7 Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan yang Patut Dicoba

Cara belajar efektif bisa menjadi salah satu cara yang  dilakukan untuk  mendapatkan ilmu dengan cara lebih mudah. Meskipun banyak orang yang getol menuntut ilmu, namun tidak semuanya berhasil dengan sukses. Hanya mereka yang menerapkan cara belajar efektif dan efisien saja yang mampu mencapai kesuksesan seperti yang diinginkannya. Nah, jika  ingin mencapai kesuksesan dalam belajar, berikut ini beberapa cara belajar yang bisa dilakukan.

1. Mencari Tempat yang Nyaman

tempat belajar
tempat belajar
Sumber: myalarmcenter.com

Mungkin, tidak banyak orang yang tahu bahwa tempat sangat mempengaruhi kinerja otak. Semakin nyaman tempat yang dipilih untuk belajar, semakin ringan otak dalam bekerja. Oleh karena itu, agar semua ilmu yang digali dapat terekam secara maksimal di otak, carilah tempat nyaman untuk belajar. Tidak hanya otak, hati pun akan senang saat belajar di tempat yang nyaman. Dalam hal ini, nyaman bukan berarti harus memilih tempat yang eksklusif dan berkelas. Namun, lebih pada tempat yang rapi dan bersih.

baca juga: 5 Cara Membuat Ringkasan Kuliah yang Mudah

2. Mengkonsumsi Air Putih

minum
minum untuk konsentrasi
Sumber: shopify.com

Belajar tidak hanya akan menguras otak namun juga tenaga. Tenaga yang lemas akan sangat mempengaruhi asupan oksigen ke dalam otak. Ini artinya, otak tidak akan berfungsi maksimal dalam menangkap ilmu yang masuk. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merefreshkan kembali otak dan kebugaran tubuh adalah dengan mengonsumsi air putih. Namun begitu, bukan berarti harus mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak. Hal ini juga tidak akan baik untuk konsentrasi otak. Konsumsilah air putih secara proporsional.

3. Menentukan Waktu Belajar yang Tepat

waktu belajar
Waktu belajar
Sumber: staticflickr.com

Waktu belajar yang tepat sebenarnya sangat tergantung dari aktivitas dari individu itu sendiri. Namun, beberapa sumber mengatakan bahwa bangun tidur merupakan waktu paling efektif untuk menimba ilmu. Waktu bangun tidur ini bisa di pagi hari maupun sore hari setelah tidur siang. Saat bangun tidur, otak terasa tenang dan badan terasa bugar. Dengan begitu, semua ilmu yang dipelajari bisa masuk secara maksimal ke dalam otak.

baca juga: 5 Tips Sukses Belajas UAS

4. Menentukan Metode Pembelajaran yang Sesuai

metode belajar
metode belajar
Sumber: sijai.com

Setiap orang mempunyai metode pembelajaran yang berbeda. Metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kepribadian akan menentukan kualitas ilmu yang diterimanya. Tidak hanya satu metode pembelajaran, kamu juga harus menyiapkan metode pembelajaran lainnya. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa bosan karena metode yang digunakan monoton.

5. Menjalani Pembelajaran dengan Disiplin

disiplin
disiplin
Sumber: micpublishing.co.id

Baik belajar secara online maupun offline, yang terpenting adalah menjalaninya secara disiplin. Tanpa hal ini, hasil yang diperoleh juga tidak akan maksimal. Belajarlah dengan waktu dan lama yang teratur. Jangan tergoda untuk mengikuti kegiatan lain pada saat jadwal belajar.

6. Menuliskan Materi yang Sudah Dipelajari

menuliskan materi
menuliskan materi
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Menulis merupakan langkah selanjutnya setelah membaca atau mendengar untuk menguatkan ilmu agar lebih lama tertanam di dalam otak. Oleh karena itu, setelah memperoleh suatu pelajaran, jangan lupa menuliskannya secara ringkas inti dari pembelajaran tersebut. Untuk lebih menguatkan lagi, kamu bisa mendiskuskan materi yang ada, sekaligus mempraktikkan jika materi tersebut bisa dipraktikkan secara langsung.

7. Jangan Banyak Belajar Menjelang Ujian

belajar menjelang ujian
belajar menjelang ujian
Sumber: krimma.co

Saat ujian, kamu membutuhkan otak yang fresh dan tenang. Oleh karena itu, jangan jejali otak dengan berbagai pelajaran yang menguras tenaga. Sebab, justru itu akan membuat otak terasa lelah pada saat kamu menjalani ujian. Dan, akibatnya sangat fatal, ujian menjadi gagal total. Oleh karena itu, belajarlah jauh-jauh hari sebelum ujian, dan kurangi waktunya menjelang ujian. Itulah cara belajar efektif.

Leave a Comment