Home Campur Mengenal Jurusan Jurnalistik

Mengenal Jurusan Jurnalistik

Ilmu komunikasi sangat banyak cabangnya, salah satunya adalah jurnalistik. Di beberapa kampus di Indonesia, terdapat Jurusan Jurnalistik yang dapat menjadi alternatif untuk kamu menyalurkan bakatmu di bidang jurnalistik.

Jika kamu tertarik mendalami ilmu jurnalistik, kamu dapat memilih Jurusan Jurnalistik ketika kuliah. Namun untuk lebih membuat kamu yakin memilih, baca artikel di ini dulu, yuk!

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Jurnalistik?

Mengenal Jurusan Jurnalistik
Sumber: themanitoban.com

Jika ada yang berkata bahwa untuk menjadi jurnalis, tidak harus masuk di Jurusan Jurnalistik. Sebenarnya, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Ketika kamu masuk di jurusan lain seperti Sastra Indonesia, Antropologi, Sosiologi, atau sebagainya, kamu akan mendapatkan mata kuliah mengenai jurnalistik. Namun tentunya, pembahasan mengenai dunia jurnalistik akan lebih dalam jika kamu mengambil Jurusan Jurnalistik.

Di Jurusan Jurnalistik nanti, kamu akan mendapatkan banyak pelajaran mengenai teknik yang berhubungan dengan jurnalistik secara mendalam. Inilah yang tidak kamu dapatkan di jurusan lain yang menyediakan mata kuliah jurnalistik. Teknik ini dapat kamu gunakan dalam praktik ketika sudah terjun ke lapangan nanti. Yang mana berkaitan dengan mencari data, meliput suatu kejadian, mendapatkan informasi, serta memecahkan masalah dengan logika.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Jurnalistik

Mata Kuliah Jurnalistik
Sumber: youthincmag.com

Ilmu jurnalistik begitu luas dan kompleks, di Jurusan Jurnalistik nanti kamu tidak hanya akan belajar mengenai cara menulis berita saja. Kamu juga akan belajar berbagai macam jenis berita dan tulisan, retorika, belajar mengenai dunia keredaksian, manajemen media, belajar tentang bagaimana jurnalis bekerja, hingga undang – undang dan kode etik yang harus dipatuhi.

Tidak hanya mengenai dunia kepenulisan, di Jurusan Jurnalistik kamu juga dapat belajar mengenai dunia fotografi dan desain. Tidak hanya itu, kamu pun harus belajar mengenai banyak hal, seperti politik, sosial, ekonomi, hukum, gaya hidup, seni budaya, dan lainnya. Karena, informasi yang akan kamu dapatkan nanti tidak hanya sebatas satu topik saja, melainkan berbagai topik.

Karakter yang Cocok di Jurusan Jurnalistik

Karakter Mahasiswa Jurnalistik
Sumber: studybreaks.com

Jika kamu tertarik masuk di Jurusan Jurnalistik, pastikan karakter diri kamu sesuai dengan Jurusan Jurnalistik. Kamu yang suka menulis, membaca, serta aktif dan mau mengikuti perkembangan informasi tepat untuk masuk di jurusan ini. Kamu pun harus dapat bekerja dalam kelompok, karena bagaimanapun menjadi seorang jurnalis harus dapat bekerja bersama kelompok dan membagi tugas dengan kelompok.

Baca juga: Mengenal Jurusan Komunikasi

Kemampuan menulis tidak hanya sebatas parafrase saja, tapi kamu juga harus memiliki kemampuan untuk mengolah dan memahami informasi berupa kata – kata. Informasi yang kamu dapatkan biasanya berupa suatu peristiwa atau wawancara, sehingga kamu harus dapat menerjemahkannya dalam bentuk tulisan yang bersifat informatif.

Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik

Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik
Sumber: bbc.co.uk

Inilah bagian yang paling dinanti, tentang prospek kerja bagi lulusan Jurusan Jurnalistik. Prospek kerja bagi Jurusan Jurnalistik begitu luas, profesi yang dapat digeluti pun semakin banyak. Diantaranya reporter, jurnalis media, copy editor, editor, photojournalist, penyiar berita, presenter, pembawa acara, operator kamera untuk TV hingga film, pengarah acara TV, dan tentunya wartawan.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat bekerja di lembaga pemerintah. Beberapa lembaga pemerintah membutuhkan lulusan Jurusan Jurnalistik, diantaranya Komisi Penyiaran Indonesia, Lembaga Sensor Film, dan kamu pun memiliki kesempatan untuk bekerja di Kementerian Komunikasi dan Informasi (Menkominfo).

Setelah membaca artikel ini, semakin yakin untuk masuk Jurusan Jurnalistik, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

5 Jurusan Hubungan Masyarakat Terbaik di Indonesia

Berinteraksi dengan masyarakat luas memang suatu hal yang menyenangkan. Saling berbaur dengan masyarakat luas dapat menambah wawasan bagi seseorang. Berbicara mengenai interaksi dengan masyarakat,...

Mengenal Jurusan Sastra Korea

Sejak demam Korea masuk ke Indonesia, Jurusan Sastra Korea pun ikut terkena imbasnya. Pasalnya, jurusan ini semakin meningkat peminatnya, bahkan berada di jajaran jurusan...

5 Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia

Selain kaya akan keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan faunanya. Sebagai negara yang berada di antara dua benua, membuat Indonesia memiliki ragam jenis hewan...

5 Jurusan Pertanian Terbaik di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan alamnya. Terutama persawahan di Indonesia terbentang luas di berbagai daerah. Berbagai macam jenis tanaman mulai dari sayur-mayur, buah-buahan,...