5 Tips Sukses Belajar UAS

Belajar UAS menjadi salah satu penentu hasil pendidikan selama satu semester. Meskipun hanya dilakukan dalam beberapa hari saja, namun hasil yang didapatkan tersebut akan memberi gambaran intelektual selama enam bulan. Ini artinya, kamu harus benar-benar mempersiapkan diri menghadapi UAS dengan belajar secara maksimal. Nah, berikut ini beberapa tips agar sukses belajar menjelang UAS yang bisa diterapkan jika ingin mendapatkan nilai tinggi.

1. Jangan Malu untuk Bertanya

jangan malu bertanya
jangan malu bertanya
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Seperti kata pepatah, malu bertanya sesat di jalan. Dalam menuntut ilmu, jangan malu atau bahkan gengsi untuk bertanya tentang hal yang tidak dimengerti kepada orang yang lebih tahu. Namun, langkah ini tidak berlaku pada saat kamu sedang menjalani UAS, kemudian bertanya kepada teman sebelah untuk mendapatkan jawaban yang benar. Bertanya di sini harus dilakukan sebelum ujian UAS berlangsung. Itu pun dilakukan kepada guru atau dosen tentang materi apa saja yang biasanya keluar dalam UAS. Sebab, hanya mereka yang mengetahui kisi-kisinya. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan materinya dengan lebih fokus.

baca juga: 7 Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan yang Patut Dicoba

2. Latihan Terus-menerus

latihan
latihan
Sumber: kikinews.com

Kunci agar materi dapat masuk dengan sempurna ke dalam otak adalah dengan berlatih secara terus-menerus. Jangan puas dengan bisa menjawab satu pertanyaan. Carilah terus pertanyaan-pertanyaan yang akan menguji pemahaman terhadap suatu materi. Jika perlu, carilah soal-soal terdahulu dari kakak angkatan maupun guru atau dosen. Perlu diketahui, guru atau dosen biasanya tidak akan memberikan pertanyaan yang jauh menyimpang dari soal-soal terdahulu. Bahkan, bisa jadi soal yang diberikan dari tahun ke tahun sama, hanya diganti beberapa poin sentralnya saja, misalnya angkanya pada mata pelajaran eksak. Dengan mengetahui cara mengerjakan dari soal-soal terdahulu, meskipun ada beberapa bagian yang diubah, kamu tetap bisa mengerjakannya dengan mudah.

baca juga: Kelebihan Dan Kekurangan Jurusan Manajemen

3. Membuat Catatan atau Ringkasan

membuat catatan
membuat catatan
Sumber: kanglondo.files.wordpress.com

Untuk lebih mengingatkan kamu pada seluruh materi yang dipelajari, sangat disarankan untuk menuliskan ringkasannya. Catat beberapa poin penting dari setiap pelajaran pada selembar kertas. Bawa selalu kertas tersebut ke mana pun kamu berada, sehingga bisa setiap saat membaca dan menghafalnya. Langkah ini bisa diterapkan pada semua mata pelajaran yang diujikan

4. Jangan Menghafal, Tapi Pahami

pahami pelajaran
pahami pelajaran
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Menghafal akan lebih mudah terlupakan daripada memahami. Oleh karena itu, hindari menggunakan sistem menghafal. Akan lebih baik jika kamu memahami materi tersebut dengan baik. Dengan begitu akan lebih mudah mengungkapkannya kembali dengan menggunakan bahasa kamu sendiri saat materi tersebut keluar dalam ujian. Untuk beberapa mata pelajaran menghafal, kamu bisa menggunakan teknik “jembatan ingatan”. Dengan merangkai kata yang mudah diingat, hafalan tersebut akan lebih cepat masuk ke dalam otak.

5. Hindari Belajar dengan Metode SKS (Sistem Kejar Semalam)

hindari belajar sistem kebut semalam
hindari belajar sistem kebut semalam
Sumber: 3.bp.blogspot.com

Pada saat ujian, kamu membutuhkan otak yang fresh. Oleh karena itu, malam menjelang UAS, diwajibkan bagi untuk istirahat yang cukup agar otak lebih segar. Ini artinya, kamu dilarang keras untuk belajar semalam suntuk, bahkan hingga dini hari. Pelajari semua materi di hari-hari sebelumnya, sehingga ada waktu cukup bagi otak untuk merefreshkan diri. Ingat, memforsir otak di malam hari hanya akan membuatnya menjadi lemah di keesokan harinya. Semua materi yang dihafalkan di malam hari bisa jadi hilang begitu saja dari ingatan begitu ujian dimulai. Ini artinya, sia-sia sudah melakukan belajar UAS semalaman.

Selamat menghadapi UAS dan semoga hasilnya memuaskan!

Leave a Comment