Mengenal Jurusan Seni Musik

Beberapa orang memilih jurusan seni karena memiliki passion di bidang tersebut, salah satunya seni musik. Di Indonesia, jurusan seni sebenarnya kurang diminati. Karena dirasa kurang memiliki prospek kerja. Padahal, jika kamu memiliki passion di bidang seni dan menekuninya, bukan tidak mungkin justru pekerjaanlah yang akan mencarimu.

Jika kamu memiliki passion dan talenta di bidang seni musik, tidak ada salahnya memilih Jurusan Seni Musik. Namun sebelum memilih Jurusan Seni Musik, baca artikel ini dulu ya, supaya lebih yakin memilih Jurusan Seni Musik.

Apa itu Jurusan Seni Musik?

Mengenal Jurusan Seni Musik
Sumber: centraljersey.com

Seni musik merupakan cabang seni yang menggunakan melodi, vokal, ritme, harmoni, serta tempo sebagai sarana mengekspresikan perasaan atau emosi. Jurusan Seni Musik adalah jurusan yang reponsif serta berkepentingan untuk perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni itu sendiri.

Di Jurusan Seni Musik nanti kamu akan disiapkan menjadi ahli seni musik yang expert di bidangnya. Selain itu, kamu juga dipersiapkan untuk menjadi penyelenggara pendidikan, pengajaran, penelitian, serta pengabdian masyarakat di bidang seni musik.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Seni Musik?

Kuliah di Jurusan Seni Musik
Sumber: rochester.edu

Di Jurusan Seni Musik nanti, tentu kamu akan mempelajari tentang musik. Namun tidak hanya belajar memainkan alat musik, ada juga materi – materi lain yang berhubungan dengan musik harus kamu pelajari. Diantaranya kondukting, koor atau ansambel, instrumen dasar piano, kelas partitur, solfegio yang merupakan kemampuan mendengar musik dengan pendekatan tutorial, teori musik, kontrapung yang mempelajari tentang teknik aransemen kombinasi alur melodi, serta harmoni musik.

Baca juga: 5 Jurusan Pariwisata Terbaik di Indonesia

Tidak sampai di sini saja, kamu pun akan menerima mata kuliah mengenai sejarah musik dan filsafat seni. Mata Kuliah lain selain tentang musik juga akan kamu dapatkan, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta Pendidikan Kewarganegaraan.

Apa saja yang Harus Dipersiapkan sebelum Masuk Jurusan Seni Musik?

Belajar Alat Musik
Sumber: shutterstock.com

Untuk masuk di Jurusan Seni Musik, setidaknya kamu harus mengetahui dasar teori musik serta skill alat musik yang kamu pilih. Misalnya gitar, piano, vokal, biola, atau alat musik lainnya. Karena ketika masuk nanti, selain test teori kamu juga diharuskan untuk tes skill yang kamu miliki. Misalnya jika kamu memiliki keahlian vokal, kamu akan diuji dengan menyanyi, sight reading, sofeggio, serta sedikit teori tentang vokal.

Memang ketika masuk di Jurusan Seni Musik nanti kamu akan belajar lagi. Tapi, alangkah lebih mudah jika kamu sudah memahami dasar teori musik serta dapat memainkan salah satu alat musik. Oleh karena itu, jika kamu tertarik masuk Jurusan Seni Musik namun belum dapat menguasai alat musik, kamu dapat mulai belajar sejak SMA.

Propek Kerja Jurusan Seni Musik

Prospek Kerja Jurusan Seni Musik
Sumber: youtube.com

Lulusan Jurusan Seni Musik dipersiapkan untuk menjadi musisi yang profesional. Tidak hanya sebagai pemain musik, kamu dapat memilih berbagai profesi yang sangat menarik. Seperti menjadi profesor, musikolog, tenaga pendidik di bidang musik, bekerja di industri film dan teater, pengamat musik, kritikus musik, hingga peneliti musik.

Universitas yang Memiliki Jurusan Seni Musik

ISI Jogja
Sumber: myikigai.asia

Di Indonesia, beberapa universitas menyediakan Jurusan Seni Musik, diantaranya Institut Kesenian Jakarta, ISI Yogyakarta, ISI Padang Panjang, STIMB, UPH, IMI, UNJ, UNNES, UM, dan USU.

Baca juga: Mengenal Jurusan Fashion Design

Setelah membaca artikel ini, tentu kamu sudah memiliki pandangan dan lebih yakin memilih Jurusan Seni Musik. Jadi, persiapkan mulai sekarang, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *