5 Jurusan Pariwisata Terbaik di Indonesia

Rasa-rasanya sulit ya untuk meghitung jumlah tempat wisata yang ada di negeri kita ini. Indonesia terkenal dengan berbagai tempat wisatanya yang indah, unik, dan tentunya wajib untuk dikunjungi. Ada berbagai macam tempat wisata yang dapat dikunjungi di Indonesia. Mulai dari alam bawah laut, pulau-pulau, pantai, gunung, sampai tempat wisata yang menawarkan kekayaan budaya Indonesia pun juga ada.

Bagi kalian yang suka banget jalan-jalan atau travelling nih, pastinya udah banyak banget dong mengunjungi tempat-tempat wisata yang tersebar luas di Indonesia ini.  Hmmm…tapi pernah gak sih kalian saat jalan-jalan dibimbing tour guide atau dapat pelayanan wisata yang kurang baik? Ya…, sebenarnya masih ada beberapa tempat wisata di Indonesia yang dapat dikatakan masih kurang dari segi pelayanannya. Apalagi kalau yang berkunjung adalah wisatawan mancanegara, wah pastinya sangat memalukan sekali ya.

Oleh karena itu, penting banget kan yang namanya pelayanan wisata yang berkualitas itu. Nah, buat kalian yang suka mengamati dunia pariwisata di Indonesia atau bahkan ingin meningkatkan kualitas pariwisatanya, kalian cocok banget kuliah di Jurusan Pariwisata. Yap, di Jurusan Pariwisata itu nantinya kalian akan mempelajari ilmu seputar pariwisata, seperti Ekonomi Pariwisata, Hukum Pariwisata, dan banyak lagi tentunya.

Berikut ini ada sederet kampus dengan Jurusan Pariwisata terbaik di Indonesia. Simak, penjelasannya di bawah ini.

Universitas Udayana

pariwisata Udayana
Sumber: radarbali.jawapos.com

Bukan rahasia umum lagi, jika tempat-temapt wisata di Bali sudah terkenal hingga ke seluruh pelosok dunia. Oleh karena itu, Universitas Udaya ingin menjawab segala bentuk kebutuhan ataupun persoalan di bidang pariwisata dengan membuka Jurusan Pariwisata. Berbeda dengan kampus lainnya, Universitas Udayana secara khusus membuka Fakultas Pariwisata yang telah diresmikan sejak tahun 2008. Di Fakultas Pariwisata Udayana ini terdapat tiga program, yaitu D4 Pariwisata, S1 Destinasi Pariwisata, dan S1 Industri Perjalanan Wisata.

Universitas Gadjah Mada

pariwisata UGM
Sumber: ugm.ac.id

Berlokasi di Kota Yogyakarta yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan, UGM sudah menghadirkan Jurusan Pariwisata sejak tahun 2009. Jurusan Pariwisata UGM berada di bawah kepengurusan Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Awalnya, Jurusan Pariwisata UGM ini hanya dibuka untuk jenjang D3 saja, namun pada 2009 jurusan ini pun resmi ditingkatnya statusnya menjadi Program Sarjana/S1. Perihal kualitas, Jurusan Pariwisata UGM telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT.

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

STP Bandung
Sumber: genpi.co

Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung merupakan perguruan tinggi swasta yang berada di bawah kepengurusan langsung Kementerian Pariwisata. Kampus ini terbilang cukup lengkap dalam membuka jenjang program pendidikan, yaitu mulai dari jenjang D3 sampai dengan S2. Lalu, STP Bandung memiliki tiga program studi, salah satunya Program Studi Pariwisata. Di Prodi Pariwisata ini memiliki tiga jurusan atau konsentrasi, yaitu S1 Pariwisata, D4 Destinasi Pariwisata, dan D4 Manajemen Bisnis Pariwisata. Ketiga jurusan di Prodi Pariwisata STP Bandung telah terakreditasi A.

Universitas Indonesia

UI pariwisata
Sumber: idntimes.com

Program Vokasi UI pada 2019 lalu telah membuka Jurusan Pariwisata. Latar belakang Universitas Indonesia membuka jurusan ini, yaitu meningkatnya minat wisatawa terhadap periwisata di Indonesia. Walaupun terbilang sangat muda, Jurusan Pariwisata UI sudah mendapatkan tempat di hati para calon mahasiswa. Buktinya dari kuota mahasiswa yang diterima sebanyak 95 orang untuk Jurusan Pariwisata UI, ternyata ada 1000 orang lebih yang berminta dengan jurusan ini. Jurusan Pariwisata UI juga telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid

SPT Sahid
Sumber: stpsahidjakarta

Jurusan Pariwisata terbaik selanjutnya, jatuh kepada STP Sahid. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid telah mendapatkan akreditasi A untuk Program Studi Pariwisatanya. Program Studi Pariwisata STP Sahid ini terbagi lagi menjadi dua jurusan lagi, yaitu program D3 dan D4 Usaha Perjalanan Wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *