juga telah mengantongi akreditasi A. Selain itu, Jurusan Psikologi Unpad memiliki beberapa keunggulan, di antaranya menerapkan pendekatan Biopsikososial dalam menangani fenomena psikologi di masyarakat dan fasilitas laboratorium yang lengkap untuk menunjang kegiatan praktikum. Perihal daya tampung, jurusan ini menerima kurang lebih 120 mahasiswa.

4. Universitas Airlangga

psikologi unair
Sumber: news.unair.ac.id

Kalau kamu ingin kuliah di daerah Jawa Timur dan mau masuk Jurusan Psikologi, Universitas Airlangga ini pilihan yang tepat. Jurusan Psikologi di Unair ini selain sudah terakreditasi A, fasilitas di jurusan ini juga sangat lengkap. Di Universitas Airlangga untuk Jurusan Psikologi memiliki empat bidang peminatan, yaitu Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, Psikologi Kepribadian dan Sosial, Psikologi Industri dan Organisasi, serta Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. Daya tampung untuk Jurusan Psikologi, Unair menerima sekitar 150 mahasiswa.

Baca juga: Mengenal Jurusan Psikologi

5. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta)

psikologi UIN Jkt
Sumber: id.wikipedia.org

Pada awal diresmikannya pada tahun 1995, Jurusan Psikologi berada di bawah naungan Fakultas Tarbiyah. Namun, pada tahun 1997 Jurusan Psikologi resmi ditingkatkan statusnya sehingga menjadi Fakultas Psikologi. Sejak awal dibuka tahun 1995, Jurusan Psikologi pun terus meningkatkan mutunya sehingga pada 2016 berhasil memperoleh akreditasi A dari BAN-PT. Daya tampung untuk jurusan ini menerima 140 mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *