Home Pendidikan 5 Sekolah Chef Terbaik di Indonesia

5 Sekolah Chef Terbaik di Indonesia

Bagi kalian yang punya hobi memasak, pastinya pernah dong mencoba resep-resep baru. Berinovasi dengan berbagai macam bahan makanan memang menyenangkan, apalagi kalo inovasi makanan yang kita buat rasanya enak. Hmmm…sepertinya bisa menjadi peluang kita untuk buka bisnis makanan ya.

Nah, buat kalian para pecinta kuliner, lalu ingin membuka bisnis makanan. Atau kalian yang punya hobi memasak, lalu ingin bereksperimen dengan bahan-bahan makanan. Atau juga kalian yang bercita-cita menjadi chef. Kalian bisa nih menambah ilmu kalian tentang makanan dan mengasah kemampuan memasak kalian di sekolah-sekolah khusus memasak yang ada di Indonesia.

Berikut ini ada sederet sekolah memasak atau sekolah untuk chef yang ada dan tentunya terbaik di Indonesia. Mau tau ada sekolah mana aja? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Jakarta Culinary Center

Jakarta Culinary Center
Sumber: jakartaculinary.com

Kalo kalian bertanya tentang institusi memasak pertama yang ada di Indonesia, jawabannya tidak lain adalah Jakarta Culinary Center. Yap, Jakarta Culinary Center ini memiliki 5 cabang di Jakarta, salah satunya berlokasi di Sudirman tepatnya di Sona Topas Tower B1 floor (Pan & Wok). JCC menawarkan berbagai macam program kelas memasak yang terbilang sangat lengkap. Program kelas yang dibuka di sini antara lain ada kelas ‘Mahir Memasak”, Pastry and Bakery, Barista, Cake Decorating, Professional Class, dan Manajemen Kuliner. JCC selalu mengedepankan kualitas dengan memberikan kurikulum terintegrasi dan para pengajar profesional.

2. Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua

Sekolah Kuliner BMD
Sumber: sekolahkuliner.budimuliadua.com

Yogyakarta memang gak pernah absen untuk memberikan kualitas pendidikan yang terbaik untuk masyarakatnya. Di Yogyakarta ada pula sekolah memasak dengan kualitas terbaik, yaitu Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua. Sekolah ini membuka dua cabang dan sama-sama berlokasi di sekitar daerah Nomporejo. Ada empat program kelas yang ditawarkan di Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua, di antaranya ada Profesi Chef, Privat, Manajemen Usaha Katering, dan Patisery and Hot Food.

3. The Sages Institute International

The Sage
Sumber: sagesinst.org

Surabaya juga memiliki sekolah khusus chef yang bernama The Sages Institute International. The Sages Institute International merupakan institutsi memasak yang memiliki tiga bidang yang menjadi kajian utama dalam proses pembelajarannya, yaitu bidang Culinology, Gastronomy, dan Hospitality. Insititusi ini juga memiliki standar kurikulum internasional. The Sages ini sudah berdiri sejak tahun 2006. Lokasi sekolah ini pun juga sangat strategis, yaitu di pusat Kota Surabaya. Institusi ini menawarkan tiga program kelas memasak, di antaranya ada program Advanced Certificate, program sertifikasi, dan program Fun Kitchen Short Course.

Baca juga: 5 Kampus Terbaik di Sumatera

4. Bali Culinary Pastry School

Bali Culinary
Sumber: suweorajamu28.com

Selain, menawarkan keindahan alamnya, kuliner khas Bali juga selalu menjadi incaran para wisatawan. Di Bali juga terdapat sekolah chef terbaik, yaitu Bali Culinary Pastry School. Bali Culinary Pastry School menawarkan cukup banyak program kelas antara lain ada program Culinary Certificate, Pastry Bakery Certificate, Pastry and Bakery, Gelati Start Up Course, Introduction To Wine Class, dan The Apurva Kempinski Bali Collaboration. Kurikulum yang digunakan di Bali Culinary Pastry School merupakan kurikulum berstandar internasional yang disesuaikan dengan ASEAN Common Competency Standard for Tourism Professional (ACCTSP).

5. Tristar Culinary Institute

Tristar Culinary
Sumber: sekolah-kuliner-jakarta

Tristar Culinary Institute memiliki tiga cabang, yaitu di Serpong, Malang, dan Surabaya. Institusi ini dibuka pada  2008 dengan membuka program jenjang pendidikan D1. Lalu pada tahun 2009, Tristar Culinary Institute fokus untuk membuka program pendidikan D3 dengan dua jurusan, yaitu Perhotelan dan Pariwisata. Jurusan Perhotelan merupakan jurusan yang salah satu fokus pelajarannya, yaitu mengenai bidang kuliner. Di Jurusan Perhotelan ini terdapat lima program, di antaranya ada program Culinary Art, Baking and Patisserie Art, Cruise Training, Professional Class, dan Hotel Management.

Baca juga: 5 Kampus Terbaik di Jawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

5 Jurusan Hubungan Masyarakat Terbaik di Indonesia

Berinteraksi dengan masyarakat luas memang suatu hal yang menyenangkan. Saling berbaur dengan masyarakat luas dapat menambah wawasan bagi seseorang. Berbicara mengenai interaksi dengan masyarakat,...

Mengenal Jurusan Sastra Korea

Sejak demam Korea masuk ke Indonesia, Jurusan Sastra Korea pun ikut terkena imbasnya. Pasalnya, jurusan ini semakin meningkat peminatnya, bahkan berada di jajaran jurusan...

5 Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia

Selain kaya akan keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan faunanya. Sebagai negara yang berada di antara dua benua, membuat Indonesia memiliki ragam jenis hewan...

5 Jurusan Pertanian Terbaik di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan alamnya. Terutama persawahan di Indonesia terbentang luas di berbagai daerah. Berbagai macam jenis tanaman mulai dari sayur-mayur, buah-buahan,...