5 Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia

Kalian yang suka banget dengerin radio, pastinya punya penyiar radio favorit dong. Yap, cara penyiar radio membawakan acaranya terkadang membuat kita ingin berada di sana untuk ikut siaran. Hmmm… atau ada gak di antara kalian yang suka banget mencari tau berbagai informasi berita terkini, layaknya seorang reporter. Kalo kalian suka banget dengan kegiatan seperti di atas, kayaknya kalian tipe anak Jurusan Komunikasi deh.

Kalian pasti udah gak asing lagi dong sama Jurusan Komunikasi. Jurusan Komunikasi di kampus manapun pasti banyak banget peminatnya. Banyaknya peminat di Jurusan Komunikasi disebabkan prospek kerjanya yang asyik, seru, dan menjanjikan, seperti menjadi reporter, penyiar, produser, dan banyak lagi tentunya.

Nah, buat kalian yang berjiwa aktif, kreatif, suka banget berinteraksi dengan siapa pun, dan percaya diri, kalian bisa pilih Jurusan Komunikasi menjadi salah satu pilihan jurusan kuliah kamu loh. Sekarang ini udah banyak kok, Jurusan Komunikasi yang mendapatkan predikat terbaik. Buat rekomendasi kalian nih, berikut ini ada kampus-kampus dengan Jurusan Komunikasi terbaik di Indonesia. Kamu mana aja ya kira-kira? Yuk, simak tulisan di bawah ini.

1.Universitas Padjadjaran

komunikasi UNPAD
Sumber: blogpen123

Kalian pasti tau dong dengan kampus kece di Bandung ini. Kampus ini memiliki Jurusan Komunikasi yang diakui sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia. Jurusan Komunikasi di Unpad ini sudah terakreditasi A loh. Di Unpad, Jurusan Komunikasi berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Komunikasi. Fakultas ini resmi dibuka pada 1960 dan menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi pertama di Indonesia. Wow! Di Jurusan Komunikasi ini terdapat tiga bidang kajian, di antaranya Literasi Politik, Literasi Kesehatan, serta Literasi Media dan Budaya. Daya tampung untuk Jurusan Komunikasi Unpad menerima sekitar 90 mahasiswa.

2. Universitas Indonesia

komunikasi UI
Sumber: digilibmbrc.fisip.ui

Nah, kalo kampus satu ini kalian pastinya udah tau banget dong. Jurusan Komunikasi UI ini menjadi jurusan terfavorit di Rumpun Soshum loh. Departemen Ilmu Komunikasi UI sudah berdiri sejak 1959. Jurusan Komunikasi ini memiliki empat bidang peminatan, di antaranya Jurnalisme, Komunikasi Media, Hubungan Masyarakat, dan Periklanan.

Tidak hanya membuka program kelas regular, Jurusan Komunikasi UI juga membuka program kelas pararel dan internasional loh, keren banget ya. Lalu, perihal daya tampung UI menerima 30 mahasiswa untuk jalur SNMPTN. Sedangkan jalur SBMPTN diterima sebanyak 40 mahasiswa dari 3000 orang lebih pendaftar.

Baca juga: Kelebihan Jurusan Komunikasi

3. Universitas Gadjah Mada

komunikasi UGM
Sumber: kagama.co

Menjadi kampus negeri yang memiliki banyak peminat, Jurusan Komunikasi UGM juga menduduki sebagai jurusan terbaik di Indonesia. Jurusan Komunikasi di UGM memiliki empat bidang peminatan, yaitu Jurnalisme, Media Hiburan, Hubungan Masyarakat, dan Periklanan. Di UGM, Jurusan Komunikasi telah dibuka sejak 1950. Jurusan ini membuka dua program kelas, yaitu kelas regular dan kelas internasional. Daya tampung jurusan ini menerima sekitar 50 mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

4. London School of Public Relations (LSPR)

komunikasi LSPR
Sumber: theshonet.com

Salah satu kampus swasta ternama di Jakarta, yaitu London School of Public Realition juga menjadi kampus dengan Jurusan Komunikasi terbaik di Indonesia. Jurusan Komunikasi di LSPR ini sudah mendapatkan akreditasi A. Jurusan ini memiliki enam bidang peminatan, di antaranya Mass Comunication, Public Relations, International Relations, Marketing, Performing Art Comunnication, dan Digital Media and Advertising. Keenam bidang peminatan tersebut ditujukan untuk program sarjana.

Baca juga: Mengenal Jurusan Komunikasi

5. Universitas Telkom

komunikasi Telkom
Sumber: mamikos.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan kampus swasta di Bandung ini. Universitas Telkom juga menjadi kampus swasta dengan Jurusan Komunikasi terbaik di Indonesia. Jurusan Komunikasi di Universitas Telkom baru dibuka pada 2008. Pada tahun 2017, Jurusan Komunikasi Universitas Telkom mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Lalu, ada dua peminatan yang ada di jurusan ini, yaitu broadcasting dan komunikasi pemasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *