Mengenal Jurusan Humas

Semua orang memerlukan komunikasi dengan orang lain. Baik untuk diri sendiri maupun dalam dunia pekerjaan. Salah satu yang paling dicari untuk kegiatan hubungan dengan orang lain di perusahaan adalah bagian humas atau hubungan masyarakat.

Di dalam perkuliahan pun terdapat Jurusan Humas (Hubungan Masyarakat), atau beberapa universitas menyebutnya dengan Jurusan Public Relation. Jika kamu berencana untuk kuliah di Jurusan Humas, kamu wajib baca artikel ini!

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Humas?

Jurusan Humas
Sumber: es.123rf.com

Jurusan Humas mempelajari mengenai bagaimana cara membentuk dan memelihara citra suatu organisasi atau perusahaan di tengah masyarakat. Tugas seorang humas adalah mengelola hubungan komunikasi yang baik antara perusahaan dengan orang – orang di luar perusahaan, juga antara orang – orang di dalam perusahaan. Selain itu, seorang humas juga harus dapat menjaga supaya perusahaan dapat meraih simpati dan kepercayaan masyarakat.

Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi akan diasah di Jurusan Humas ini. Tentunya komunikasi yang baik secara lisan maupun tertulis.

Mata Kuliah di Jurusan Humas

Mata Kuliah Jurusan Humas
Sumber: aprendeecomia.blogspot.com

Mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Humas yaitu mata kuliah yang berhubungan dengan komunikasi tentunya. Diantaranya Pengantar Ilmu Komunikasi, Teori Komunikasi, Psikologi Komunikasi, Filsafat dan Etika Komunikasi, Komunikasi Massa, Komunikasi Organisasi, Hukum dan Peraturan Kehumasan, serta Pengantar Kehumasan.

Nantinya, kamu juga akan mempelajari mengenai manajemen yang berhubungan dengan kehumasan. Ada juga Marketing Public Relation, Lobby dan Negosiasi, serta Hubungan Media.

Baca juga: Mengenal Jurusan Hubungan Internasional

Selain itu, di Jurusan Humas nanti juga ada mata kuliah yang berhubungan dengan praktik. Diantaranya adalah praktik MC dan Protokoler, Public Relation Writing, hingga Teknik Kegiatan PR dan Event Organizer. Bahkan, kamu juga akan mendapatkan mata kuliah Komputer Grafis Kehumasan.

Karakter yang Cocok dengan Jurusan Humas

Karakter Humas
Sumber: steemit.com

Jurusan Humas tentu sangat mengasyikkan, apalagi untuk kamu yang aktif dan suka berorganisasi. Kamu yang supel, suka menulis, mudah dekat dengan orang, serta menyukai public speaking, cocok untuk berkuliah di Jurusan Humas.

Karakter lain yang dapat mendukung kamu untuk masuk di Jurusan Humas diantaranya kritis, berwawasan luas, senang melakukan riset, keterampilan interpersonal, bisa bekerjasama dengan team, observan, senang menganalisis, serta senang memecahkan masalah, juga tepat jika memilih Jurusan Humas.

Prospek Kerja Jurusan Humas

Prospek Kerja Jurusan Humas
Sumber: nationalskillindiamission.in

Jika kamu memilih berkuliah di Jurusan Humas, tenang saja. Akan ada banyak prospek kerja yang menantimu setelah lulus. Banyak profesi menjanjikan yang tersedia bagi lulusan Jurusan Humas.

Diantaranya adalah menjadi menjadi public relation. Posisi public relation sangat dibutuhkan di banyak tempat, diantaranya di perusahaan atau instansi. Hal ini dikarenakan, posisi public relation sangat penting bagi perusahaan. Karena berkaitan dengan nama baik perusahaan. Dimana tugas seorang public relation adalah menjadi jembatan komunikasi antara perusahan dengan masyarakat atau antar perusahaan lainnya. Inilah mengapa kamu perlu memiliki skill komunikasi yang baik.

Di Media, lulusan Jurusan Humas juga memiliki peluang yang tinggi. Media cetak maupun digital membutuhkan lulusan Jurusan Humas sebagai penghubung antara media dengan masyarakat luas. Karena keterampilanmu berkomunikasi dan public speaking sudah diasah dengan baik di kampus, menjadi MC (Master of Ceremony) juga menjadi peluang yang besar untukmu. Tidak hanya itu, lulusan Jurusan Humas juga memiliki potensi yang besar untuk menjadi tenaga pendidik.

Baca juga: Mengenal Jurusan Komunikasi

Nah, pasti seru berkuliah di Jurusan Humas. Apalagi, prospek kerja Jurusan Humas begitu luas. Jadi, sudah mantap masuk di Jurusan Humas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *